Jumat, 20 November 2015

Silabus sma 5

KURIKULUM 2013 SMA/MA/SMK/SMAK
 



 

 SILABUS

       SMA NEGERI 5 BANDA ACEH
 


























 





Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI
Kompetensi Inti        :    Permainan Bola Besar    
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1     Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2     Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.






















2.1     Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2     Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3     Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4     Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5     Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6     Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7     Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.


3.3     Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.

4.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik.



Sepakbola





































Mengamati
·       Mencari dan membaca informasi variasi dan kombinasi teknik teknik permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, dan
·       Mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, , dan menembak bola ke gawang) dan membuat catatan hasil pengamatan, atau
·       Bermain sepak bola dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang kekuatan dan kelemahan variasi dan kombinasi (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.

Menanya
·       Secara bergantian saling bertanya tentang teknik dasar sepak bola, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang) dengan menendang pada bagian bawah/dasar bola “bagaimana pergerakan bola?”, apa yang akan terjadi bila menendang pada titik tengah bola, berpakah kekuatan yang diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan di tuju.
·       Secara bergantian saling bertanya tentang manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola.

Eksplorasi
·       Mengumpan bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil bergerak secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain
·       Mengontrol bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
·       Mengontrol bola dengan berbagai bagian tubuh
·       Menggiring bola dengan berbagai variasi menggungkan satu kaki secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
·       Menggiring bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
·       Menembak bola dengan berbagai variasi dari berbagai sudut gawang
·       Mengkombinasikan gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri
·       Mendiskusikan setiap teknik dasar keterampilan gerak sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·       Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan  yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar  permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·       Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar   permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
·       Membandingkan hasil pengamatan pertandingan sepak bola (langsung atau TV) dengan penampilan gerak di kelas dalam (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) hingga menemukan pola yang paling sesuai untuk diterapkan di dalam permainan.
·       Menemukan variasi pola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
·       Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain., merobah posisi/bagian kaki yang berkenaan dengan bola.

Mengkomunikasikan
·       Melakukan permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























6x45 menit















































































6 X 45 Menit









6x45 menit







































































































































































·   Bola sepak
·   Lapangan sepakbola
·   Tiang gawang
·   Tiang pancang
·   Peluit
·   TV
·   Video
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI,

























Bolavoli

Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi berkaiatan dengan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permaian bola voli dari berbagai sumber media cetak atau elektronik
·      Peserta didik mengamati pertandingan bola voli secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash).
·      Peserta didik bermain bola voli dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang tentang variasi dan kombinasi (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang teknik variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan cara 1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2 untuk  (passing bawah, passing atas, servis, dan smash), manakah yang lebih hasilnya, bagaiman pergerakan bola bila merobah titik perkenaan bola dengan tangan, bagaimana pergerakan bola bila merobah posisi togok dalam melakukan gerakan (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)?
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola voli
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bola voli

Eksplorasi
·      Melakukan passing bawah dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Melakukan passing atas dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Melakukan servis dengan berbagai variasi secara individual dan berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Melakukan smesh dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Mengkombinasikan gerak melompat dan memukul bola
·      Mendiskusikan setiap teknik dasar variasi teknik permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik variasi permaian bola voli permainan bola  voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
·      Menemukan hubungan perkenaan bola dengan tangan dengan jalannya/pergerakan bola saat melakukan passing
·      Menemukan hubungan posisi togok dengan jalannya/pergerakan bola
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam variasi dan kombinasi teknik  permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas


Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























·   Bola voli
·   Lapangan bolavoli
·   Net/jaring
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

Bolabasket

Mengamati
·       Mencari dan membaca informasi tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat laporannya.
·       Peserta didik mengamati pertandingan bola basket secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket).
·       Peserta didik bermain bola basket dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.

Menanya
·       Peserta didik secara bergantian saling mempertanyakan dalam kegiatan praktik tentang teknik dasar bola basket, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)   dengan cara 1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2 untuk  (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) manakah yang lebih hasilnya?
·       Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola basket terhadap kesehatan
·       Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola basket
·       Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bola basket

Eksplorasi
Variasi dan kombinasi bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)                   
·      Memantulkan bola dengan berbagai variasi menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dalam posisi di tempat dan bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·      Melemparkan bola dengan berbagai varisi menggunakan satu tangan dan dua tangan ke berbagai arah dalam posisi di tempat dan sambil bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·      Menembakan bola ke jaring dengan berbagai variasi menggunakan satu atau dua tangan dalam posisi diam dan bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·      Melakukan gerakan lay up dengan berbagai variasi menggunakan tangan kanan dan tangan kiri secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·      Melemparkan dan menangkap bola menggunakan satu atau dua tangan dengan berbagai variasi dalam posisi diam dan bergerak secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasaman, percaya diri, disiplin dan toleransi.
·       Mendiskusikan setiap teknik dasar keterampilan gerak bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·       Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar  permainan bola  basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·       Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar   permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
·       Membandingkan hasil pengamatan pertandingan bola basket (langsung atau TV) dengan penampilan gerak di kelas dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket).
·       Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain. 

Mengkomunikasikan
·       Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket ( melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) yang telah dipelajari serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























·   Bola basket
·   Lapangan bola basket
·   Ring/basket
·   Peluit
Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI








Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI
Kompetensi Inti        :    Permainan Bola Kecil
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.







2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7    Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.



3.2    Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola kecil   untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.

4.2    Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik.

Softball



































Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi berkaitan dengan teknik dasar permaian Softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, dan
·      Peserta didik mengamati pertandingan Softball secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul), atau
·      Peserta didik bermain softball dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut atau mengamati keterampilan teman (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dan membuat catatan hasil pengamatan

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling mempertanyakan tentang variasi teknik dasar permainan softball, misalnya : bagaimana jalannya bola jika cara memegang bola dirobah, apakah ketepatan lemparan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola, apakah jenis lemparan mempengaruhi ketepatan lemparan, apakah terdapat perbedaan dalam (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan softball terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan softball
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan softball

Eksplorasi
·      Berdasarkan data hasil pengamatan media TV/video atau  permainan teman, peserta didik mempraktikan berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sofball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan melempar dan  menangkap bola softball secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan memukul bola softball secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola softball secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan meunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Mendiskusikan setiap variasi dan kombinasi teknik permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dengan benar dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan sortball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
·      Membandingkan hasil pengamatan pertandingan softball (langsung atau TV/video) dengan penampilan gerak permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul)
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul)

Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan softball dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi  teknik permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan


Unjuk kerja:
Untuk mengukur Keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























6X 45 Menit


















































































6x45 menit























































































































































































































































·   Glove
·   Bola softball
·   Stik
·   Lapangan softball
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.






















Bulutangkis

Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan
·      Peserta didik mengamati pertandingan bulutangkis secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah).
·      .Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah), misalnya : bagaimana jalannya bola jika cara memegang raket dirobah, apakah ketepatan pukulan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola dan raket, apakah jenis pukulan mempengaruhi tingkat kesulitan pengembanlian bola, apakah terdapat perbedaan dalam bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bulutangkis terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bulutangkis
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bulutangkis

Eksplorasi
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, servis forehand dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek secara menyilang ke arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket, pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola lurus lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Mendiskusikan setiap variasi dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.

Mengasosiasi
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)

Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan bulutangkis dengan menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan farisai dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan


Unjuk kerja:
Untuk mengukur Keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























·   Raket
·   Shuttlecock
·   Lapangan bulutangkis
·   Net/jarring bulutangkis
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.

Tenis Meja
Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan.
·      Peserta didik mengamati pertandingan bulutangkis secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh).
·      Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh)  misalnya : bagaimana jalannya bola jika cara memegang bet dirobah, apakah ketepatan pukulan diperengaruhi oleh perubahan cara bet, apakah jenis pukulan mempengaruhi tingkat kesulitan pengembanlian bola, apakah terdapat perbedaan dalam Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh)  apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan Tenis Meja terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan Tenis Meja
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan Tenis Meja

Eksplorasi
·      Memperagakan berbagai variasi keterampilan gerak memegang bet, servis forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasi keterampilan gerak servis forehand dan backhand secara menyilang ke arah kanan dan kiri bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasi keterampilan gerak servis forehand dan backhand ke sasaran (target) yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasi keterampilan gerak memegang bet, pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasi keterampilan gerak memegang bet, pukulan forehand dan backhand arah bola menyilang meja yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasi keterampilan gerak memegang bet, pukulan forehand dan backhand bergerak ke kanan dan ke kiri arah bola menyilang/lurus yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau dalam kelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Mendiskusikan setiap variasi dan kombinasi teknik permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.

Mengasosiasi
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) 

Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan  tenis meja dengan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan berbagai variasi dan kombinasi teknik permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh)dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan

Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas:
Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























·   Bet/pemukul
·   Bola ping-pong
·   Meja ping-pong
·   Net/jarring tenis meja
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.




 

1.      Mata Pelajaran  :       Penjasorkes
2.      Kelas              :    XI
3.      Kompetensi Inti :       Atletik (Nomor Lompat)
4.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
5.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
6.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
7.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.








2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.




3.1 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompatdan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
.
4.3    Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak yang baik.

Atletik (Lompat jauh)




























































Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik perlombaan lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan, dan
·      Peserta didik mengamati perlombaan lompat jauh gaya berjalan di udara secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat), atau
·      Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan.

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik lompat jauh gaya menggantung di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat)   misalnya : apakah teknik tumpuan mempengaruhi kemampuan melompat, apakah jauhnya awalan mempengaruhi tingginya lompatan, apakah terdapat perbedaan   apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat olahraga cabang atletik lompat jauh terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam olahraga cabang atletik lompat jauh
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan olahraga cabang atletik lompat jauh

Eksplorasi
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan/ancang-ancang lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tumpuan lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan saat melayang di udara lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan mendarat lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara berkelompok.
·      Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi olahraga atletik lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat).

Mengkomunikasikan
·      Melakukan perlombaan lompat jauh menggunakan gaya berjalan di udara dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung-jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























6x45 menit





















































































6x45 menit














































































































·   Lintasan/track atletik
·   Bak lompat jauh
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.




















































Atletik (Lompat Tinggi)

Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik perlombaan lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan, dan
·      Peserta didik mengamati perlombaan lompat tinggi gaya straddle secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan), atau
·      Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan.

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan)   misalnya : apakah teknik tumpuan mempengaruhi kemampuan melompat, apakah tingginya awalan mempengaruhi tingginya lompatan, apakah terdapat perbedaan   apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat olahraga cabang atletik lompat tinggi terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam lompat tinggi
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan lompat tinggi gaya straddle.

Eksplorasi
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan lompat tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tumpuan lompat tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan sikap tubuh di atas mistar lompat tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan sikap tubuh saat mendarat lompat tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan dan tumpuan lompat tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan, tumpuan dan sikap tubuh di atas mistar lompat tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan, tumpuan, sikap tubuh di atas mistardan sikap tubuh saat mendarat lompat tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Menjelaskan variasi dan kombinasi lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara berkelompok.
·      Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi olahraga atletik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat)


Mengkomunikasikan
·      Melakukan perlombaan lompat tinggi gaya straddle dengan menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























·   Lintasan/track atletik
·   Bak lompat tinggi
·   Tiang mistar
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.









Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI
Kompetensi Inti        :    Beladiri
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.







2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.


3.4        Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan  olahraga beladiri  untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.

4.4        Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.


Beladiri (Pencak Silat)
Mengamati:
·       Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi gerakan memukul, menendang, menangkis, dan mengelak dalam olahraga beladiri pencak silat  melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·       Peserta didik mengamati berbagai variasi dan kombinasi gerakan memukul, menendang, menangkis, dan mengelak dalam olahraga beladiri pencak silat yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten

Menanya:
·       Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi gerakan memukul, menendang, menangkis, dan mengelak dalam olahraga beladiri pencak silat selanjutnya bertanya/mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
·       Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan beladiri pencak silat dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·       Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan beladiri pencak silat dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengeksplor:
·       Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan pukulan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·       Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tendangan secara ber-pasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·       Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan pukulan dan tangkisan, dan elakan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung-jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·       Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tendangan dan elakan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·       Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain

Mangasosiasi:
·       Peserta didik dapat memilih/memutuskan jenis pukulan, tendangan, tengkisan, dan elakan sesuai dengan kepentingannya.
·       Peserta didik dapat membandingkan jenis pukulan, tendangan, tengkisan, dan elakan.

Mangkomunikasikan:
·       Melakukan pertandingan pencak silat dengan menerapkan tekni yang telah didapaykannya menggunakan peraturan sesungguhnya dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























6x45 menit

·   Ruangan atau halaman sekolah
·   Arena pencak silat
·   Goong
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.












Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI
Kompetensi Inti        :    Senam Ketangkasan
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.







2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.


3.5       Menganalisis dua jenis rangkaikan keterampilan senam. lantai untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.

4.5       Mempraktikkan dua jenis rangkaikan keterampilan senam lantai  dengan koordinasi gerak yang baik.

Senam Ketangkasan
Mengamati
·      Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang gerakan senam ketangkasan menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·      Peserta didik mengamati berbagai gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten

Menanya
·      Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan berbagai informasi tentang  gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) selanjutnya bertanya/mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
·      Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengeksplor
·      Peserta didik memperagakan rangkaian gerakan lompat kangkang berulang ulang secara perorangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
·      Peserta didik memperagakan gerakan lompat jongkok berulang ulang secara perorangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

Mangasosiasi
·      Peserta didik membandingkan faktor kesulitan antarai gerakan lompat kangkang dengan lompat jongkok pada senam ketangkasn

Mangkomunikasikan
·      Memperagakan gerakan kangkang dan lompat jongkok dengan melewati kuda-kuda lompat atau punggung teman yang membungkuk sesuai denga ten yang telah dipelajarinya dalam bentuk perlombaan dengan menunjukkan perilaku  percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























6x45 menit

·   Lapangan
·   Matras senam
·   Kuda-kuda lompat
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.








 


Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI


Kompetensi Inti        :    Senam Ritmik
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.







2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.


3.6      Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan rangkaian aktivitas gerak ritmik  untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.

4.6      Mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik dengan koordinasi gerak yang baik.

Aktivitas Senam Ritmik
Mengamati
·       Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan melalui Video, TV ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·       Peserta didik mengamati berbagai variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten

Menanya
·       Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan berbagai informasi tentang  variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan selanjutnya mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
·       Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan berbagai variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan i dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·       Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan variasi dan kombinasi rangkaian gerakan ritmik dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengeksplor:
·       Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki pada aktivitas ritmik tanpa menggunakan alat secara berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.
·       Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa menggunakan alat secara berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.
·       Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas rimik tanpa menggunakan alat secara berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika

Mangasosiasi:
·       Memilih rangkain gerakan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas rimik sesuai dengan kemampuan.

Mangkomunikasikan:
·       Melakukan perlombaan senam rimik tanpa menggunakan alat  dengan menunjukkan perilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika sesuai dengan teknik yang telah dipelajari.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan

Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak


























6x45 menit

·   Lapangan
·   Tipe recorder
·   Kaset senam ritmik
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.

















 

 





 

 

 

 

 


 



 


Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI
Kompetensi Inti        :    Aktifitas Kebugaran
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.







2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.


3.7  Menganalisis konsep latihan, pengukuran, dan hasil pengembangan komponen kebugaran jasmani.

4.7 Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Aktivitas Kebugaran
Mengamati
·      Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang komponen kebugaran jasmani (kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kekuatan) terkait kesehatan dan keterampilan melalui video, TV ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·      Peserta didik mengamati gerakan kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kekuatan pada komponen kebugaran jasmani  terkait kesehatan dan keterampilan yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten.

Menanya
·      Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan berbagai informasi tentang komponen kebugaran jasmani (kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kekuatan selanjutnya mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
·      Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kekuatan pada komponen kebugaran jasmani dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Menjelaskan komponen kebugaran jasmani (kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kekuatan) terkait kesehatan dan keterampilan dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara berkelompok.
·      Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan latihan kebugaran jasmani dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan latihan kebugaran jasmani dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengeksplor
·      Memperagakan latihan kelentukan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
·      Memperagakan latihan keseimbangan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
·      Memperagakan latihan kecepatan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
·      Memperagakan latihan kelincahan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
·      Memperagakan latihan daya tahan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
·      Memperagakan latihan kekuatan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.

Mengasosiai
·      Memilih bentuk latihan kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kekuatan yang cocok sesuai dengan kemapuannya.

Menkomunikasikan
·      Melakukan tes kebugaran jasmani lari cepat 60 meter, angkat tubuh/60 detik, baring duduk/60 detik, loncat tegak, lari jauh/1.000 pi dan 1.200 m pa dengan menerapkan teknik yan telah dipelajarinya.
·      Melakukan perlombaan latihan kebugaran jasmani dengan sistem sirkuit sesuai tekniknya dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan aktivitas.


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























6X45 Menit

·   Lapangan
·   Palang tunggal
·   Matras senam
·   Formulir tes
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.










 



Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI
Kompetensi Inti        :    Renang
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.







2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3  perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.


3.8    Menganalisis keterampilan tiga gaya renang yang berbeda, dan mengidentifikasi teknik dan peralatan yang digunakan untuk tindakan penyelamatan di air. *
 4.8 Mempraktikkan keterampilan tiga gaya renang yang berbeda dengan koordinasi yang baik, dan teknik penyelamatan kecelakaan di air dengan menggunakan peralatan yang ada (tali, pelampung, galah, skoci dan lain sebagainya).*

Aktivitas Renang Gaya Dada
Mengamati
·      Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang teknk dasar renang gaya dada melalui vidio, TV ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·      Peserta didik mengamati gerakan kaki, ayuan lengan, cara pengambilan nafas renang gaya dada yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainna yang berkompeten.

Menanya
·      Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan teknik dasar renang gaya dada selanjunya mendiskusikan dan membuat laoran secara kelompok
·      Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan renang gaya dada dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan renang gaya dada dengan benar dan membuat  kesimpulannya.
·      Menjelaskan keterampilan penyelamatan kecelakaan di air dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara berkelompok.
·      Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan penyelamatan kecelakaan di air dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan penyelamatan kecelakaan di air dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Eksplorasi
·      Memperagakan teknik gerakan kaki renang gaya dada secara individu atau berpasangan dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan tanggungjawab.
·      Memperagakan teknik gerakan lengan renang gaya dada secara individu atau berpasangan dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan tanggungjawab.
·      Memperagakan rangkaian gerakan kaki dan lengan renang gaya dada secara individu atau berpasangan dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan tanggungjawab.
·      Memperagakan rangkaian gerakan kaki, lengan, dan mengambil napas renang gaya dada secara individu atau berpasangan dan berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan tanggungjawab.

Asosisasi
·      Memilih cara bernapas yang baik dan praktis dalam melakukan gerakan renang gaya dada.

Mengkomnikasikan
·      Melakukan perlombaan renang gaya dada menempuh jarak (50 m atau 100 m) dengan menerapkan teknik dasar yang telah dipelajari dalam bentuk perlombaan dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan tanggungjawab.
·      Memperagakan keterampilan penyelamatan kecekaan di air  dengan menerapkan tekik penyelamatan yang dipelaara secara berpasangan atau berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan tanggungjawab
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan aktivitas


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

























6x45 menit

·   Kolam renang
·   Pelampung renang
·   Kaca mata renang
·   Alat-alat penyelamatan di air
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.











 



Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI
Kompetensi Inti        :    Makanan Dan Minuman Sehat
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.







2.8   Memiliki perilaku hidup sehat  dalam memilih makanan dan minuman, penyalahgunaan obat-obatan, kebersihanan alat reproduksi,  dan pemanfaatan waktu luang

3.9  Menganalis berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

4.9  Menyajikan hasil analisis berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Makanan dan Minuman sehat
Mengamati
·       Peserta didik mencari dan membaca berbagai informasi tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan tubuh dari media cetak dan atau elektronik.

Menanya
·       Peserta didik mendiskusikan tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan.
·       Peserta didik mendiskusikan tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Eksplorasi
·       Mendiskusikan kandungan gizi makanan yang dikonsumsi sehari-hari
·       Mendiskusikan dampak pola makan yang tidak sehat terhadap kesehatan.
·       Mendiskusikan zat-zat makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
·       Mengidentifikasi fungsi makanan sebagai zat tenaga/energi, zat pembangun, dan zat pengatur

Mengasosiasi
·         Menemukan hubungan antara jenis makanan, gizi, kesehatan dan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Mengkomunikasikan
·       Memaparkan hasil analisis berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Observas:
Untuk mengukur perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep

Tes:
Konsep makanan dan minuman sehat














6x45 menit

·   Laktop
·   LCD
·   Alat praga
·   Poster
Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,









 



Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI
Kompetensi Inti        :    Penceganhan Penyakit  Melalui Aktifitas Fisik
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.







2.8  Memiliki perilaku hidup sehat  dalam memilih makanan dan minuman, penyalahgunaan obat-obatan, kebersihanan alat reproduksi,  dan pemanfaatan waktu luang.


3.10     Menganalisis  peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.

4.10     Menyajikan hasil analisis  peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.
Pencegahan penyakit melalui aktivitas fisik
Mengamati
·       Peserta didik mencari dan membaca berbagai informasi tentang tentang pengaruh aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan dari media cetak dan atau elektronik serta membual laporannya.

Menanya
·       Peserta didik saling bertanya tentang pengaruh aktivitas fisik terhadap kesehatan, dan kaitannya dengan pengurangan biaya kesehatan.

Eksplorasi
·       Mengidentifikasi jenis aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan.
·       Mengidentifikasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurang gerak.
·       Mengidentifikasi hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan organ paru, jantung, dan peredaran darah.

Mengasosiasi
·         Menemukan hubungan antara dampak aktivitas fisik dengan  kesehatan, penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.
·         Membuat laporan hasil diskusi dan power point tentang hubungan antara dampak aktivitas fisik, kesehatan dan pengurangan biaya perawatan kesehatan secara berkolompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas






Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas.
·        

Observas:
Untuk mengukur perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep

Tes:
Konsep makanan dan minuman sehat














6x45 menit

·   Laktop
·   LCD
·   Alat praga
·   Poster
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,
































 



Mata Pelajaran         :    Penjasorkes
Kelas                          :    XI
Kompetensi Inti        :    Narkoba dan Psikotropika
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.







2.8   Memiliki perilaku hidup sehat  dalam memilih makanan dan minuman, penyalahgunaan obat-obatan, kebersihanan alat reproduksi,  dan pemanfaatan waktu luang

3.11     Mengidentifikasi  jenis-jenis dan menganalisis bahaya penggunaan NARKOBA dan psikotropika terhadap diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas

4.11     Menyajikan hasil identifikasi dan analisis  bahaya penggunaan NARKOBA dan psikotropika terhadap dirinya, keluarga dan masyarakat luas
Narkoba dan Psikotropika
Mengamati
·       Peserta didik diberikan tugas untuk mencari dan membaca berbagai informasi tentang berbagai jenis narkoba dan psikotropika dari media cetak dan atau elektronik serta membual laporannya.

Menanya
·       Peserta didik saling bertanya tentang dampak penggunaan narkoba dan psikotropika terhadap kesehatan.

Eksplorasi
·       Mengidentifikasi bahaya, jenis-jenis dan penggolongan Narkoba yang sering disalahgunakan oleh kaum remaja secara individu.
·       Mengidentifikasi bahan-bahan dan cara pembuatan Narkoba yang populer di Indoensia secara individu.
·       Mengidentifikasi ciri-ciri orang yang ketergantungan pada Narkoba secara individu.
·       Mengidentifikasi tahapan-tahapan ketergantungan terhadap Narkoba secara individu.
·       Mendiskusikan bahan-bahan/ informasi tentang  bahaya, jenis-jenis, penggolongan, bahan-bahan dan cara pembuatan, ciri-ciri  orang ketergantungan dan tahapan-tahapan ketergantungan terhadap Narkoba secara berkolompok  dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas

Mengasosiasi
·         Menemukan hubungan antara dampak penggunaan narkoba dan psikotropika terhadap kesehatan.
·         Membuat laporan hasil diskusi dan power point tentang bahaya, jenis-jenis, penggolongan, bahan-bahan dan cara pembuatan, ciri-ciri  orang ketergantungan dan tahapan-tahapan ketergantungan terhadap Narkoba dan psikotropika secara berkolompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas

Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas.

Observas:
Untuk mengukur perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep

Tes:
Konsep makanan dan minuman sehat














1 X 45 Menit

·   Laktop
·   LCD
·   Alat praga
·   Poster
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,







Tidak ada komentar:

Posting Komentar