Selasa, 24 November 2015

Rpp Menjaga Keutuhan Negara dalam Naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA Negeri 3 Banda Aceh
Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            : X MIPA/ Ganjil
Materi                          :Menjaga Keutuhan Negara dalam Naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Alokasi Waktu            : 8 x 45  menit (4 X Pertemuan )

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perabadan terkait penyebab penomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar
1.2    Menghayati isi dan makna Pasal 28 E dan Pasal 29 ayat ( 2 ) UUD   1945.
2.3  Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal UUD NKRI    1945 dalam berbagai aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, pertahanan dan kemanan serta hukum
3.3  Memahami bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan UUD NKRI 1945.
3.4    Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1. Menunjukan perilaku bersyukur dengan adanya kebebasan menjalankan    agama sesuai dengan agama masing-masing
2.3.1    Menunjukkan perilaku disiplin dalam kegiatan pembelajaran
3.4.1        Menjelaskan konsep negara kesatuan Republik Indonesia
3.4.2        Mendeskripdikan Bentuk Pemerintahan Republik
3.4.3        Menganalisis Sistem Pemerintahan Demokrasi berdasarkan Pancasila
3.4.4        Mendeskripsikan Bentuk Kedaulatan Negara Republik Indonesia
4.4.1  Mengkomunikasikan hasil telaah bentuk dan kedaulatan Negara  sesuai UUD NKRI 1945.
4.9.1     Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender.
4.9.1.1  Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling
menghormati dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender dalam konteks keutuhan NKRI.

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
a.       Perbatasan negara manifestasi kedaulatan wilayah suatu negara

Perbatasan Negara Manifestasi Kedaulatan Wilayah Suatu Negara
Kedaulatan negara pada dasarnya merupakan pengakuan negara lain terhadap wilayah perbatasan suatu negara. Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai 3 perbatasan darat dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste, serta 11 perbatasan laut dengan negara India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Philipina, Palau, Federal State of Micronesia, Papua Nugini, Timor Leste dan Australia. Adapun, perbatasan udara mengikuti perbatasan darat dan perbatasan teritorial laut antarnegara. Hingga saat ini penetapan batas dengan negara tetangga masih belum semua dapat diselesaikan. Permasalahan penetapan perbatasan negara saat ini masih ada yang secara intensif sedang dirundingkan dan masih ada yang belum dirundingkan. Kondisi situasi demikian menjadi suatu bentuk ancaman, tantangan, hambatan yang dapat mengganggu kedaulatan hak berdaulat NKRI.
Permasalahan perbatasan yang muncul dari luar (eksternal) adalah adanya berbagai pelanggaran wilayah darat, wilayah laut dan wilayah udara kedaulatan NKRI, kegiatan illegal logging, illegal fishing, illegal trading, illegal traficking dan trans-national crime merupakan bentuk ancaman faktual disekitar perbatasan yang akan dapat berubah menjadi ancaman potensial apabila pemerintah kurang bijak dalam menangani permasalahan tersebut. Sedangkan permasalahan perbatasan yang muncul dari dalam (internal) adalah: tingkat kesejahteraan dan tingkat pendidikan SDM yang masih rendah, kurangnya sarana prasarana infrastruktur dan lain-lain sehingga dapat mengakibatkan kerawanan dan pengaruh dari negara tetangga.
Perbatasan negara merupakan manifestasi dari kedaulatan wilayah suatu negara, dan mempunyai peranan penting dalam penentuan batas wilayah kedaulatan, pemanfaatan sumber kekayaan alam, menjaga keamanan dan keutuhan wilayah. Idealnya wilayah perbatasan juga sekaligus berfungsi sebagai “frontier” atau sebagai wilayah yang dapat untuk memperluas pengaruh (sphere of influence) dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan terhadap negara-negara disekitarnya, sehingga pembangunan wilayah perbatasan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional yang meliputi semua aspek kehidupan. Oleh karena itu wilayah perbatasan bukan merupakan bidang masalah tunggal tetapi merupakan masalah multidemensi yang memerlukan dukungan politik nasional untuk mengatasinya
Sumber : Opini Kompasiana, tanggal| 12 Agustus 2013




b.      Makna bentuk negara negara kesatuan dengan tujuan negara kesatuan
Negara kesatuan adalah suatu negara yang merdeka dan berdaulat, yang berkuasa hanya satu pemerintah pusat yang mengatur seluruh daerah sebagai bagian dari negara.

Pertemuan 2
b.      Negara kesatuan Republik Indonesia
Gagasan untuk membentuk negara kesatuan, secara yuridis formal tertuang dalam:
-          Pasal 1 Ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
-          Pasca Amandemen keempat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, prinsip negara kesatuan sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 Ayat (1) diperkuat oleh Pasal 18 Ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan Pasal 18 B Ayat (2).
-          Rumusan kata-kata Negara Kesatuan Republik Indonesia tertulis dalam Pasal 25 A Undnag- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
-          Pasal 37 Ayat (5) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
c.       Memahami Bentuk Pemerintahan Republik
Bentuk pemerintahan adalah suatu istilah yang digunakan untuk merujuk pada rangkaian institusi politik yang digunakan untuk mengorganisasikan suatu Negara guna menegakkan kekuasaannya atas suatu komunitas politik.
Beberapa bentuk pemerintahan di dunia, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Aristokrasi                                     5. Monarki
2.      Oligarki                                         6. Emirat
3.      Demokrasi                                     7. Plutokrasi
4.      Otokrasi

d.      Bentuk Pemerintahan Republik Indonesia
UUD 1945 menetapkan bahwa bentuk pemerintahan Indonesia adalah republic bukan monarki atau kerajaan. Dasar penetapan ini tertuang dalam pasal 1 ayat (1) UUD 1945 yang menyatakan “ Negara Indonesia ialah Negara kesatuan yang berbentuk republic”. Berdasarkan pasal tersebut dapat diketahui bahwa “kesatuan” adalah bentuk Negara, sedangkan “republic” adalah bentuk pemerintahan.

Pertemuan 3
a.       Memahami sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila
Indonesia sejak awal berdiri sudah menjadikan demokrasi sebagai pilihan sistem politiknya. Cita-cita politik sudah menjdai cita-cita para pendiri negara (Frans Magnis Suseno, 1997). Namun sejak awal pula, perkembangan demikrasi di indonesia mengalami masa pasang surut demokrasi, sesuai dengan konteks zamannya. Landasan negara indonesia sebagai negara demokrasi terdapat dalam:

1.      Alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.      Pasal 1 Ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

b.       Sistem pemerintahan Presidensial
System pemerintahan presidensil merupakan system pemerintahan yang di mana kekuasaan eksekutif dipilih melalui pemilu dan terpisah dengan kekuasaan legislative.
Cirri-ciri system pemerintahan presidensil:
  1. Penyelenggara negara berada di tangan presiden. Presiden adalah kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan. Presiden tidak dipilih oleh parlemen, tetapi dipilih langsung oleh rakyat atau suatu dewan/majelis.
  2. Kabinet (dewan menteri) dibentuk oleh presiden. Kabinet bertanggung jawab kepada presiden dan tidak bertanggung jawab kepada parlemen/ legislatif.
  3. Presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen karena ia tidak dipilih oleh parlemen.
  4. Presiden tidak dapat membubarkan parlemen seperti dalam sistem parlementer.
  5. Parlemen memiliki kekuasaan legislatif dan menjabat sebagai lembaga perwakilan. Anggotanya pun dipilih oleh rakyat.
  6. Presiden tidak berada di bawah pengawasan langsung parlemen.

c.       Pokok-pokok Sistem Pemerintahan RI menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Pokok-pokok Sistem Pemerintahan Indonesia sebagaimana termuat dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah sebagai berikut.
  1. Bentuk negara kesatuan dengan prinsip otonomi yang luas. Wilayah negara Indonesia terbagi dalam beberapa provinsi.
  2. Bentuk pemerintahan adalah republik dan sistem pemerintahan adalah presidensial.
  3. Presiden adalah kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan.
  4. Menteri-menteri diangkat oleh presiden dan bertanggung jawab pada presiden.
  5. Parlemen terdiri atas 2 bagian (bikameral), yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Para anggota DPR dan DPD merupakan anggota MPR. DPR terdiri atas para wakil rakyat yang dipilih melalui pemilu dengan sistem proporsional terbuka. Anggota DPD adalah para wakil dari masing-masing provinsi yang berjumlah 4 orang dari tiap provinsi. Anggota DPD dipilih oleh rakyat melalui pemilu dengan sistem distrik perwakilan. Selain lembaga DPR dan DPD, terdapat DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota yang anggotanya juga dipilih melaui pemilu. DPR memiliki kekuasaan legislatif dan kekuasaan mengawasi


Pertemuan 4
a.       Memahami sifat hakikat dan kedaulatan negara.
Menurut Prof. Miriam Budiarjo seorang pakar ilmu politik dalam bukunya Dasar-Dasar Ilmu Politik menyatakan bahwa sifat dan hakikat negara mencakup hal-hal yaitu Sifat Memaksa, Sifat Monopolidan Sifat Mencakup Semua (all-embracing).
b.      Memahami demokrasi sebagai bentuk kedaulatan rakyat.
Menurut Hans Kelsen, pada dasarnya demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Jadi, dalam perkembangan demokrasi dewasa ini dapat kita peroleh gambaran sebagai berikut.
a.       Kekuasaan negara demokrasi dilakukan oleh wakil-wakil yang terpilih, rakyat yakin bahwa segala kehendak dan kepentingannnya akan diperhatikan oleh wakil rakyat dalam melaksanakan kekuasaan negara.
b.      Cara melaksanakan kekuasaan negara demokrasi ialah senantiasa mengingat kehendak dan keinginan rakyat.
c.       Menyelesaikan setiap konflik secara damai melalui dialog yang terbuka melalui cara kompromi, konsensus, kerja sama dan dukungan, baik memanfaatkan lembaga maupun sarana komunikasi sosial.

c.       Pemilu sebagai perwujudan demokrasi Pancasila
Pemilihan umum di Indonesia dilaksanakan secara langsung di mana rakyat secara langsung memilih wakil-wakilnya yang akan duduk dibadan-badan perwakilan rakyat. Menurut Pasal 22E Ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pemilu dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, dan rahasia (luber) serta jujur dan adil (jurdil). Pengertian langsung, umum, bebas, rahasia, azas jujur, asas adil.






E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.        Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (absensi, menyiapkan media serta buku yang diperlukan).
2.        Guru memberikan penguatan tentang aspek motivasi belajar dan sikap spritual dan sosial siswa.
3.        Guru menyampaikan tujuan materi “Negara Kesatuan Republik Indonesia”. dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
5 menit
Inti
1.        Sebelum peserta didik memahami negara kesatuan Republik Indonesia, guru dapat menunjukkan ilustrasi/paparan/wacana tentang negara kesatuan Republik Indonesia. Guru dapat memulai pelajaran dengan mengemukakan tentang hakikat negara kesatuan Republik Indonesia
2.        Peserta didik dibagi dalam 4 kelompok yang kemudian akan saling menukar tugas yang akan dipaparkan pada langkah selanjutnya.
Mengamati
·       Membaca dari berbagai sumber tentang NKRI
·       Mengamati video/film/gambar tentang pemerintahan NKRI

Menanya
·       Mengajukan pertanyaan  tentang NKRI pada teman di kelasnya
·       Mengidentifikasi pertanyaan dengan menggunakan High Order Thinking Skill (HOTS) tentang NKRI

Mengumpulkan informasi
·      Menentukan jenis data tentang  NKRI
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber NKRI

Menalar/mengasosiasi
·      Mencari hubungan antara NKRI dengan sistim pemerintahannya
·      Mengelompokkan bentuk Negara Republik Indonesia mulai Indonesia merdeka

Mengomunikasikan
·       Mempresentasikan hasil diskusi tentang NKRI
·       Meyajikan makalah tentang NKRI dan ditempel di dinding kelas
75 menit







Penutup
1.        Guru menyimpulkan materi tentang memaknai  negara kesatuan Republik Indonesia
2.        Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancer
10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dan menyenangkan untuk proses belajar-mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas,presensi (kehadiran, agenda kegiatan) media, alat dan buku yang diperlukan.
2)      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam  kehidupan sehari-hari.
3)      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.47
5 menit
Inti
Mengamati
·       Membaca dari berbagai literatur tentang bentuk  pemerintahan Negara Republik Indonesia
·       Mengamati dari video/film/gambar tentang bentuk pemerintahan Negara Republik Indonesia
·       Menyimak dari berbagai informasi tentang bentuk  pemerintahan Negara Republik Indonesia

Menanya
·       Mengajukan pertanyaan  tentang bentuk Pemerintahan Negara Republik Indonesia
·       Mengidentifikasi pertanyaan dengan menggunakan HOTS tentang bentuk Pemerintahan Negara Republik Indonesia

Mengumpulkan informasi
·       Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk internet dan media cetak serta elektronik tentang bentuk pemerintahan Negara Republik Indonesia
·       Menentukan sumber data tentang bentuk pemerintahan Negara Republik Indonesia 

Menalar/mengasosiasi
·      Menentukan hubungan antara bentuk  pemerintahan  yang ada di Indonesia dengan bentuk pemerintah Negara lain
·      Menyimpulkan bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945

Mengomunikasikan
·       Mempresentasikan tayangan dalam bentuk power point tentang bentuk pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
·       Menyajikan poster/leaflet/booklet tentang bentuk  pemerintahan Indonesia dan ditempelkan di dinding kelas
75 menit
Penutup
1.        Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi
2.        Sebagai umpan balik siswa diminta untuk melengkapi tabel 3.2. Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.        Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar
10 menit


Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dan menyenangkan untuk proses belajar-mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas,presensi (kehadiran, agenda kegiatan) media, alat dan buku yang diperlukan.
  2. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam  kehidupan sehari-hari.
  3. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.47
  4. Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
5 menit
Inti
Mengamati
·      Membaca dari berbagai sumber tentang sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila
·      Mengamati video/film/gambar tentang sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila

Menanya
·      Mengajukan pertanyaan  tentang sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila pada teman sekelasnya
·      Mengidentifikasi pertanyaan tentang sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila

Mengumpulkan informasi
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila
·      Menentukan sumber data tentang sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila

Menalar/mengasosiasi
·       Mengelompokkan system pemerintahan dibeberapa Negara 
·      Menganalisis data tentang sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila

Mengomunikasikan
·     Menyajikan hasil telaah tentang  sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila
1.      Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang sistem pemerintahan demokrasi
75 menit
Penutup
1.      Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi
2.      Sebagai umpan balik siswa diminta untuk melengkapi
5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar
10 menit

Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dan menyenangkan untuk proses belajar-mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas,presensi (kehadiran, agenda kegiatan) media, alat dan buku yang diperlukan.
2.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam  kehidupan sehari-hari.
3.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.47
4.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
5 menit
Inti
Mengamati
·     Membaca dari berbagai media massa dan elektronik tentang kedaulatan NKRI
·     Menyimak penjelasan guru  tentang  kedaulatan NKRI
·     Mendengar/melihat dari Radio/TV tentang kedaulatan NKRI

Menanya
·      Mengidentifikasi pertanyaan tentang kedaulatan NKRI
·      Mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk kedaulatan di beberapa negara

Mengumpulkan informasi
·      Mencari informasi tentang  kedaulatan NKRI
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kedaulatan NKRI

Menalar/Mengasosiasi
·      Menganalisi pentingnya kedaulatan bagi suatu Negara
·      Menyimpulkan hasil diskusi  tentang kedaulatan NKRI
·      Membandingkan bentuk kedaulatan NKRI dengan negara lain

Mengomunikasikan
·       Melakukan sosiodarama tentang kedaulatan NKRI di depan kelas
1.      Menyampaikan hasil temuannya  tentang kedaulatan NKRI
75 menit
Penutup
1.      Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi
2.      Sebagai umpan balik siswa diminta untuk mengerjakan tugas.
5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar
10 menit



F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik penilaian
·         Post test
·         Ulangan Harian      
2. Instrument Penilaian
a. Pertemuan pertama
     1) Penilaian Sikap
Aspek yang diamati adalah iman taqwa, rasa syukur, jujur, displin dan tanggungjawab.

Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, Tanggal : ……………………….
Pertemuan Ke- : ……………………….
Materi Pokok : ……………………….

No

Nama peserta didik
Aspek penilaian
Iman-taqwa
Rasa syukur
Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab
1






2






3






4






5






Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor Perolehan
Nilai = --------------------- x 4
20
2)  Penilaian Pengetahuan
a) Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk post test dan ulangan harian.
1.      Apa makna nilai dari sebuah kedaulatan negara ?
2.      Apa hakikat negara indonesia di bentuk ?
3.      Nilai apa saja yang terkandung dalam sila ketiga tentang persatuan indonesia !

 • Penskoran
Masing-masing soal  jika jawabannya tepat memiliki skor 50. Dikalikan 2 = 100. Jadi skor total adalah 100.
Skor perolehan
Nilai = ------------------- x 2
     100

3) Penilaian Keterampilan

No
Nama Peserta didik
Kemampuan bertanya
argumentasi
Masukan/saran
1




2




3




4





Keterangan : di isi dengan tanda cek ( √ )
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Skor Perolehan
Nilai = -------------------- x 4
12
Pedoman Penskoran (rubrik)

Aspek Penskoran

1. Kemampuan bertanya Skor 4, apabila selalu bertanya
        Skor 3, apabila sering bertanya
        Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
        Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.
2. Kemampuan menjawab/ Argumentasi Skor 4, apabila materi/jawaban benar,
     rasional,dan jelas.
a.      Pertemuan kedua
  1) Penilaian Sikap
Aspek yang diamati adalah iman taqwa, rasa syukur, jujur, displin dan tanggungjawab.

Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, Tanggal : ……………………….
Pertemuan Ke- : ……………………….
Materi Pokok : ……………………….

No

Nama peserta didik
Aspek penilaian
Sopan santun
Menghargai
Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab
1






2






3






4






5








Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor Perolehan
Nilai = --------------------- x 4
20

       2)  Penilaian Pengetahuan
a) Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan yaitu tugas mandiri.
1.      Apa saja hal yang dapat di lakukan siswa sebagai wujud menjaga persatuan dan keutuhan negara?
2.      Paparkan contoh kasus yang pernah ada terkait dengan konfil yang berkenaan dengan keutuhan negara indonesia !
3.      Apa saja peran dan tugas warga negara di dalam menjaga dan keutuhan negara di dalam naungan NKRI ?







• Penskoran
Masing-masing soal  jika jawabannya tepat memiliki skor 30. Dikalikan 3 = 90. Jadi skor total adalah 90.
Skor perolehan
Nilai = ------------------- x 4
                  90
3) Penilaian Keterampilan
No
Nama Peserta didik
Kemampuan bertanya
argumentasi
Masukan/saran
1




2




3




4





Keterangan : di isi dengan tanda cek ( √ )
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Skor Perolehan
Nilai = -------------------- x 4
12
Pedoman Penskoran (rubrik)
Aspek Penskoran
2.      Kemampuan bertanya Skor 4, apabila selalu bertanya, Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya  dan Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.
3.      Kemampuan menjawab/ Argumentasi Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional,dan
jelas. 
b.      Pertemuan ketiga
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung.
Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam Observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek yang diamati adalah toleransi, kerjasama, jujur, displin dan peduli. Format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh format dibawah ini.
Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, Tanggal : ……………………….
Pertemuan Ke- : ……………………….
Materi Pokok : ……………………….

No

Nama peserta didik
Aspek penilaian
Toleransi
kerjasama
Jujur
Disiplin
Peduli
1






2






3






4






5






Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.59
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor perolehan
Nilai = --------------------- x 4
20
2) Penilaian pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, peserta didik diminta untuk
           mengerjakan Pengamatan
1.      Bagimana proses penyelesaian kasus pelanggaran hak-hak batas antar negara di dunia internasional ?

2.      Apakah sanksi yang akan diterima jika suatu negara tidak mengindahkan hak-hak kebebasan atas suatu negara ?
Masing-masing item jika lengkap  diberi skor 20 sehingga perolehan skor maksimal adalah 40
Skor perolehan
Nilai = --------------------- x 4
40


3) Penilaian Keterampilan
Penilaian tentang  kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/ saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang kasus pelanggaran hak asasi manusia di dunia inetrnasional. Formatnya sebagai berikut:

No
Nama Peserta didik
Kemampuan bertanya
argumentasi
Masukan/saran
1




2




3




4





Keterangan : di isi dengan tanda cek ( √ )
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Skor Perolehan
Nilai = -------------------- x 4
12
Pedoman Penskoran (rubrik)
Aspek Penskoran
1. Kemampuan bertanya Skor 4, apabila selalu Bertanya
        Skor 3, apabila sering bertanya
        Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
        Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.
 2.Kemampuan menjawab/ Argumentasi Skor 4, apabila materi/jawaban benar,
     rasional,dan jelas
G.    1. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
      Gambar dan Koran/ dauble tipe, spidol

       2. Bahan
      Perangkat pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

3. Sumber Belajar
      Buku paket PPKn kelas XII






Mengetahui                                                                 Banda Aceh,  Juli   2015
Guru Mata Pelajaran  PPKn                                        Guru Praktikan





Dra. Erna Yulis, M.Pd                                              Ihsan Nova
NIP: 196507011994032002                                   NIM: 1206101010039






LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1
FORMAT PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP SPRITUAL DAN SOSIAL PESERTA DIDIK

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat dan setelah pelaksanaan  pembelajaran. Pada kolom sikap spiritual dan sosial, tuliskan skor angka 1-4. Kemudian, tuliskan jumlah dan rata-rata skor pada kolom yang tersedia. Konversikan rata-rata skor tersebut tersebut ke dalam nilai kualitatif berikut ini


Nilai Ketuntasan Sikap
SB (Sangat Baik)
B (Baik)
C (Cukup)
K (Kurang)



Nama Sekolah                  : ………………………………………………..
Kelas                                 : ………………………………………………..
Kompetensi Dasar            : ………………………………………………..
Materi Pokok                       : ………………………………….......……….. 
Periode Penilaian              : ………………….s.d ……………….....






No
Nama Siswa
Sikap Spiritual dan Sosial
Total Skor
Rata-Rata
Nilai Kualitatif
Deskripsi
1. Jujur
2. Disiplin
3. Tangg. jawab
4. Toleran
5. Gtng Royong
6. Kerjasama
7. Santun
8. Damai
9. Responsif
10.Proaktif
Taatmenjalankan agama
1.
















2.
















3.
















4.
















5.
















6.
















dst


















RUBRIK PENSKORAN
1. Aspek         : Jujur
No.
Indikator Kejujuran
Penilaian Kejujuran
1.
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
2.
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
3.
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
Skor 3 jika 5 indikator muncul
4.
Melaporkan barang yang ditemukan
Skor 4 jika 6 indikator muncul
5.
Melaporkan data atau informasi apa adanya

6.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki


2. Aspek         : Disiplin
No.
Indikator Disiplin
Penilaian Disiplin
1.
sama sekali tidak bersikap disiplin selama proses pembelajaran.
Kurang (1)
2.
menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Cukup  (2)
3.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Baik (3)
4.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Sangat baik (4)

3. Aspek         : Tanggungjawab
No.
Indikator Tanggungjawab
Penilaian Tanggungjawab
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

4. Aspek         : Toleran
No.
Indikator Toleran
Penilaian Toleran
1.
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
Skor 2 jika 2 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
Skor 3 jika 3 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

5. Aspek         : Gotong Royong
No.
Indikator Gotong Royong
Penilaian Gotong Royong
1.
Saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Bersama-sama dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengajak teman untuk membantu teman lain yang mengalami kesulitan
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Membagi pekerjaan/tugas berdasarkan job description yang telah disepakati
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

6. Aspek         : Kerjasama
No.
Indikator Kerjasama
Penilaian Kerjasama
1.
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Rela berkorban untuk teman lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

7. Aspek         : Santun
No.
Indikator Santun
Penilaian Santun
1.
Baik budi bahasanya (sopan ucapannya)
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Menggunakan ungkapan yang tepat
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengekspresikan wajah yang cerah
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Berperilaku sopan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

8. Aspek         : Damai
No.
Indikator Damai
Penilaian Damai
1.
Menghargai teman dalam setiap menjalankan aktivita
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Kebersamaan menjadi bahagian dalam pergaulan
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Mengindari konflik atau petentangan dalam perggaulan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

9. Aspek         : Responsif
No.
Indikator Responsif
Penilaian Responsif
1.
Acuh (tidak merespon)
1 (Kurang)
2.
Ragu-ragu/bimbang dalam merespon
2 (Cukup)
3.
Lamban memberikan respon/tanggapan
3 (Baik)
4.
Cepat merespon/menanggapi
4 (Sangat Baik)

10. Aspek       : Proaktif
No.
Indikator Proaktif
Penilaian Proaktif
1
berinisiatif dalam bertindak
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
mampu menggunakan kesempatan
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan)
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
bertindak dengan penuh tanggung jawab
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator









11. Aspek       : Taat Menjalankan Agama
No.
Indikator Ketaatan Menjalankan Agama
Penilaian Ketaatan Menjalankan Agama
1
Disiplin (selalu tepat waktu) dalam menjalankan agamanya
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
Teratur dalam menjalankan agamanya
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
Bersungguh-sungguh menjalankan ajaran agama
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
Berakhlak/berperilaku santun dan menghargai orang lain
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator



















Lampiran 2.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
“PENILAIAN DIRI”

Nama Siswa                : ....................................................................
Kelas/Semester            : X ….. / I
Materi/Bab                  : ....................................................................
Indikator :
1.        Memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan menjelang ulangan harian
2.        Penguasaan Materi yang akan diujikan
3.        bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4.        menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5.        menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6.        Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6, tulis masing-masing huruf (A/B/C/D) sesuai dengan pendapatmu !, jika :

·         A = Selalu

·         B = Sering

·         C = Jarang

·         D = Tidak pernah
1
Saya memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan kesiapan menjelang Ulangan Harian
2
Saya menguasai materi /Bab/Sub Bab yang akan diujikan dalam ulangan harian nanti
3
Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4
Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6
Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Pedoman Penskoran:
Skor 4, jika A = Selalu            Skor 2, jika C = Jarang
Skor 3, jika B = Sering            Skor 1, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan  =


Lampiran 3
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK (TEMAN)

Satuan Pendidikan       : .................................
Kelas                              : .................................
Materi                            : .................................
Teman yang Dinilai      : .................................
Penilai                            : .................................
Indikator:                        
1.      Siswa tidak meniru (menyontek) hasil kerja teman ketika mengerjakan tugas
2.      Siswa tangguh dalam menyelesaikan masalah
3.      Siswa menunjukkan sikap kritis dalam diskusi kelompok
4.      Siswa menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
Instrumen Penilaian

Text Box: Petunjuk:
Berilah tanda chek (√) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi teman kamu.

Tidak Pernah
Jarang	
	Sering		
	Selalu	3		
No.	Aspek Penilaian	4		2	1
1.	Siswa  tidak bertanya kepada teman ketika mengerjakan tugas individu				
2.	Siswa  tidak meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat ulangan				
3.	Siswa tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok				
4.	Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru				
5.	Siswa bertanya kepada teman ketika proses pembelajaran berlangsung				
6.	Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu				
Jumlah				
Total Skor	
Keterangan:
•	Tidak Pernah (intensitas sikap yang diamati tidak muncul)
•	Jarang (intensitasnya sikap yang diamati sebagian kecil muncul)	
•	Sering (intensitasnya sikap yang diamati sebagian besar muncul)	
•	Selalu (intensitasnya  sikap yang diamati selalu muncul)

     Nilai = 
 




















Lampiran 4
FORMAT LEMBAR OBSERVASI 
KEGIATAN DISKUSI

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat Diskusi Kelompoki. Lembar ini mencatat keefektifan peserta diskusi dalam 3 (tiga) kode nilai akhir, yaitu: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian
Sikap
Pendapat
Bahasa
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai





























Keterangan:
1.      Sikap            : kesopanan,    kerjasama,       semangat,        toleransi meluruskan penyimpangan, dan menunjukkan sikap terpuji.
2.      Pendapat      : rasional, teliti, jelas, relevan, sistematis dan keaktifan pendapat
3.      Bahasa          : jelas, teliti, tepat, menarik dan wajar



Nilai Ketuntasan Sikap
SB (Sangat Baik)
B (Baik)
C (Cukup)
K (Kurang)



Lampiran 5

LEMBAR KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran      : ...............................................
Materi                    : ...............................................
Kelompok             : ...............................................

No
Nama Siswa
Kinerja Presentasi
Jmlh Skor
Nilai
Kreatifi
Tas
Kebenaran substansi
Penyajian materi
Visual/
grafis
1







2







3







4







...








Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang

Keterangan:

NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreativitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
§ Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
§ Tidak ada bagian yang salah/keliru
§ Tidak ada kesalahan penempatan gambar, suara dan teks
3
Penyajian Materi
§ Runut sesuai dengan struktur keilmuan
§ Mengikuti alur logika yang jelas  ( sistimatis ) Bervariasi
4
Grafis
§ Tampilan layar ( warna, tataletak (layout))
§ Ilustrasi

Lampiran 6
FORMAT PENILAIAN PRAKTIK KEWARGANEGRAAN
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru atau teman selama proses penyusunan laporan oleh kelompok. Lembaran ini mencatat perilaku siswa secara perorangan. Pada akhir penilaian siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.

Kelas         :............................
Kelompo:............................
Topik        :............................

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian

Partisipasi
Sikap
Kerjasama
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai
1






2






3






4






5






dst







Keterangan:
1.   Partisipasi: persiapan, keaktifan kerja dan tanggung jawab melaksanakan tugas
2.   Sikap: menghargai pendapat orang lain, toleransi, dan antusiasme dalam mengerjakan tugas bersama anggota tim lainnya
3.   Kerjasama: koordinasi dengan teman, kesediaan untuk menolong orang lain dan tidak hanya terpaku pada tugas yang menjadi tanggung jawabnya

Lampiran 7
LEMBAR PENILAIAN LAPORAN PRAKTIK KEWARGANEGARAAN
           
Petunjuk:
Lembaran  ini  diisi  oleh  guru  untuk  menilai  dokumen  laporan  hasil  Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus Jumlah Nilai dibagi 11. Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.
Nama                    : ...........................
Kelompok             : ............................
Topik                     : ............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
A
Menjelaskan Masalah



1. Kelengkapan



2. Kejelasan



3. Sumber



4. Data Pendukung



5. Grafis/Ilustrasi/Tabel



6. Dokumentasi


B
Keaslian/bukan Flagiat


C
Sistematis dalam Laporan


D
Penulisan Bahasa


E
Tandan Tangan Orang Tua


Jumlah


Nilai



Lampiran 8
LEMBAR PENGAMATAN PRESENTASI HASIL
PRAKTIK KEWARGANEGARAAN

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai perilaku siswa dalam presentasi laporan Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus = (Jumlah Nilai X 4)/10 . Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.

Kelas                     :............................
Kelompok             :............................
Topik                     :............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
1
Signifikansi (kebermaknaan informasi)


2
Pemahaman terhadap materi


3
Kemampuan melakukan argumentasi (alasan usulan, mempertahankan pendapat)


4
Responsif (memberikan respon yang sesuai dengan permasalahan/pertanyaan)


5
Kerjasama Kelompok (berpartisipasi, memiliki tanggung jawab bersama)


Jumlah Nilai


Nilai Akhir




Lampiran 9
FORMAT  PENILAIAN AKHIR
Petunjuk
Format ini merupakan rangkuman penilaian untuk semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh siswa. Jumlah Tugas/Diskusi yang dinilai tergantung pada penilaian yang dilakukan oleh guru. Jadi, pada akhir pembelajaran setiap Bab, siswa akan mendapatkan Nilai Akhir beserta rincian dan catatan guru. Kemudian siswa diminta menunjukkan format ini kepada orang tua untuk diberikan umpan balik dan paraf  pada kolom yang tersedia.
Lembar ini dapat disalin atau diadaptasi oleh guru. Kemudian sekolah sebaiknya menfasilitasi untuk penggandaannya sesuai kebutuhan.
Nama Siswa         : .........................................................................
Kelas                    : ............................
Materi/Bab           : .........................................................................


Tugas/Diskusi

Penilaian
Nilai Kualitatif
Skor Angka
1. Tugas Mandiri


2. Tugas Kelompok


3. Uji Kompetensi


4. Penilaian Afektif/(Spiritual
    dan Sosial)


5. Praktek Kewarganegaraan


Catatan perilaku Peserta didik dalam menyelesaikan tugas/diskusi dari awal sampai akhir



Total Skor:
Rata-rata/Nilai Akhir:
 








Lampiran 10.

v  Kriteria Ketuntasan
Ø  Ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar pada Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan yaitu 2,67 (B-)
Ø  Pencapaian minimal untuk Kompetensi Sikap adalah B


Nilai Ketuntasan
Pengetahuan dan Keterampilan
Rentang Angka

Huruf

3,85 – 4,00

A
3,51 – 3,84

A-
3,18 – 3,50

B+
2,85 – 3,17

B
2,51 – 2,84

B-
2,18 – 2,50

C+
1,85 – 2,17

C
1,51 – 1,84

C-
1,18 – 1,50

D+
1,00 – 1,17

D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar