Kamis, 19 November 2015

rpp bulu tangkis sma 5 banda aceh



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


SatuanPendidikan    :    SMAN 5 Banda Aceh
Kelas/Semester          :    XI (ganjil)
Mata Pelajaran         :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan           
Sub/Tema                  :    Teknik dasar permainan Bulutangkis
Waktu                        :    3  JP


A.  Kompetensi Inti :
   
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.  Kompetensi Dasar dan indikator                                                                                  
1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
     anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2.  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta

2.1.  Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
2.2.  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3.   Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
2.4.   Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan aktifitas fisik
2.5.   Menunjukkan toleransi terhadap sesama teman selama mengikuti pembelajaran
2.6.   Disiplin dalam melakukan aktifitas fisik.

3.2. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik :
3.2.1.   Menyebutkan jenis-jenis tekhnik dasar cara memegang raket pada permainan bulu  tangkis
3.2.2. Menjelaskan berbagai macam tekhnik dasar pukulan dan service yang dapat dilakukan dalam permainan bulu tangkis
3.2.3.   Menjelaskan berbagai kegunaan koordinasi dan kombinasi tekhnik dasar pada permainan bulu tangkis

4.2. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik
4.2.1.   Melakukan berbagai tekhnik dasar pegangan raket dan pukulan serta service dalam permainan bulu tangkis
4.2.2.   Melakukan variasi dan koordinasi tekhnik service dan pukulan pada permainan bulu tangkis
4.2.3.   Melakukan variasi dan koordinasi tekhnik dasar service permainan bulu tangkis secara sederhana .

C.      Materi Pembelajaran :

Badminton (Foot work, pegangan forehand & backhand, pukulan forehand & backhand, servis pendek & panjang)
Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.
a.       Persiapan (sikap awal melakukan footwork)
ü  Bersiap di tengah-tengah lapangan
ü  Berlari menuju arah ke depan, samping kanan-kiri, dan kebelakang
 






G.1 : footwork dalam badminton


b. pegangan forehand(pegangan jabat tangan) dan backhand (pegangan bertumpu dengan ibujari)







G.2 : pegangan forehand & backhand

c. pukulan forehand & backhand.




                  G.3 : pukulan forehand & backhand
d. servis pendek & panjang
       -    servis pendek
ü  Bersiap berdiri di belakang garis serang
ü  Pegangan yang biasa digunakan yakni backhand
ü  Jatuhnya shuttlecock berada di dekat garis serang lawan

-           servis panjang
ü  Bersiap di tengah lapangan sesuai dengan tempatnya
ü  Pegangan menggunakan forehand
ü  Ayunkan raket sekeras mungkin hingga shuttlecock jatuh di dekat garis belakang  lawan
 





            G. 4 : servis pendek & panjang


D.      MetodePembelajaran.
1.      Pendekatan       :         saintifik (scientific)
2.      Metode             :         penugasan.


E.       Kegiatan Pembelajaran.
·         Pertemuan Pertama
Kegiatan
Diskripsi
Waktu
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, danapersepsi
·       Memberikan motivasidan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain)

15 menit
Inti
Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan
·      Peserta didik mengamati pertandingan bulutangkis secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah).
·      .Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah), misalnya : bagaimana jalannya bola jika cara memegang raket dirobah, apakah ketepatan pukulan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola dan raket, apakah jenis pukulan mempengaruhi tingkat kesulitan pengembanlian bola, apakah terdapat perbedaan dalam bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bulutangkis terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bulutangkis
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bulutangkis

Eksplorasi
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.


·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Mendiskusikan setiap variasi dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.

Mengasosiasi
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)

Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan bulutangkis dengan menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan farisai dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan

95 menit
Penutup
·         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·         Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran

25 Menit


  • Pertemuan Kedua

Kegiatan
Diskripsi
Waktu


Pendahuluan

·         Merefleksikan kembali pelajaran pertemuan sebelumnya.
·         Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan dirumah
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik dasar bulutangkis.
·         Membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok.

15 menit












Inti
Mengamati
·         Dua orang peserta didik dari kelompok yang berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas membaca tentang latihan variasi teknik dasar bulutangkis melalui media baca, video dan internet.

Menanya
·         Peserta didik mengajukan pertanyaan dari hasil pemaparan kelompok-kelompok yang memaparkan tugas tadi
·         Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab dari peserta didik dari hasil memaparan.

Mencoba
·         Kelompom diminta untuk mencoba mempraktikkan latihan variasi teknik dasar bulutangkis
·         Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan variasi teknik dasar bulutangkis dari masing-masing kelompok.

Mengasosiasi
·         Setiap kelompok mencoba variasi latihan kelompok lain.
·         Kelompok dibagi menjadi 3 dengan jumlah yang sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan teknik dasar melalui permainan bulutangkis dengan aturan yang sederhana.
·         Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan, mengolah dan menalar.

Mengomunikasikan
·         Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan variasi teknik dasar bulutangkis
·         Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.
95 menit
Penutup
·         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·         Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran

25 Menit



F.       SumberBelajar
-          Lapangan bulutangkis
-          Raket
-          Net
-          Shuttlecock
-          Buku referensi, Buku Pegangan  GuruPendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X Erlangga
-          Buku referensi, LKS TUNTAS


G.      Penilaian

1.    Teknnik Penilaian
a.         Penilaian sikap
Aspek yang Diukur

Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Hadir tepat waktu



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Memakai seragan olahraga lengkap



Membawa perlengkapan bulutangkis



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Mau menjadi pasangan buat teman yang membutuhkan



Merapihkan kembali peralatan



3.   Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima




Keterangan:
a.    BT     : Belum Tampak
b.    MT : Mulai Tampak
c.    TN     : Tampak Nyata



b.      Penilaian pengetahuan
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Level Pengetahuan
Jumlah Butir
No Soal
Pen-skoran
1.
Memahami konsep keterampilan gerakan fundamental salah satu permainan bola kecil
a.    Menyebut jenis-jenis teknik dasar yang dapat divariasikan dan dikombinasikan
C-1
1
1
Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b.    Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis
C-3
1
2
Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c.    Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis
C-3
1
3
Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap


SOAL UJI TULIS
1.      Ada berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bulutangkis? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar tersebut?
2.      Sebut dan jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam melakukan permainan bulutangkis?
3.      Jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis ?



c. Penilaian keterampilan
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik
a.     Posisi dan sikap awal melakukan pukulan
1.    Sikap tubuh tegak,tangan kanan berada d belakang dengan posisi akan melakukan pukulan
2.    Badan tegak agak dengan posisi serong ke kanan
3.    Kedua lengan relaxs dan posisi tangan kiri lurus ke depan ketika akan melakukan pkulan
4.    Pandangan mata fokus melihat shuttle kok yang datang
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar

b.    Pelaksanaan gerakan
1.    Ketika datang kok ayunkan/pukul shuttle kok ketika kok masih berada d atas kepala
2.    Badan mengikuti ayunan dari tangan untuk membantu gerakan tangan agar lebih relaxs
3.    Tangan kiri di tarik ke bawah ketika tangan kanan melakukan pukulan atas  dan ayunan angan kanan dari atas ke bawah
4.    Pandangan fokus melihat datang dan melayangnya shuttle kok di udara
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Posisi dan sikap akhir
1.    Kedua kaki kembali ke semula setelah melakukan pukulan
2.    Badan kembali ke posisi semula dan bersiap kembali untuk melakukan pukulan selanjutnya
3.    Tangan kanan dan kiri setelah melakukan pukulan kembali ke posisi siap dan tidak membiarkan posisi tangan yang memegang raket berada lebih rendah dari perut
4.    Pandangan tetap terfokus sebelum rally dalam permainan berakhir
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar

    instrument penilaian dalam bentuk lembar pengamatan,

No
Indikator Esensial
Uraian Gerak
Ya
 (1)
Tidak
 (0)
1.
Posisi dan Sikap Awal
a.     Kaki


b.     Badan


c.      Tangan


d.    Pandangan mata


2.
Pelaksanaan Gerak
a.     Kaki




b.     Badan




c.      Tangan




d.    Pandangan mata


3.
Posisi dan Sikap Akhir
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan dan tangan




d.    Pandangan mata





Contoh :
No
Nama Peserta Didik
Posisi/ Sikap Awal
Pelaksanaan Gerak
Posisi/ Sikap Akhir
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Sukma













2.
Dahyar













3.
Sri













…….
……………………………
….
….
….
….
….
….
….
….
….






            Guru Pamong                                                                          Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                            Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                                       Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                              1211040033                           


Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            



  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


SatuanPendidikan    :    SMAN 5 Banda Aceh
Kelas/Semester          :    XI (ganjil)
Mata Pelajaran         :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan           
Sub/Tema                  :    Teknik dasar permainan Bulutangkis
Waktu                        :    3  JP


A.  Kompetensi Inti :
   
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.  Kompetensi Dasar dan indikator                                                                                  
1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
     anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2.  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta

2.1.  Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
2.2.  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3.   Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
2.4.   Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan aktifitas fisik
2.5.   Menunjukkan toleransi terhadap sesama teman selama mengikuti pembelajaran
2.6.   Disiplin dalam melakukan aktifitas fisik.

3.2. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik :
3.2.1.   Menyebutkan jenis-jenis tekhnik dasar cara memegang raket pada permainan bulu  tangkis
3.2.2. Menjelaskan berbagai macam tekhnik dasar pukulan dan service yang dapat dilakukan dalam permainan bulu tangkis
3.2.3.   Menjelaskan berbagai kegunaan koordinasi dan kombinasi tekhnik dasar pada permainan bulu tangkis

4.2. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik
4.2.1.   Melakukan berbagai tekhnik dasar pegangan raket dan pukulan serta service dalam permainan bulu tangkis
4.2.2.   Melakukan variasi dan koordinasi tekhnik service dan pukulan pada permainan bulu tangkis
4.2.3.   Melakukan variasi dan koordinasi tekhnik dasar service permainan bulu tangkis secara sederhana .

C.      Materi Pembelajaran :

Badminton (Foot work, pegangan forehand & backhand, pukulan forehand & backhand, servis pendek & panjang)
Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.
a.       Persiapan (sikap awal melakukan footwork)
ü  Bersiap di tengah-tengah lapangan
ü  Berlari menuju arah ke depan, samping kanan-kiri, dan kebelakang
 





G.1 : footwork dalam badminton


b. pegangan forehand(pegangan jabat tangan) dan backhand (pegangan bertumpu dengan ibujari)







G.2 : pegangan forehand & backhand

c. pukulan forehand & backhand.




                  G.3 : pukulan forehand & backhand
d. servis pendek & panjang
       -    servis pendek
ü  Bersiap berdiri di belakang garis serang
ü  Pegangan yang biasa digunakan yakni backhand
ü  Jatuhnya shuttlecock berada di dekat garis serang lawan

-           servis panjang
ü  Bersiap di tengah lapangan sesuai dengan tempatnya
ü  Pegangan menggunakan forehand
ü  Ayunkan raket sekeras mungkin hingga shuttlecock jatuh di dekat garis belakang  lawan
 




            G. 4 : servis pendek & panjang


D.      MetodePembelajaran.
1.      Pendekatan       :         saintifik (scientific)
2.      Metode             :         penugasan.


E.       Kegiatan Pembelajaran.
·         Pertemuan Pertama
Kegiatan
Diskripsi
Waktu
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, danapersepsi
·       Memberikan motivasidan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain)

15 menit
Inti
Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan
·      Peserta didik mengamati pertandingan bulutangkis secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah).
·      .Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah), misalnya : bagaimana jalannya bola jika cara memegang raket dirobah, apakah ketepatan pukulan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola dan raket, apakah jenis pukulan mempengaruhi tingkat kesulitan pengembanlian bola, apakah terdapat perbedaan dalam bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bulutangkis terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bulutangkis
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bulutangkis

Eksplorasi
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.


·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Mendiskusikan setiap variasi dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.

Mengasosiasi
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)

Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan bulutangkis dengan menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan farisai dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan

95 menit
Penutup
·         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·         Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran

25 Menit


  • Pertemuan Kedua

Kegiatan
Diskripsi
Waktu


Pendahuluan

·         Merefleksikan kembali pelajaran pertemuan sebelumnya.
·         Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan dirumah
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik dasar bulutangkis.
·         Membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok.

15 menit












Inti
Mengamati
·         Dua orang peserta didik dari kelompok yang berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas membaca tentang latihan variasi teknik dasar bulutangkis melalui media baca, video dan internet.

Menanya
·         Peserta didik mengajukan pertanyaan dari hasil pemaparan kelompok-kelompok yang memaparkan tugas tadi
·         Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab dari peserta didik dari hasil memaparan.

Mencoba
·         Kelompom diminta untuk mencoba mempraktikkan latihan variasi teknik dasar bulutangkis
·         Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan variasi teknik dasar bulutangkis dari masing-masing kelompok.

Mengasosiasi
·         Setiap kelompok mencoba variasi latihan kelompok lain.
·         Kelompok dibagi menjadi 3 dengan jumlah yang sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan teknik dasar melalui permainan bulutangkis dengan aturan yang sederhana.
·         Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan, mengolah dan menalar.

Mengomunikasikan
·         Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan variasi teknik dasar bulutangkis
·         Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.
95 menit
Penutup
·         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·         Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran

25 Menit



F.       SumberBelajar
-          Lapangan bulutangkis
-          Raket
-          Net
-          Shuttlecock
-          Buku referensi, Buku Pegangan  GuruPendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X Erlangga
-          Buku referensi, LKS TUNTAS


G.      Penilaian

1.    Teknnik Penilaian
a.         Penilaian sikap
Aspek yang Diukur

Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Hadir tepat waktu



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Memakai seragan olahraga lengkap



Membawa perlengkapan bulutangkis



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Mau menjadi pasangan buat teman yang membutuhkan



Merapihkan kembali peralatan



3.   Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima




Keterangan:
a.    BT     : Belum Tampak
b.    MT : Mulai Tampak
c.    TN     : Tampak Nyata



b.      Penilaian pengetahuan
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Level Pengetahuan
Jumlah Butir
No Soal
Pen-skoran
1.
Memahami konsep keterampilan gerakan fundamental salah satu permainan bola kecil
a.    Menyebut jenis-jenis teknik dasar yang dapat divariasikan dan dikombinasikan
C-1
1
1
Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b.    Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis
C-3
1
2
Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c.    Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis
C-3
1
3
Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap


SOAL UJI TULIS
1.      Ada berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bulutangkis? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar tersebut?
2.      Sebut dan jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam melakukan permainan bulutangkis?
3.      Jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis ?



c. Penilaian keterampilan
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik
a.     Posisi dan sikap awal melakukan pukulan
1.    Sikap tubuh tegak,tangan kanan berada d belakang dengan posisi akan melakukan pukulan
2.    Badan tegak agak dengan posisi serong ke kanan
3.    Kedua lengan relaxs dan posisi tangan kiri lurus ke depan ketika akan melakukan pkulan
4.    Pandangan mata fokus melihat shuttle kok yang datang
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar

b.    Pelaksanaan gerakan
1.    Ketika datang kok ayunkan/pukul shuttle kok ketika kok masih berada d atas kepala
2.    Badan mengikuti ayunan dari tangan untuk membantu gerakan tangan agar lebih relaxs
3.    Tangan kiri di tarik ke bawah ketika tangan kanan melakukan pukulan atas  dan ayunan angan kanan dari atas ke bawah
4.    Pandangan fokus melihat datang dan melayangnya shuttle kok di udara
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Posisi dan sikap akhir
1.    Kedua kaki kembali ke semula setelah melakukan pukulan
2.    Badan kembali ke posisi semula dan bersiap kembali untuk melakukan pukulan selanjutnya
3.    Tangan kanan dan kiri setelah melakukan pukulan kembali ke posisi siap dan tidak membiarkan posisi tangan yang memegang raket berada lebih rendah dari perut
4.    Pandangan tetap terfokus sebelum rally dalam permainan berakhir
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar

    instrument penilaian dalam bentuk lembar pengamatan,

No
Indikator Esensial
Uraian Gerak
Ya
 (1)
Tidak
 (0)
1.
Posisi dan Sikap Awal
a.     Kaki


b.     Badan


c.      Tangan


d.    Pandangan mata


2.
Pelaksanaan Gerak
a.     Kaki




b.     Badan




c.      Tangan




d.    Pandangan mata


3.
Posisi dan Sikap Akhir
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan dan tangan




d.    Pandangan mata





Contoh :
No
Nama Peserta Didik
Posisi/ Sikap Awal
Pelaksanaan Gerak
Posisi/ Sikap Akhir
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Sukma













2.
Dahyar













3.
Sri













…….
……………………………
….
….
….
….
….
….
….
….
….






            Guru Pamong                                                                          Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                            Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                                       Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                              1211040033                           


Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            



Tidak ada komentar:

Posting Komentar