Kamis, 19 November 2015

Rpp bola basket sma negeri 5 banda aceh


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan        : SMAN 5 Banda Aceh
   Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester               :  XI (ganjil)
Materi Pokok                 : Teknik Dasar Bola Basket   
Alokasi Waktu               : 6 x 45 menit  ( 2 kali pertermuan)
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.        Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1.   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai

2.1    Berperilaku sportif dalam bermain:

2.2                Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:

2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:

3.1    Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
3.1.1   Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan bola basket  yang dapat divariasikan dan    dikombinasikan
3.1.2   Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  permainan bola basket 
3.1.3   Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket

4.1    Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik..
4.1.1    Melakukan berbagai teknik dasar permainan bola basket (melempar,menangkap,mendrible dan menembak)
4.1.2       Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket(melempar,menangkap,mendrible dan menembak)
4.1.3    Mempraktekkan  variasi dan kombinasi teknik dasar (bola basket) dalam permainan sederhana         




C.   Materi Pembelajaran :

1.melempar dan menangkap bola
    1.1 lemparan chess pass
    1.2 Lemparan bound pass 
2. mendrible bola
     2.1 mendrible di tempat dengan tangan kanan dan kiri
     2.2 mendrible dengan kiri dan kanan sambil bergerak kedepan
3.menembak bola dari berbagai variasi
     3.1 Menembak bola dari sudut kanan Ring basket.
     3.1 Menembak bola dari tengah ring basket
     3.1 Menembak bola dari sudut ring basket.
4.Bermain bola basket dengan peraturan yg sebenarnya
     4.1 Bemain dengan  Sportif
     4.2 bermain dengan menghargai serta menghormati orang lain                        
      4.3  Bermain dengan peraturan yang sebenarnya   

D.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.       

E.   Kegiatan Pembelajaran.


 * Pertemuan Pertama
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.

15 menit
Inti
1.    Guru membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung jawab…)
2.    Peserta didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
3.    Peserta didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan teman-temannya.(menanya)
4.    Peserta didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang diberikan. (menanya)
5.    Peserta didik secara berpasangan bertindak sebagai pelaku dan pengamat (proses tanggung jawab…
6.    Pelaku mencoba melakukan gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja (mencoba, menyaji)
7.    Pengamat mengamati gerakan yang dilakukan oleh pelaku (analisis, menalar)
8.    Pengamat melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku (evaluasi, menalar,)
9.    Pelaku memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat (menyaji)
10.              Setelah semua tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh pengamat maka dilakukan pergantian peran (nilai apa yang terjadi…..)
11.              Setelah semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)


95 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi bola basket
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi  bola basket
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25    menit

*Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·         Merefleksi kembali pelajaran pertemuan sebelumnya
·         Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
·         Menyampaikan tujuan pembelajara.
·         Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik dasar  bola basket.
·         Membagi peserta didik kedalam kelompok.



15 Menit
Inti
Mengamati
·         Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca tentang latihan variasi teknik dasar  bola basket melalui media baca, video atau internet.

Mencoba
·         Kelompok diminta untuk mencoba mempraktekkan latihan variasi teknik dasar   bola basket.
·         Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan variasi teknik dasar  bola basket masing-masing kelompok.

Mengasosiasi
·         Setiap kelompok mencoba variasi latihan kelompok lain.
·         Kelompok dibagi dua sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan teknik dasar melalui permainan  bola basket dengan aturan yang sederhana.
·         Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.

Mengomunikasikan
·         Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan variasi teknik dasar  bola basket.
·         Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.




95 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan kegiatan bermain  bola basket dan cara variasi teknik dasar yang baik dan benar.
·         Memberikan evaluasi.

25 menit

F.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-     Lapangan, Bola basket, bola karet, cone, pluit.
3.    Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 ( mgmp pendjas kota medan)
-     Buku referensi lain yang sesuai

G.   Penilaian
a.       Menyusun kisi-kisi instrument  penilaian pengetahuan
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Level Pengetahuan
Jumlah Butir
No Soal
Pen-skoran
1.

3.1Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.



4.1Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
a.    Menyebut jenis-jenis teknik dasar Permainan bola basket yang dapat divariasikan dan dikombinasikan.
C-1
1
1
Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b.    Menjelaskan teknik mendrible berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar
C-3
1
2
Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c.    Menjelaskan cara melakukan drible permainan bola basket permainan bola besar



d.Menjelaskan posisi badan dan kaki pada saat mendrible ditempat
e.Menjelaskan pandangan mata
saat mendrible
C-3






C-3



C-3
1






1



1
3






4



5
Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap



Nilai2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap

Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
2.



b.      Dari kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk soal uji tulis, sebagai berikut:
1.      Ada berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bola besar (contoh sepakbola)? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar tersebut!
2.      Sebut dan jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam melakukan permainan bola besar (contoh sepakbola)!
3.      Jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola besar (contoh; sepakbola)!
c.       Berdasarkan hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 soal X 11 = 33) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus    : P/ Max X 100
Contoh   : 8/ 11 X 100
Nilai Peserta Didik : 72,72

Contoh pengembangan instrument penilaian sikap

a.       Menyusun kisi-kisi penilaian sikap, misalnya sikap disiplin, kerja sama, dan tanggung jawab dalam konteks permainan bola besar. Kisi-kisi ini sekaligus dapat dijadikan sebagai instrument penilaian.





Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Mengikuti pembelajara bola basket dari awal sampai akhir



Berlatih secara individu tentang teknik bola basket



Bermain dengan menerapkan tekhnik-tekhnik permainan bola basket dengan mematuhi  peraturan yang ada.



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan dan mengumpulkan bola pada saat pembelajaran selesai



Mau memberi umpan ketika bermain



Mau menjadi penjaga bola



3.   Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima






Keterangan:
a.    BT     : Belum Tampak
b.    MT : Mulai Tampak
c.    TN     : Tampak Nyata

b.      Menggunakan instrumen penilaian
Guru, peserta didik yang bersangkutan (self assessment), rekan sebaya (peer assessment) memberi tanda contreng (V) pada kolom BT (belum tampak), MT (mulai tampak), TN (tampak nyata) sesuai dengan kondisi obyek pengamatan untuk guru dan pasangan atau yang dirasakan sendiri oleh peserta didik.
c.       Memaknai hasil
Dari kisi dan instrument tersebut, guru dapat memberikan simpulan akhir bahwa “secara umum ketiga sikap peserta didik terlihat “jelaskan kondisi sesuai hasil pengamatan” namun demikian pada aspek “disiplin/ kerja sama/ tanggung jawab” perlu ditingkatkan.
Contoh Pengembangan Instrument Penilaian Keterampilan Gerak






a.       Menyusun kisi-kisi instrument  penilaian keterampilan gerak





No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.

3.1Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.



4.1Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
















a.    Posisi dan sikap awal
1.    Kedua kaki  dibuka selebar bahu lutut sedikit ditekuk.
2.    Badan agak condong ke depan, berat badan antara kedua kaki
3.    Kedua tangan kanan dan kiri melakukan drible di tempat.
4.    Pandangan mata ke arah depan.
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Pelaksanaan gerakan
1.    Badan agak condong ke depan, berusaha memantulkan bola dengan tangan kanan dan kiri,diikuti dengan gerak kedepan posisi bola memantul didepan badan.
2.    Kedua tangan kanan dan kiri melakukan drible sambil berjalan dan berlari
3.    Mendrible dengan satu tangan badan sedikit condong kedepan sambil berjalan.
4.    Mendrible dengan kedua tangan posisi badan tegak.
5.    Pandangan mata ke arah depan.
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Posisi dan sikap akhir
1.    Kedua kaki dibuka selebar bahu mendrible ditempat dengan tangan kanan dan kiri, sikap badan condong kedepan pandangan mata kedepan.
2.    Badan kembali agak condong ke depan, dan berat badan antara kedua kaki,
3.    Kedua kaki dibuka selebar bahu dan tangan kembali relaks di samping badan badan sedikit condong kedepan.
4.    Pandangan mata ke arah depan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar

2.
………………
………………
……………..
……..
……..
…………………….

b.      Dari kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk lembar pengamatan, sebagai berikut:
No
Indikator Esensial
Uraian Gerak
Ya
 (1)
Tidak
 (0)
1.
Posisi dan Sikap Awal
a.     Kaki


b.     Badan


c.     Lengan dan tangan


d.    Pandangan mata


2.
Pelaksanaan Gerak
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan dan tangan




d.    Pandangan mata


3.
Posisi dan Sikap Akhir
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan dan tangan




d.    Pandangan mata



Atau dapat disederahanakan menjadi:



No
Nama Peserta Didik
Posisi/ Sikap Awal
Pelaksanaan Gerak
Posisi/ Sikap Akhir
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Budi













2.
Dwi













3.
Hardi













……
……………………………
….
….
….
….
….
….
….
….
….





c.       Berdasarkan hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 Indikator Esensial X 4 = 12) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus    : P/ Max X 100
Contoh   : 9/ 12 X 100
Nilai Peserta Didik : 75
                                   









                                              
MATERI PERMAINAN BOLA BASKET

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Peserta didik menyelesaikan pembelajaran dengan bahasan “Teknik Dasar, Formasi Permainan, dan Taktik dan Strategi Permainan Bola Basket”  dapat:
1.        Menjelaskan pengertian teknik dasar pada permainan bola basket.
2.        Menjelaskan berbagai formasi permainan pada permainan bola basket.
3.        Menjelaskan taktik dan strategi pada permainan bola basket.

B.  PROSEDUR PEMBELAJARAN
1.        Mempelajari dan mendiskusikan lembar tugas yang diberikan oleh guru secara berkelompok.
2.        Melakukan permainan bolabasket yang dimodifikasi jumlah pemain, alat, dan lapangan.
3.        Mendiskusikan dan mengisi berbagai permasalahan yang ada pada lembar tugas.
4.        Mempresentasikan lembar tugas yang telah diisi melalui peragaan oleh beberapa anggota kelompok



Kuis
1.        Apa sajakah teknik dasar yang Kalian temui ketika kawan-kawan Kalian bermain bola basket?
2.        Jelaskan cara melakukan masing-masing teknik dasar yang kalian dapat amati dan temukan!
3.        Kesalahan-kesalahan apakah yang sering terjadi ketika teman Kalian melakukan passing, drible, shoting, lay up ?
4.        Apa yang Kalian dapat lakukan untuk menghindari serangan dari lawan ketika Kalian menguasai bola?
5.        Apa yang akan Kalian lakukan jika pada sebuah permainan tim lawan memenangkan permainan dan salah satu di antara anggota regu tersebut mengejek Kalian?


PAPARAN MATERI
A.    Pengertian
Tujuan permainan bola basket adalah memasukkan bola ke keranjang lawan sebanyak-banyaknya dan menjaga keranjangnya agar tidak kemasukan bola. Untuk dapat memainkan bola dengan baik perlu melakukan teknik gerakan dengan baik.
Teknik adalah cara melakukan atau melaksanakan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu secara efesien dan efektif. Teknik permainan yang baik selalu berdasarkan pada teori dan hukum-hukum yang berlaku dalam ilmu pengetahuan yang menunjang pelaksanaan teknik permainan seperti :
     1. Biomekanik.
     2. Anatomi.
     3. Fisiologi.
     4. Kinesiologi.

Serta ilmu-ilmu penunjang lainnya berdasarkan pula peraturan permainan dan peraturan pertandingan yang berlaku. Kombinasi teknik dasar permainan bola basket, antara lain :
a. Variasi bermain bola basket.
b. Formasi permainan.
c. Pola permainan bola basket

B.      TEKNIK DASAR BOLA BASKET

NO
TEKNIK DASAR
GAMBAR
1
Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua tangan membentuk kuda-kuda dengan salah satu tangan di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.


http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRoRtSuYunzdERH7ZSVOSAcssO0n5PFBnst--8b8TeTlJI7m0zZcA  http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRZQindvzfnFO37ID2pj3qJKeIO3hJCLqgVMokV1oo9gUl-NVzsYw

2
Menggiring bola (dribbling ball) adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Caranya yaitu dengan memantulkan bola beberapa kali ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.


http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSymV4H6qqCS8iP1WpAMMFf-JzjAXeyiZUpkWvK0GD4HlGdSDMl   http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTj2SiLExyoZ55LlCUQK8ydvuYO_Cw00Yy_wZDrrmLSC8scP3SA

3
Hook adalah tehnik yang sangat efektif bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. Yaitu cara menembak dari samping dengan satu tangan. Jadi jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa agak jauh, tehnik ini sering dipakai oleh para pemain basket professional dengan keakuratan bisa mencapai 80%.

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQOg434QliC-3d_wg7AOecdnkt1MUVDbyIWPV_hD66CnJiqXkrA  http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQRlC6vHz6UpceZV8arYCjpfYu3WoUkefhRSiEPcicqDSCOJ7C4

4
Shooting adalah usaha memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan.

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSExnZqCQCkss3NYbxkPnHN9tJ8DzR6fjC-Z1AencVrUMouF_qA



C.    Variasi Bermain bola basket
1.      Driblling dilanjutkan dengan lay up shoot
Dalam permainan bola basket, lay up merupakan gerakan terakhir setelah mendrible bola. Adapun yang dimaksud dengan lay up adalah usaha menembak bola sedekat mungkin dengan ring/keranjang yang didahului dengan dua langkah. Jadi gerakan lay up ini biasanya dilakukan setelah menerima operan dari kawan atau terlebih dahulu melakukan driblling.
Adapun cara melakukan driblling dilanjutkan dengan lay up adalah sebagai berikut :
a.       Lakukan driblling ke depan beberapa langkah menuju ring.
b.      Pada waktu tangan kiri di depan, lakukan tolakan untuk melangkahkan tangan kanan sambil menangkap bola.
c.       Mendarat dengan tangan kanan dan langkahkan lagi tangan kiri sambil langsung menolak ke atas.
d.      Bersamaan dengan tolakan tangan kiri, luruskan lengan kanan yang memegang bola  ke atas.
e.       Lepaskan bola ke papan pantul tepat pada garis tegak lurus.
f.       Mendarat dengan dua tangan mengeper.

2.      Latihan menangkap bola dilanjutkan dengan lay up
Cara ini dilakukan hampir sama dengan mendrible dilanjutkan dengan lay up, hanya saja setelah menerima bola langsung melakukan dua langkah sambil melompat sedekat mungkin dengan ring. Saat melepaskan /menembakkan bola bisa dengan memantulkan bola kepapan atau langsung melepaskan bola ke dalam keranjang.
Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut :
a.       Pemain dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok sebagai pemberi bola dan satu kelompok sebagai penembak lay up.
b.      Pemberi bola tidak usah melemparkan bola tetapi cukup memegang bola dengan satu tangan lurus ke atas.
c.       Penembak berlari kemudian menolak dengan tangan kiri, tangan kanan melangkah panjang. Pada waktu badan melayang ambil bola dari tangan si pemberi.
d.      Lakukan dua langkah irama, langkah pertama panjang dan langkah ke dua pendek serta langsung menolak ke atas setinggi-tingginya.
e.       Luruskan lengan yang memegang bola ke atas, lepaskan bola ke papan pantul atau langsung dilepaskan tepat di atas ring.
f.       Lakukan pendaratan dengan kedua tangan secara mengeper.

Ada tiga macam latihan menagkap bola dilanjutkan dengan melakukan lay up :
1.      Menangkap bola dan operan berdua dilanjutkan dengan lay up.




2.      Menangkap bola dan operan bertiga dilanjutkan lay up.

3.      Latihan menangkap bola dengan lari bersilang

D.    Formasi Pemain
Permainan bola basket adalah permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari 5 orang pemain. Kelima pemain tersebut mempunyai posisi dan tugasnya masing-masing berbeda, adapun formasi pemainnya adalah 2 orang sebagai Guard  2 orang Forward dan 1 orang Center.
Posisi / formasi pemain tersebut adalah sebagai  berikut :
1.      Guard (penjaga belakang)
Seorang guard mempunyai tugas sebagai penjaga daerah belakang, tetapi tugasnya tidak hanya sebagai pemain belakang tetapi juga bisa sebagai pengumpan dan sekali  kali bisa menembak ke arah keranjang.
2.      Forward (pemain  depan)
Tugas seorang forward adalah menyusup ke pertahanan lawan. Posisi ini bertugas sebagai penyerang. Penyerang juga dapat membantu guard menghalangi lawan memasuki daerah pertahanan.
3.      Center (pemain tengah)
Tugas pokok center sebagai berikut :
a.       Membendung / menahan tembakan lawan.
b.      Melakukan rebound, yaitu berusaha menguasahi / menangkap bola setelah suatu  tembakan gagal dilakukan.
c.       Menjadi target/sasaran operan teman seregu ketika berada di daerah pertahanan  lawan.


E.     Taktik dan Strategi permainan Bola Basket
Taktik dan strategi permainan bola basket terdiri dari dua macam yaitu pola penyerangan dan pola pertahanan.
1.      Pola Penyerangan
Tujuan dari permainan bola basket adalah berusaha memasukkan bola ke keranjang lawan sebanyak-banyaknya dan menjaga keranjangnya agar tidak kemasukan bola dari serangan lawan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu adanya pola penyerangan dan pola pertahanan yang disusun secara baik dan sistematis sehingga akan membawa keberhasilan bagi regu yang bertanding.
          Adapun pola penyerangan tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Set Offence
Serangan yang direncanakan dan dibangun dari awal sampai akhir (finishing Tought ).
b.      Fast Break.
Serangan yang dilakukan secara serentak dan cepat sebelum lawan sempat membuat pola pertahanannya. Tujuannya dengan menempatkan satu atau dua orang  pernyerang dalam posisi bebas mencetak gol.
c.       Shuffle
Suatu system penyerangan yang dilakukan oleh semua pemain dari satu regu bergerak dari satu posisi ke tempat lain secara teratur sesuai rencana guna mendapatkan kesempatan mencetak gol.
d.      Double pivot offence
Cara menyerang suatu tim dengan menempatkan dua pemain masing-masing berada jauh di sudut daerah pertahanan lawan, satu di ujung kiri dan satu ujung kanan.
e.       Give and go Weave
Serangan bergelombang datang  dan pergi, yaitu cara menyerang suatu regu yang melibatkan lima pemain untuk terus bergerak sambil saling mengoper guna mencapai lubang pertahanan lawan.
f.       Drive / Driving
Gerakan cepat yang agresif, yaitu seorang penyerang mendrible bola sambil menerobos ke basket lawan dengan keinginan besar untuk mencetak gol.
   Pola pertahanan.
Tujuan dari pertahanan adalah menjaga daerahnya agar tidak terjadi gol ke dalam ringnya . Pola pertahanan antara lain sebagai berikut :
a.       Zona Defence
Sistem pertahanan daerah dimana para pemain selain harus memperhatikan daerah yang harus dijaganya, juga harus mengawasi bola di daerahnya. 
b.      Man to Man defence
Pertahanan orang per orang, system pertahanan yang menggunakan taktik satu pemain  menjaga satu pemain secara ketat.
c.       Screen swich defence
Pertahanan anti tirai, anti screen, suatu kombinasi dari pertahanan daerah (Zona Defence) dan pertahanan orang per orang (man to man) untuk menghadapi teknik screen lawan.

TUGAS
1.    Jika Kalian sedang bermain bola basket, berada dalam situasi sedang menguasai bola tiba-tiba pemain lawan datang untuk merebut bola, apa yang akan kalian lakukan!
2.    Dalam suatu permainan bola basket diperlukan kemampuan mengumpan jarak jauh, bagaimanakah cara melakukannya, dan apakah kegunaan dari teknik ini?
3.    Lakukan perintah berikut dan tuliskan kesimpulannya dari apa yang terjadi!
a.       Dengan menggunakan tangan lempar  bola, jangan lupa badan dicondongkan ke depan!
b.      Dengan menggunakan tangan,lempar bola, dan badan tetap tegak!
c.       Dengan menggunakan ujung tangan,lempar bola, dengan mencondongkan badan sedikit ke belakang!
4.    Tuliskan pada selembar kertas, untuk melakukan umpan jarak jauh manakah pilihan yang tepat, jelaskan mengapa?









RANGKUMAN
Bola basket adalah permainan olahraga beregu yang dimainkan setiap regu 5 orang. Dalam permainan bola basket, para pemain menggunakan keterampilan tangannya dan anggota badan lainnya kecuali boleh seluruh bagian tubuhnya. Dalam perkembangannya bola basket ketujuhan dan kelimaan sering dimainkan di dalam ruangan dengan nama indoor soccer atau yang sedang berkembang dan semarak sekarang adalah 3 0n 3.
Tujuan dari dipelajarinya bahasan mengenai  teknik dasar permainan bola basket berupa CHAST PASS, CARA PEGANG BOLA BASKET, DRIBLE ini agar Kalian dapat menggunakan dalam bermain bola basket. Teknik dasar dalam bola basket banyak macamnya mulai dari, CHAST PASS, CARA PEGANG BOLA BASKET, DRIBLE dengan menggunakan berbagai anggota tubuh, arah, jarak, dan berbagai hal yang terkait di dalamnya

No.
Pernyataan








1.
Saya telah dapat menjelaskan pengertian permainan bola basket



2.
Saya telah mengenali berbagai teknik dasar dalam bola basket



3.
Saya dapat menjelaskan cara melakukan berbagai teknik dasar bola basket



4.
Saya dapat menjelaskan kegunaan masing-masing teknik dasar yang saya kuasai



5.
Saya dapat melakukan berbagai teknik dasar dalam permainan bola basket



6.
Saya dapat menggunakan berbagai teknik dasar dalam permainan bola basket



7.
Saya dapat menjelaskan berbagai kesalahan yang sering terjadi di berbagai jenis teknik dasar permainan bola basket



Penguasaan terhadap berbagai teknik dasar ini merupakan bagian untuk membangun keterampilan secara utuh dalam bermain bola basket. Penguasaan berbagai teknik dasar diperlukan untuk mengantisipasi berbagai permasalah yang timbul saat permainan berlangsung. Ketidakmampuan menguasai berbagai jenis teknik dasar akan mengurangi alternative dalam menemukan solusi yang diperlukan.





            Guru Pamong                                                              Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                           Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                  1211040033                           


Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282



  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan        : SMAN 5 Banda Aceh
   Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester               :  XI (ganjil)
Materi Pokok                 : Teknik Dasar Bola Basket   
Alokasi Waktu               : 6 x 45 menit  ( 2 kali pertermuan)
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.        Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1.   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai

2.1    Berperilaku sportif dalam bermain:

2.2                Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:

2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:

3.1    Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
3.1.1   Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan bola basket  yang dapat divariasikan dan    dikombinasikan
3.1.2   Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  permainan bola basket 
3.1.3   Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket

4.1    Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik..
4.1.1    Melakukan berbagai teknik dasar permainan bola basket (melempar,menangkap,mendrible dan menembak)
4.1.2       Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket(melempar,menangkap,mendrible dan menembak)
4.1.3    Mempraktekkan  variasi dan kombinasi teknik dasar (bola basket) dalam permainan sederhana         




C.   Materi Pembelajaran :

1.melempar dan menangkap bola
    1.1 lemparan chess pass
    1.2 Lemparan bound pass 
2. mendrible bola
     2.1 mendrible di tempat dengan tangan kanan dan kiri
     2.2 mendrible dengan kiri dan kanan sambil bergerak kedepan
3.menembak bola dari berbagai variasi
     3.1 Menembak bola dari sudut kanan Ring basket.
     3.1 Menembak bola dari tengah ring basket
     3.1 Menembak bola dari sudut ring basket.
4.Bermain bola basket dengan peraturan yg sebenarnya
     4.1 Bemain dengan  Sportif
     4.2 bermain dengan menghargai serta menghormati orang lain                        
      4.3  Bermain dengan peraturan yang sebenarnya   

D.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.       

E.   Kegiatan Pembelajaran.


 * Pertemuan Pertama
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.

15 menit
Inti
1.    Guru membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung jawab…)
2.    Peserta didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
3.    Peserta didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan teman-temannya.(menanya)
4.    Peserta didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang diberikan. (menanya)
5.    Peserta didik secara berpasangan bertindak sebagai pelaku dan pengamat (proses tanggung jawab…
6.    Pelaku mencoba melakukan gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja (mencoba, menyaji)
7.    Pengamat mengamati gerakan yang dilakukan oleh pelaku (analisis, menalar)
8.    Pengamat melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku (evaluasi, menalar,)
9.    Pelaku memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat (menyaji)
10.              Setelah semua tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh pengamat maka dilakukan pergantian peran (nilai apa yang terjadi…..)
11.              Setelah semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)


95 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi bola basket
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi  bola basket
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25    menit

*Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·         Merefleksi kembali pelajaran pertemuan sebelumnya
·         Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
·         Menyampaikan tujuan pembelajara.
·         Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik dasar  bola basket.
·         Membagi peserta didik kedalam kelompok.



15 Menit
Inti
Mengamati
·         Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca tentang latihan variasi teknik dasar  bola basket melalui media baca, video atau internet.

Mencoba
·         Kelompok diminta untuk mencoba mempraktekkan latihan variasi teknik dasar   bola basket.
·         Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan variasi teknik dasar  bola basket masing-masing kelompok.

Mengasosiasi
·         Setiap kelompok mencoba variasi latihan kelompok lain.
·         Kelompok dibagi dua sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan teknik dasar melalui permainan  bola basket dengan aturan yang sederhana.
·         Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.

Mengomunikasikan
·         Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan variasi teknik dasar  bola basket.
·         Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.




95 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan kegiatan bermain  bola basket dan cara variasi teknik dasar yang baik dan benar.
·         Memberikan evaluasi.

25 menit

F.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-     Lapangan, Bola basket, bola karet, cone, pluit.
3.    Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 ( mgmp pendjas kota medan)
-     Buku referensi lain yang sesuai

G.   Penilaian
a.       Menyusun kisi-kisi instrument  penilaian pengetahuan
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Level Pengetahuan
Jumlah Butir
No Soal
Pen-skoran
1.

3.1Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.



4.1Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
a.    Menyebut jenis-jenis teknik dasar Permainan bola basket yang dapat divariasikan dan dikombinasikan.
C-1
1
1
Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b.    Menjelaskan teknik mendrible berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar
C-3
1
2
Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c.    Menjelaskan cara melakukan drible permainan bola basket permainan bola besar



d.Menjelaskan posisi badan dan kaki pada saat mendrible ditempat
e.Menjelaskan pandangan mata
saat mendrible
C-3






C-3



C-3
1






1



1
3






4



5
Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap



Nilai2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap

Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
2.



b.      Dari kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk soal uji tulis, sebagai berikut:
1.      Ada berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bola besar (contoh sepakbola)? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar tersebut!
2.      Sebut dan jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam melakukan permainan bola besar (contoh sepakbola)!
3.      Jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola besar (contoh; sepakbola)!
c.       Berdasarkan hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 soal X 11 = 33) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus    : P/ Max X 100
Contoh   : 8/ 11 X 100
Nilai Peserta Didik : 72,72

Contoh pengembangan instrument penilaian sikap

a.       Menyusun kisi-kisi penilaian sikap, misalnya sikap disiplin, kerja sama, dan tanggung jawab dalam konteks permainan bola besar. Kisi-kisi ini sekaligus dapat dijadikan sebagai instrument penilaian.





Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Mengikuti pembelajara bola basket dari awal sampai akhir



Berlatih secara individu tentang teknik bola basket



Bermain dengan menerapkan tekhnik-tekhnik permainan bola basket dengan mematuhi  peraturan yang ada.



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan dan mengumpulkan bola pada saat pembelajaran selesai



Mau memberi umpan ketika bermain



Mau menjadi penjaga bola



3.   Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima






Keterangan:
a.    BT     : Belum Tampak
b.    MT : Mulai Tampak
c.    TN     : Tampak Nyata

b.      Menggunakan instrumen penilaian
Guru, peserta didik yang bersangkutan (self assessment), rekan sebaya (peer assessment) memberi tanda contreng (V) pada kolom BT (belum tampak), MT (mulai tampak), TN (tampak nyata) sesuai dengan kondisi obyek pengamatan untuk guru dan pasangan atau yang dirasakan sendiri oleh peserta didik.
c.       Memaknai hasil
Dari kisi dan instrument tersebut, guru dapat memberikan simpulan akhir bahwa “secara umum ketiga sikap peserta didik terlihat “jelaskan kondisi sesuai hasil pengamatan” namun demikian pada aspek “disiplin/ kerja sama/ tanggung jawab” perlu ditingkatkan.
Contoh Pengembangan Instrument Penilaian Keterampilan Gerak






a.       Menyusun kisi-kisi instrument  penilaian keterampilan gerak





No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.

3.1Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.



4.1Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
















a.    Posisi dan sikap awal
1.    Kedua kaki  dibuka selebar bahu lutut sedikit ditekuk.
2.    Badan agak condong ke depan, berat badan antara kedua kaki
3.    Kedua tangan kanan dan kiri melakukan drible di tempat.
4.    Pandangan mata ke arah depan.
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Pelaksanaan gerakan
1.    Badan agak condong ke depan, berusaha memantulkan bola dengan tangan kanan dan kiri,diikuti dengan gerak kedepan posisi bola memantul didepan badan.
2.    Kedua tangan kanan dan kiri melakukan drible sambil berjalan dan berlari
3.    Mendrible dengan satu tangan badan sedikit condong kedepan sambil berjalan.
4.    Mendrible dengan kedua tangan posisi badan tegak.
5.    Pandangan mata ke arah depan.
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Posisi dan sikap akhir
1.    Kedua kaki dibuka selebar bahu mendrible ditempat dengan tangan kanan dan kiri, sikap badan condong kedepan pandangan mata kedepan.
2.    Badan kembali agak condong ke depan, dan berat badan antara kedua kaki,
3.    Kedua kaki dibuka selebar bahu dan tangan kembali relaks di samping badan badan sedikit condong kedepan.
4.    Pandangan mata ke arah depan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar

2.
………………
………………
……………..
……..
……..
…………………….

b.      Dari kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk lembar pengamatan, sebagai berikut:
No
Indikator Esensial
Uraian Gerak
Ya
 (1)
Tidak
 (0)
1.
Posisi dan Sikap Awal
a.     Kaki


b.     Badan


c.     Lengan dan tangan


d.    Pandangan mata


2.
Pelaksanaan Gerak
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan dan tangan




d.    Pandangan mata


3.
Posisi dan Sikap Akhir
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan dan tangan




d.    Pandangan mata



Atau dapat disederahanakan menjadi:



No
Nama Peserta Didik
Posisi/ Sikap Awal
Pelaksanaan Gerak
Posisi/ Sikap Akhir
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Budi













2.
Dwi













3.
Hardi













……
……………………………
….
….
….
….
….
….
….
….
….





c.       Berdasarkan hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 Indikator Esensial X 4 = 12) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus    : P/ Max X 100
Contoh   : 9/ 12 X 100
Nilai Peserta Didik : 75
                                   









                                              
MATERI PERMAINAN BOLA BASKET

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Peserta didik menyelesaikan pembelajaran dengan bahasan “Teknik Dasar, Formasi Permainan, dan Taktik dan Strategi Permainan Bola Basket”  dapat:
1.        Menjelaskan pengertian teknik dasar pada permainan bola basket.
2.        Menjelaskan berbagai formasi permainan pada permainan bola basket.
3.        Menjelaskan taktik dan strategi pada permainan bola basket.

B.  PROSEDUR PEMBELAJARAN
1.        Mempelajari dan mendiskusikan lembar tugas yang diberikan oleh guru secara berkelompok.
2.        Melakukan permainan bolabasket yang dimodifikasi jumlah pemain, alat, dan lapangan.
3.        Mendiskusikan dan mengisi berbagai permasalahan yang ada pada lembar tugas.
4.        Mempresentasikan lembar tugas yang telah diisi melalui peragaan oleh beberapa anggota kelompok



Kuis
1.        Apa sajakah teknik dasar yang Kalian temui ketika kawan-kawan Kalian bermain bola basket?
2.        Jelaskan cara melakukan masing-masing teknik dasar yang kalian dapat amati dan temukan!
3.        Kesalahan-kesalahan apakah yang sering terjadi ketika teman Kalian melakukan passing, drible, shoting, lay up ?
4.        Apa yang Kalian dapat lakukan untuk menghindari serangan dari lawan ketika Kalian menguasai bola?
5.        Apa yang akan Kalian lakukan jika pada sebuah permainan tim lawan memenangkan permainan dan salah satu di antara anggota regu tersebut mengejek Kalian?


PAPARAN MATERI
A.    Pengertian
Tujuan permainan bola basket adalah memasukkan bola ke keranjang lawan sebanyak-banyaknya dan menjaga keranjangnya agar tidak kemasukan bola. Untuk dapat memainkan bola dengan baik perlu melakukan teknik gerakan dengan baik.
Teknik adalah cara melakukan atau melaksanakan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu secara efesien dan efektif. Teknik permainan yang baik selalu berdasarkan pada teori dan hukum-hukum yang berlaku dalam ilmu pengetahuan yang menunjang pelaksanaan teknik permainan seperti :
     1. Biomekanik.
     2. Anatomi.
     3. Fisiologi.
     4. Kinesiologi.

Serta ilmu-ilmu penunjang lainnya berdasarkan pula peraturan permainan dan peraturan pertandingan yang berlaku. Kombinasi teknik dasar permainan bola basket, antara lain :
a. Variasi bermain bola basket.
b. Formasi permainan.
c. Pola permainan bola basket

B.      TEKNIK DASAR BOLA BASKET

NO
TEKNIK DASAR
GAMBAR
1
Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua tangan membentuk kuda-kuda dengan salah satu tangan di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.


http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRoRtSuYunzdERH7ZSVOSAcssO0n5PFBnst--8b8TeTlJI7m0zZcA  http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRZQindvzfnFO37ID2pj3qJKeIO3hJCLqgVMokV1oo9gUl-NVzsYw

2
Menggiring bola (dribbling ball) adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Caranya yaitu dengan memantulkan bola beberapa kali ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.


http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSymV4H6qqCS8iP1WpAMMFf-JzjAXeyiZUpkWvK0GD4HlGdSDMl   http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTj2SiLExyoZ55LlCUQK8ydvuYO_Cw00Yy_wZDrrmLSC8scP3SA

3
Hook adalah tehnik yang sangat efektif bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. Yaitu cara menembak dari samping dengan satu tangan. Jadi jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa agak jauh, tehnik ini sering dipakai oleh para pemain basket professional dengan keakuratan bisa mencapai 80%.

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQOg434QliC-3d_wg7AOecdnkt1MUVDbyIWPV_hD66CnJiqXkrA  http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQRlC6vHz6UpceZV8arYCjpfYu3WoUkefhRSiEPcicqDSCOJ7C4

4
Shooting adalah usaha memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan.

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSExnZqCQCkss3NYbxkPnHN9tJ8DzR6fjC-Z1AencVrUMouF_qA



C.    Variasi Bermain bola basket
1.      Driblling dilanjutkan dengan lay up shoot
Dalam permainan bola basket, lay up merupakan gerakan terakhir setelah mendrible bola. Adapun yang dimaksud dengan lay up adalah usaha menembak bola sedekat mungkin dengan ring/keranjang yang didahului dengan dua langkah. Jadi gerakan lay up ini biasanya dilakukan setelah menerima operan dari kawan atau terlebih dahulu melakukan driblling.
Adapun cara melakukan driblling dilanjutkan dengan lay up adalah sebagai berikut :
a.       Lakukan driblling ke depan beberapa langkah menuju ring.
b.      Pada waktu tangan kiri di depan, lakukan tolakan untuk melangkahkan tangan kanan sambil menangkap bola.
c.       Mendarat dengan tangan kanan dan langkahkan lagi tangan kiri sambil langsung menolak ke atas.
d.      Bersamaan dengan tolakan tangan kiri, luruskan lengan kanan yang memegang bola  ke atas.
e.       Lepaskan bola ke papan pantul tepat pada garis tegak lurus.
f.       Mendarat dengan dua tangan mengeper.

2.      Latihan menangkap bola dilanjutkan dengan lay up
Cara ini dilakukan hampir sama dengan mendrible dilanjutkan dengan lay up, hanya saja setelah menerima bola langsung melakukan dua langkah sambil melompat sedekat mungkin dengan ring. Saat melepaskan /menembakkan bola bisa dengan memantulkan bola kepapan atau langsung melepaskan bola ke dalam keranjang.
Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut :
a.       Pemain dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok sebagai pemberi bola dan satu kelompok sebagai penembak lay up.
b.      Pemberi bola tidak usah melemparkan bola tetapi cukup memegang bola dengan satu tangan lurus ke atas.
c.       Penembak berlari kemudian menolak dengan tangan kiri, tangan kanan melangkah panjang. Pada waktu badan melayang ambil bola dari tangan si pemberi.
d.      Lakukan dua langkah irama, langkah pertama panjang dan langkah ke dua pendek serta langsung menolak ke atas setinggi-tingginya.
e.       Luruskan lengan yang memegang bola ke atas, lepaskan bola ke papan pantul atau langsung dilepaskan tepat di atas ring.
f.       Lakukan pendaratan dengan kedua tangan secara mengeper.

Ada tiga macam latihan menagkap bola dilanjutkan dengan melakukan lay up :
1.      Menangkap bola dan operan berdua dilanjutkan dengan lay up.




2.      Menangkap bola dan operan bertiga dilanjutkan lay up.

3.      Latihan menangkap bola dengan lari bersilang

D.    Formasi Pemain
Permainan bola basket adalah permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari 5 orang pemain. Kelima pemain tersebut mempunyai posisi dan tugasnya masing-masing berbeda, adapun formasi pemainnya adalah 2 orang sebagai Guard  2 orang Forward dan 1 orang Center.
Posisi / formasi pemain tersebut adalah sebagai  berikut :
1.      Guard (penjaga belakang)
Seorang guard mempunyai tugas sebagai penjaga daerah belakang, tetapi tugasnya tidak hanya sebagai pemain belakang tetapi juga bisa sebagai pengumpan dan sekali  kali bisa menembak ke arah keranjang.
2.      Forward (pemain  depan)
Tugas seorang forward adalah menyusup ke pertahanan lawan. Posisi ini bertugas sebagai penyerang. Penyerang juga dapat membantu guard menghalangi lawan memasuki daerah pertahanan.
3.      Center (pemain tengah)
Tugas pokok center sebagai berikut :
a.       Membendung / menahan tembakan lawan.
b.      Melakukan rebound, yaitu berusaha menguasahi / menangkap bola setelah suatu  tembakan gagal dilakukan.
c.       Menjadi target/sasaran operan teman seregu ketika berada di daerah pertahanan  lawan.


E.     Taktik dan Strategi permainan Bola Basket
Taktik dan strategi permainan bola basket terdiri dari dua macam yaitu pola penyerangan dan pola pertahanan.
1.      Pola Penyerangan
Tujuan dari permainan bola basket adalah berusaha memasukkan bola ke keranjang lawan sebanyak-banyaknya dan menjaga keranjangnya agar tidak kemasukan bola dari serangan lawan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu adanya pola penyerangan dan pola pertahanan yang disusun secara baik dan sistematis sehingga akan membawa keberhasilan bagi regu yang bertanding.
          Adapun pola penyerangan tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Set Offence
Serangan yang direncanakan dan dibangun dari awal sampai akhir (finishing Tought ).
b.      Fast Break.
Serangan yang dilakukan secara serentak dan cepat sebelum lawan sempat membuat pola pertahanannya. Tujuannya dengan menempatkan satu atau dua orang  pernyerang dalam posisi bebas mencetak gol.
c.       Shuffle
Suatu system penyerangan yang dilakukan oleh semua pemain dari satu regu bergerak dari satu posisi ke tempat lain secara teratur sesuai rencana guna mendapatkan kesempatan mencetak gol.
d.      Double pivot offence
Cara menyerang suatu tim dengan menempatkan dua pemain masing-masing berada jauh di sudut daerah pertahanan lawan, satu di ujung kiri dan satu ujung kanan.
e.       Give and go Weave
Serangan bergelombang datang  dan pergi, yaitu cara menyerang suatu regu yang melibatkan lima pemain untuk terus bergerak sambil saling mengoper guna mencapai lubang pertahanan lawan.
f.       Drive / Driving
Gerakan cepat yang agresif, yaitu seorang penyerang mendrible bola sambil menerobos ke basket lawan dengan keinginan besar untuk mencetak gol.
   Pola pertahanan.
Tujuan dari pertahanan adalah menjaga daerahnya agar tidak terjadi gol ke dalam ringnya . Pola pertahanan antara lain sebagai berikut :
a.       Zona Defence
Sistem pertahanan daerah dimana para pemain selain harus memperhatikan daerah yang harus dijaganya, juga harus mengawasi bola di daerahnya. 
b.      Man to Man defence
Pertahanan orang per orang, system pertahanan yang menggunakan taktik satu pemain  menjaga satu pemain secara ketat.
c.       Screen swich defence
Pertahanan anti tirai, anti screen, suatu kombinasi dari pertahanan daerah (Zona Defence) dan pertahanan orang per orang (man to man) untuk menghadapi teknik screen lawan.

TUGAS
1.    Jika Kalian sedang bermain bola basket, berada dalam situasi sedang menguasai bola tiba-tiba pemain lawan datang untuk merebut bola, apa yang akan kalian lakukan!
2.    Dalam suatu permainan bola basket diperlukan kemampuan mengumpan jarak jauh, bagaimanakah cara melakukannya, dan apakah kegunaan dari teknik ini?
3.    Lakukan perintah berikut dan tuliskan kesimpulannya dari apa yang terjadi!
a.       Dengan menggunakan tangan lempar  bola, jangan lupa badan dicondongkan ke depan!
b.      Dengan menggunakan tangan,lempar bola, dan badan tetap tegak!
c.       Dengan menggunakan ujung tangan,lempar bola, dengan mencondongkan badan sedikit ke belakang!
4.    Tuliskan pada selembar kertas, untuk melakukan umpan jarak jauh manakah pilihan yang tepat, jelaskan mengapa?









RANGKUMAN
Bola basket adalah permainan olahraga beregu yang dimainkan setiap regu 5 orang. Dalam permainan bola basket, para pemain menggunakan keterampilan tangannya dan anggota badan lainnya kecuali boleh seluruh bagian tubuhnya. Dalam perkembangannya bola basket ketujuhan dan kelimaan sering dimainkan di dalam ruangan dengan nama indoor soccer atau yang sedang berkembang dan semarak sekarang adalah 3 0n 3.
Tujuan dari dipelajarinya bahasan mengenai  teknik dasar permainan bola basket berupa CHAST PASS, CARA PEGANG BOLA BASKET, DRIBLE ini agar Kalian dapat menggunakan dalam bermain bola basket. Teknik dasar dalam bola basket banyak macamnya mulai dari, CHAST PASS, CARA PEGANG BOLA BASKET, DRIBLE dengan menggunakan berbagai anggota tubuh, arah, jarak, dan berbagai hal yang terkait di dalamnya

No.
Pernyataan








1.
Saya telah dapat menjelaskan pengertian permainan bola basket



2.
Saya telah mengenali berbagai teknik dasar dalam bola basket



3.
Saya dapat menjelaskan cara melakukan berbagai teknik dasar bola basket



4.
Saya dapat menjelaskan kegunaan masing-masing teknik dasar yang saya kuasai



5.
Saya dapat melakukan berbagai teknik dasar dalam permainan bola basket



6.
Saya dapat menggunakan berbagai teknik dasar dalam permainan bola basket



7.
Saya dapat menjelaskan berbagai kesalahan yang sering terjadi di berbagai jenis teknik dasar permainan bola basket



Penguasaan terhadap berbagai teknik dasar ini merupakan bagian untuk membangun keterampilan secara utuh dalam bermain bola basket. Penguasaan berbagai teknik dasar diperlukan untuk mengantisipasi berbagai permasalah yang timbul saat permainan berlangsung. Ketidakmampuan menguasai berbagai jenis teknik dasar akan mengurangi alternative dalam menemukan solusi yang diperlukan.





            Guru Pamong                                                              Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                           Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                  1211040033                           


Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282



Tidak ada komentar:

Posting Komentar