RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
SatuanPendidikan :
SMAN 5 Banda Aceh
Kelas/Semester : XI (ganjil)
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Sub/Tema : Teknik dasar permainan Bulutangkis
Waktu : 3 JP
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan indikator
1.1.
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2. Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta
2.1.
Menunjukkan sikap
sportif dalam bermain.
2.2.
Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
sekitar serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3.
Menunjukkan sikap
disiplin selama mengikuti pembelajaran .
2.4.
Menunjukkan
kemauan bekerja sama dalam melakukan aktifitas fisik
2.5.
Menunjukkan
toleransi terhadap sesama teman selama mengikuti pembelajaran
2.6.
Disiplin dalam melakukan aktifitas fisik.
3.2. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan
permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik :
3.2.1. Menyebutkan jenis-jenis tekhnik dasar cara
memegang raket pada permainan bulu
tangkis
3.2.2. Menjelaskan
berbagai macam tekhnik dasar pukulan dan service yang dapat dilakukan dalam
permainan bulu tangkis
3.2.3. Menjelaskan berbagai kegunaan koordinasi dan
kombinasi tekhnik dasar pada permainan bulu tangkis
4.2. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan
salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik
4.2.1. Melakukan berbagai tekhnik dasar pegangan
raket dan pukulan serta service dalam permainan bulu tangkis
4.2.2. Melakukan variasi dan koordinasi tekhnik
service dan pukulan pada permainan bulu tangkis
4.2.3. Melakukan variasi dan koordinasi tekhnik
dasar service permainan bulu tangkis secara sederhana .
C. Materi Pembelajaran :
Badminton
(Foot work, pegangan forehand & backhand, pukulan forehand & backhand,
servis pendek & panjang)
Bulu
tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau
dua pasangan (untuk
ganda) yang saling
berlawanan.
a.
Persiapan
(sikap awal melakukan footwork)
ü Bersiap di
tengah-tengah lapangan
ü Berlari menuju
arah ke depan, samping kanan-kiri, dan kebelakang
![]() |
G.1 : footwork dalam badminton
b. pegangan forehand(pegangan jabat tangan) dan
backhand (pegangan bertumpu dengan ibujari)



G.2 : pegangan forehand
& backhand


G.3 : pukulan forehand & backhand
d. servis pendek & panjang
-
servis
pendek
ü Bersiap berdiri
di belakang garis serang
ü
Pegangan
yang biasa digunakan yakni backhand
ü
Jatuhnya
shuttlecock berada di dekat garis serang lawan
-
servis panjang
ü Bersiap di
tengah lapangan sesuai dengan tempatnya
ü
Pegangan
menggunakan forehand
ü Ayunkan raket
sekeras mungkin hingga shuttlecock jatuh di dekat garis belakang lawan
![]() |
|||
![]() |
|||
G. 4 : servis pendek & panjang
D.
MetodePembelajaran.
1.
Pendekatan : saintifik (scientific)
2.
Metode :
penugasan.
E.
Kegiatan Pembelajaran.
·
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris, berdoa, presensi,
danapersepsi
·
Memberikan motivasidan menjelaskan tujuan
pembelajaran
·
(alokasi waktu ini sudah
memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain)
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
· Mencari dan membaca informasi tentang
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan
· Peserta didik mengamati pertandingan bulutangkis secara langsung dan
atau di TV/video dan membuat catatan tentang
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah).
· .Peserta didik mengamati tentang
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan
membuat catatan hasil pengamatan
Menanya
· Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork,
posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah), misalnya :
bagaimana jalannya bola jika cara memegang raket dirobah, apakah ketepatan
pukulan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola dan raket, apakah
jenis pukulan mempengaruhi tingkat kesulitan pengembanlian bola, apakah
terdapat perbedaan dalam bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi
berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) apabila menggunakan
pendekatan yang berbeda.
· Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bulutangkis
terhadap kesehatan
· Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang
dipergunakan dalam permainan bulutangkis
· Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan
untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bulutangkis
Eksplorasi
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand
dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau
dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab, menghargai
perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke
arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi
yang baik dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand
dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan
forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan
dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan
backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand
dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau
dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke
arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand
dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan
forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan
dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan
backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Mendiskusikan setiap variasi
dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
· Mendiskusikan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang
sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan
bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
Mengasosiasi
·
Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk
kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi
permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service,
pukulan atas, dan pukulan bawah)
Mengkomunikasikan
·
Melakukan permainan bulutangkis dengan menggunakan peraturan sesungguhnya
dengan menerapkan farisai dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dan membuat kesimpulan hasil diskusi.dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku
menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan
saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
95 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah
memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·
Melakukan refleksi dengan tanya jawab
kepada peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil
pembelajaran
|
25 Menit
|
- Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Merefleksikan kembali pelajaran
pertemuan sebelumnya.
·
Membahas tugas pengamatan yang telah
dikerjakan dirumah
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Mengaitkan materi yang telah
dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik
dasar bulutangkis.
·
Membagi peserta didik kedalam
kelompok-kelompok.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Dua orang peserta didik dari
kelompok yang berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas membaca tentang
latihan variasi teknik dasar bulutangkis melalui media baca, video dan
internet.
Menanya
·
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari hasil pemaparan kelompok-kelompok yang memaparkan tugas tadi
·
Guru menilai keaktifan,
kerjasama, tanggung jawab dari peserta didik dari hasil memaparan.
Mencoba
·
Kelompom diminta untuk mencoba
mempraktikkan latihan variasi teknik dasar bulutangkis
·
Guru menilai kreatifitas dan
kerjasama latihan variasi teknik dasar bulutangkis dari masing-masing
kelompok.
Mengasosiasi
·
Setiap kelompok mencoba variasi
latihan kelompok lain.
·
Kelompok dibagi menjadi 3 dengan
jumlah yang sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan teknik dasar
melalui permainan bulutangkis dengan aturan yang sederhana.
·
Guru menilai kerjasama antar
kelompok, menilai keterampilan, mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok memaparkan
hasil latihan variasi teknik dasar bulutangkis
·
Guru menilai keterampilan menyaji
dan berkomunikasi.
|
95 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah
memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·
Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada
peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil
pembelajaran
|
25 Menit
|
F. SumberBelajar
-
Lapangan bulutangkis
-
Raket
-
Net
-
Shuttlecock
-
Buku referensi, Buku Pegangan GuruPendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X
Erlangga
-
Buku referensi, LKS TUNTAS
G. Penilaian
1. Teknnik Penilaian
a.
Penilaian
sikap
Aspek yang Diukur
|
Deskripsi Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1.
Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|||
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
|
||||
Memakai seragan olahraga lengkap
|
||||
Membawa perlengkapan bulutangkis
|
||||
2.
Kerja
sama
|
Bersama-sama menyiapkan peralatan
|
|||
Mau menjadi pasangan buat teman yang membutuhkan
|
||||
Merapihkan kembali peralatan
|
||||
3.
Tanggung jawab
|
Mau mengakui kesalahan yang
dilakukan
|
|||
Tidak mencari cari kesalahan teman
|
||||
Mengerjakan tugas yang diterima
|
Keterangan:
a.
BT : Belum Tampak
b.
MT : Mulai Tampak
c.
TN : Tampak Nyata
b.
Penilaian
pengetahuan
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Level
Pengetahuan
|
Jumlah Butir
|
No Soal
|
Pen-skoran
|
1.
|
Memahami
konsep keterampilan gerakan fundamental salah satu permainan bola kecil
|
a.
Menyebut jenis-jenis teknik dasar yang dapat
divariasikan dan dikombinasikan
|
C-1
|
1
|
1
|
Skor 3, jika
jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika
jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika
jenis disebut tidak lengkap
|
b.
Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4, jika
penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika
penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
|
||
c.
Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar permainan bulutangkis
|
C-3
|
1
|
3
|
Skor 4, jika
urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika
urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
|
SOAL UJI TULIS
1.
Ada
berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bulutangkis? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar
tersebut?
2.
Sebut
dan jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam
melakukan permainan bulutangkis?
3.
Jelaskan
cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis ?
c. Penilaian keterampilan
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola
kecil dengan koordinasi gerak yang baik
|
a.
Posisi dan sikap awal melakukan pukulan
|
1.
Sikap tubuh
tegak,tangan kanan berada d belakang dengan posisi akan melakukan pukulan
2.
Badan tegak
agak dengan posisi serong ke kanan
3.
Kedua lengan
relaxs dan posisi tangan kiri lurus ke depan ketika akan melakukan pkulan
4.
Pandangan mata
fokus melihat shuttle kok yang datang
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b.
Pelaksanaan gerakan
|
1.
Ketika datang
kok ayunkan/pukul shuttle kok ketika kok masih berada d atas kepala
2.
Badan
mengikuti ayunan dari tangan untuk membantu gerakan tangan agar lebih relaxs
3.
Tangan kiri di
tarik ke bawah ketika tangan kanan melakukan pukulan atas dan ayunan angan kanan dari atas ke bawah
4.
Pandangan
fokus melihat datang dan melayangnya shuttle kok di udara
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.
Posisi dan sikap akhir
|
1.
Kedua kaki kembali ke semula setelah melakukan pukulan
2.
Badan kembali
ke posisi semula dan bersiap kembali untuk melakukan pukulan selanjutnya
3.
Tangan kanan
dan kiri setelah melakukan pukulan kembali ke posisi siap dan tidak
membiarkan posisi tangan yang memegang raket berada lebih rendah dari perut
4.
Pandangan
tetap terfokus sebelum rally dalam permainan berakhir
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
instrument penilaian dalam bentuk lembar
pengamatan,
No
|
Indikator Esensial
|
Uraian Gerak
|
Ya
(1)
|
Tidak
(0)
|
1.
|
Posisi dan
Sikap Awal
|
a.
Kaki
|
||
b.
Badan
|
||||
c.
Tangan
|
||||
d.
Pandangan mata
|
||||
2.
|
Pelaksanaan
Gerak
|
a.
Kaki
|
||
b.
Badan
|
||||
c.
Tangan
|
||||
d.
Pandangan mata
|
||||
3.
|
Posisi dan
Sikap Akhir
|
a.
Kaki
|
||
b.
Badan
|
||||
c.
Lengan dan tangan
|
||||
d.
Pandangan mata
|
Contoh :
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Posisi/ Sikap
Awal
|
Pelaksanaan
Gerak
|
Posisi/ Sikap
Akhir
|
Jumlah Skor
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Sukma
|
|||||||||||||
2.
|
Dahyar
|
|||||||||||||
3.
|
Sri
|
|||||||||||||
…….
|
……………………………
|
….
|
….
|
….
|
….
|
…
|
…
|
…
|
…
|
….
|
….
|
….
|
….
|
….
|
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015
Guru praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
SatuanPendidikan :
SMAN 5 Banda Aceh
Kelas/Semester : XI (ganjil)
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Sub/Tema : Teknik dasar permainan Bulutangkis
Waktu : 3 JP
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan indikator
1.1.
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2. Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta
2.1.
Menunjukkan sikap
sportif dalam bermain.
2.2.
Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
sekitar serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3.
Menunjukkan sikap
disiplin selama mengikuti pembelajaran .
2.4.
Menunjukkan
kemauan bekerja sama dalam melakukan aktifitas fisik
2.5.
Menunjukkan
toleransi terhadap sesama teman selama mengikuti pembelajaran
2.6.
Disiplin dalam melakukan aktifitas fisik.
3.2. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan
permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik :
3.2.1. Menyebutkan jenis-jenis tekhnik dasar cara
memegang raket pada permainan bulu
tangkis
3.2.2. Menjelaskan
berbagai macam tekhnik dasar pukulan dan service yang dapat dilakukan dalam
permainan bulu tangkis
3.2.3. Menjelaskan berbagai kegunaan koordinasi dan
kombinasi tekhnik dasar pada permainan bulu tangkis
4.2. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan
salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik
4.2.1. Melakukan berbagai tekhnik dasar pegangan
raket dan pukulan serta service dalam permainan bulu tangkis
4.2.2. Melakukan variasi dan koordinasi tekhnik
service dan pukulan pada permainan bulu tangkis
4.2.3. Melakukan variasi dan koordinasi tekhnik
dasar service permainan bulu tangkis secara sederhana .
C. Materi Pembelajaran :
Badminton
(Foot work, pegangan forehand & backhand, pukulan forehand & backhand,
servis pendek & panjang)
Bulu
tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau
dua pasangan (untuk
ganda) yang saling
berlawanan.
a.
Persiapan
(sikap awal melakukan footwork)
ü Bersiap di
tengah-tengah lapangan
ü Berlari menuju
arah ke depan, samping kanan-kiri, dan kebelakang
![]() |
G.1 : footwork dalam badminton
b. pegangan forehand(pegangan jabat tangan) dan
backhand (pegangan bertumpu dengan ibujari)



G.2 : pegangan forehand
& backhand


G.3 : pukulan forehand & backhand
d. servis pendek & panjang
-
servis
pendek
ü Bersiap berdiri
di belakang garis serang
ü
Pegangan
yang biasa digunakan yakni backhand
ü
Jatuhnya
shuttlecock berada di dekat garis serang lawan
-
servis panjang
ü Bersiap di
tengah lapangan sesuai dengan tempatnya
ü
Pegangan
menggunakan forehand
ü Ayunkan raket
sekeras mungkin hingga shuttlecock jatuh di dekat garis belakang lawan
![]() |
|||
![]() |
|||
G. 4 : servis pendek & panjang
D.
MetodePembelajaran.
1.
Pendekatan : saintifik (scientific)
2.
Metode :
penugasan.
E.
Kegiatan Pembelajaran.
·
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris, berdoa, presensi,
danapersepsi
·
Memberikan motivasidan menjelaskan tujuan
pembelajaran
·
(alokasi waktu ini sudah
memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain)
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
· Mencari dan membaca informasi tentang
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan
· Peserta didik mengamati pertandingan bulutangkis secara langsung dan
atau di TV/video dan membuat catatan tentang
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah).
· .Peserta didik mengamati tentang
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan
membuat catatan hasil pengamatan
Menanya
· Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork,
posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah), misalnya :
bagaimana jalannya bola jika cara memegang raket dirobah, apakah ketepatan
pukulan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola dan raket, apakah
jenis pukulan mempengaruhi tingkat kesulitan pengembanlian bola, apakah
terdapat perbedaan dalam bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi
berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) apabila menggunakan
pendekatan yang berbeda.
· Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bulutangkis
terhadap kesehatan
· Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang
dipergunakan dalam permainan bulutangkis
· Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan
untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bulutangkis
Eksplorasi
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand
dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau
dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab, menghargai
perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke
arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi
yang baik dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand
dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan
forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan
dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan
backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand
dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau
dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke
arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand
dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan
forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan
dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain
secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan
backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Mendiskusikan setiap variasi
dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
· Mendiskusikan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang
sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan
bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
Mengasosiasi
·
Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk
kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi
permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service,
pukulan atas, dan pukulan bawah)
Mengkomunikasikan
·
Melakukan permainan bulutangkis dengan menggunakan peraturan sesungguhnya
dengan menerapkan farisai dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dan membuat kesimpulan hasil diskusi.dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku
menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan
saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
95 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah
memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·
Melakukan refleksi dengan tanya jawab
kepada peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil
pembelajaran
|
25 Menit
|
- Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Merefleksikan kembali pelajaran
pertemuan sebelumnya.
·
Membahas tugas pengamatan yang telah
dikerjakan dirumah
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Mengaitkan materi yang telah
dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik
dasar bulutangkis.
·
Membagi peserta didik kedalam
kelompok-kelompok.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Dua orang peserta didik dari
kelompok yang berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas membaca tentang
latihan variasi teknik dasar bulutangkis melalui media baca, video dan
internet.
Menanya
·
Peserta didik mengajukan
pertanyaan dari hasil pemaparan kelompok-kelompok yang memaparkan tugas tadi
·
Guru menilai keaktifan,
kerjasama, tanggung jawab dari peserta didik dari hasil memaparan.
Mencoba
·
Kelompom diminta untuk mencoba
mempraktikkan latihan variasi teknik dasar bulutangkis
·
Guru menilai kreatifitas dan
kerjasama latihan variasi teknik dasar bulutangkis dari masing-masing
kelompok.
Mengasosiasi
·
Setiap kelompok mencoba variasi
latihan kelompok lain.
·
Kelompok dibagi menjadi 3 dengan
jumlah yang sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan teknik dasar
melalui permainan bulutangkis dengan aturan yang sederhana.
·
Guru menilai kerjasama antar
kelompok, menilai keterampilan, mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok memaparkan
hasil latihan variasi teknik dasar bulutangkis
·
Guru menilai keterampilan menyaji
dan berkomunikasi.
|
95 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah
memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·
Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada
peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil
pembelajaran
|
25 Menit
|
F. SumberBelajar
-
Lapangan bulutangkis
-
Raket
-
Net
-
Shuttlecock
-
Buku referensi, Buku Pegangan GuruPendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X
Erlangga
-
Buku referensi, LKS TUNTAS
G. Penilaian
1. Teknnik Penilaian
a.
Penilaian
sikap
Aspek yang Diukur
|
Deskripsi Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1.
Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|||
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
|
||||
Memakai seragan olahraga lengkap
|
||||
Membawa perlengkapan bulutangkis
|
||||
2.
Kerja
sama
|
Bersama-sama menyiapkan peralatan
|
|||
Mau menjadi pasangan buat teman yang membutuhkan
|
||||
Merapihkan kembali peralatan
|
||||
3.
Tanggung jawab
|
Mau mengakui kesalahan yang
dilakukan
|
|||
Tidak mencari cari kesalahan teman
|
||||
Mengerjakan tugas yang diterima
|
Keterangan:
a.
BT : Belum Tampak
b.
MT : Mulai Tampak
c.
TN : Tampak Nyata
b.
Penilaian
pengetahuan
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Level
Pengetahuan
|
Jumlah Butir
|
No Soal
|
Pen-skoran
|
1.
|
Memahami
konsep keterampilan gerakan fundamental salah satu permainan bola kecil
|
a.
Menyebut jenis-jenis teknik dasar yang dapat
divariasikan dan dikombinasikan
|
C-1
|
1
|
1
|
Skor 3, jika
jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika
jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika
jenis disebut tidak lengkap
|
b.
Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4, jika
penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika
penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
|
||
c.
Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar permainan bulutangkis
|
C-3
|
1
|
3
|
Skor 4, jika
urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika
urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
|
SOAL UJI TULIS
1.
Ada
berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bulutangkis? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar
tersebut?
2.
Sebut
dan jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam
melakukan permainan bulutangkis?
3.
Jelaskan
cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis ?
c. Penilaian keterampilan
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola
kecil dengan koordinasi gerak yang baik
|
a.
Posisi dan sikap awal melakukan pukulan
|
1.
Sikap tubuh
tegak,tangan kanan berada d belakang dengan posisi akan melakukan pukulan
2.
Badan tegak
agak dengan posisi serong ke kanan
3.
Kedua lengan
relaxs dan posisi tangan kiri lurus ke depan ketika akan melakukan pkulan
4.
Pandangan mata
fokus melihat shuttle kok yang datang
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b.
Pelaksanaan gerakan
|
1.
Ketika datang
kok ayunkan/pukul shuttle kok ketika kok masih berada d atas kepala
2.
Badan
mengikuti ayunan dari tangan untuk membantu gerakan tangan agar lebih relaxs
3.
Tangan kiri di
tarik ke bawah ketika tangan kanan melakukan pukulan atas dan ayunan angan kanan dari atas ke bawah
4.
Pandangan
fokus melihat datang dan melayangnya shuttle kok di udara
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.
Posisi dan sikap akhir
|
1.
Kedua kaki kembali ke semula setelah melakukan pukulan
2.
Badan kembali
ke posisi semula dan bersiap kembali untuk melakukan pukulan selanjutnya
3.
Tangan kanan
dan kiri setelah melakukan pukulan kembali ke posisi siap dan tidak
membiarkan posisi tangan yang memegang raket berada lebih rendah dari perut
4.
Pandangan
tetap terfokus sebelum rally dalam permainan berakhir
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
instrument penilaian dalam bentuk lembar
pengamatan,
No
|
Indikator Esensial
|
Uraian Gerak
|
Ya
(1)
|
Tidak
(0)
|
1.
|
Posisi dan
Sikap Awal
|
a.
Kaki
|
||
b.
Badan
|
||||
c.
Tangan
|
||||
d.
Pandangan mata
|
||||
2.
|
Pelaksanaan
Gerak
|
a.
Kaki
|
||
b.
Badan
|
||||
c.
Tangan
|
||||
d.
Pandangan mata
|
||||
3.
|
Posisi dan
Sikap Akhir
|
a.
Kaki
|
||
b.
Badan
|
||||
c.
Lengan dan tangan
|
||||
d.
Pandangan mata
|
Contoh :
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Posisi/ Sikap
Awal
|
Pelaksanaan
Gerak
|
Posisi/ Sikap
Akhir
|
Jumlah Skor
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Sukma
|
|||||||||||||
2.
|
Dahyar
|
|||||||||||||
3.
|
Sri
|
|||||||||||||
…….
|
……………………………
|
….
|
….
|
….
|
….
|
…
|
…
|
…
|
…
|
….
|
….
|
….
|
….
|
….
|
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015
Guru praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
Tidak ada komentar:
Posting Komentar