KURIKULUM
2013 SMA/MA/SMK/SMAK
|
|
SILABUS
|
SMA NEGERI 5 BANDA ACEH
|
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti :
Permainan Bola Besar
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak
dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara
dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
||
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan
kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam
penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari
suatu permainan.
|
|||||||
3.3 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola
besar dengan koordinasi gerak yang baik.
|
Sepakbola
|
Mengamati
· Mencari dan
membaca informasi variasi dan kombinasi teknik teknik permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dari
berbagai sumber media cetak atau elektronik, dan
· Mengamati
pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat
catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, , dan menembak bola ke gawang) dan membuat catatan hasil
pengamatan, atau
· Bermain sepak
bola dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan
tentang kekuatan dan kelemahan variasi dan kombinasi (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang dilakukan oleh temannya selama
bermain.
Menanya
· Secara
bergantian saling bertanya tentang teknik dasar sepak bola, misalnya :
bagaimana jalannya bola jika (mengumpan,
mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang) dengan
menendang pada bagian bawah/dasar bola “bagaimana pergerakan bola?”, apa yang
akan terjadi bila menendang pada titik tengah bola, berpakah kekuatan yang
diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan di tuju.
· Secara
bergantian saling bertanya tentang manfaat permainan sepak bola terhadap
kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak
bola.
Eksplorasi
· Mengumpan bola
dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil
bergerak secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan
nilai kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain
· Mengontrol
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual,
berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan bertanggung jawab dan
disiplin
· Mengontrol
bola dengan berbagai bagian tubuh
· Menggiring bola
dengan berbagai variasi menggungkan satu kaki secara individual dengan
menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
· Menggiring
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara
individual dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
· Menembak bola
dengan berbagai variasi dari berbagai sudut gawang
· Mengkombinasikan
gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri
·
Mendiskusikan setiap
teknik
dasar keterampilan gerak sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan
menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan
kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan,
mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang
sering dilakukan saat melakukan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·
Membandingkan
hasil pengamatan pertandingan sepak bola (langsung atau TV) dengan penampilan
gerak di kelas dalam (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan
menembak bola ke gawang) hingga menemukan pola yang paling sesuai untuk
diterapkan di dalam permainan.
·
Menemukan
variasi pola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang paling sesuai
untuk kebutuhan sendiri
· Menemukan dan
menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dengan
menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain., merobah posisi/bagian kaki yang
berkenaan dengan bola.
Mengkomunikasikan
·
Melakukan permainan sepakbola
dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke
gawang serta menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur
keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
6x45 menit
6 X 45 Menit
6x45 menit
|
·
Bola sepak
·
Lapangan sepakbola
·
Tiang gawang
·
Tiang pancang
·
Peluit
·
TV
·
Video
·
Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI,
|
||
Bolavoli
|
Mengamati
· Mencari dan
membaca informasi berkaiatan dengan tentang variasi dan kombinasi teknik
dasar permaian bola voli dari berbagai sumber media cetak atau elektronik
· Peserta didik
mengamati pertandingan bola voli secara langsung dan atau di TV dan membuat
catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash).
· Peserta didik
bermain bola voli dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan
membuat catatan tentang tentang variasi dan kombinasi (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.
Menanya
· Peserta didik
secara bergantian saling bertanya tentang teknik variasi dan kombinasi teknik
dasar bola voli, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) dengan
cara 1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2 untuk (passing bawah,
passing atas, servis, dan smash), manakah yang
lebih hasilnya, bagaiman pergerakan bola bila merobah titik perkenaan bola
dengan tangan, bagaimana pergerakan bola bila merobah posisi togok dalam
melakukan gerakan (passing bawah, passing atas,
servis, dan smash)?
· Peserta didik
saling bertanya tentang manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan
· Peserta didik
saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam
permainan bola voli
· Peserta didik
saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan
keterampilan variasi dan kombinasi permainan bola voli
Eksplorasi
· Melakukan
passing bawah dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan
berkelompok dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Melakukan
passing atas dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan
berkelompok dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Melakukan
servis dengan berbagai variasi secara individual dan berpasangan dengan
menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Melakukan
smesh dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok
dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Mengkombinasikan
gerak melompat dan memukul bola
·
Mendiskusikan setiap
teknik
dasar variasi teknik permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis,
dan smash) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan
kesalahan-kesalahan
yang sering dilakukan saat melakukan teknik variasi permaian bola voli permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis,
dan smash) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan
bagaimana cara
memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·
Menemukan
hubungan perkenaan bola dengan tangan dengan jalannya/pergerakan bola saat
melakukan passing
·
Menemukan
hubungan posisi togok dengan jalannya/pergerakan bola
·
Menemukan dan menetapkan pola
yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam variasi dan
kombinasi teknik permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis,
dan smash) dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
Mengkomunikasikan
· Melakukan
permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan
kombinasi teknik permainan bola voli (passing
bawah, passing atas, servis, dan smash) serta menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur
keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
· Bola voli
· Lapangan bolavoli
· Net/jaring
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI
|
||||
Bolabasket
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi tentang teknik
variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dari berbagai
sumber media cetak atau elektronik dan membuat laporannya.
·
Peserta didik mengamati pertandingan bola basket
secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang teknik variasi dan
kombinasi teknik permainan bola basket (melempar,
menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket).
·
Peserta didik bermain bola basket dan yang lainnya
mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang teknik variasi
dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) yang
dilakukan oleh temannya selama bermain.
Menanya
· Peserta didik secara bergantian saling mempertanyakan dalam
kegiatan praktik tentang teknik dasar bola basket, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak bola ke ring basket) dengan cara 1, apa yang akan terjadi bila
menggunakan cara 2 untuk (melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak bola ke ring basket) manakah yang lebih
hasilnya?
·
Peserta didik saling bertanya tentang manfaat
permainan bola basket terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot
yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola basket
·
Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana
bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi
permainan bola basket
Eksplorasi
Variasi dan kombinasi bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak bola ke ring basket)
·
Memantulkan
bola dengan berbagai variasi menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dalam
posisi di tempat dan bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai
percaya diri dan disiplin.
·
Melemparkan
bola dengan berbagai varisi menggunakan satu tangan dan dua tangan ke
berbagai arah dalam posisi di tempat dan sambil bergerak secara individu
dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·
Menembakan
bola ke jaring dengan berbagai variasi menggunakan satu atau dua tangan dalam
posisi diam dan bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya
diri dan disiplin.
·
Melakukan
gerakan lay up dengan berbagai variasi menggunakan tangan kanan dan tangan
kiri secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·
Melemparkan
dan menangkap bola menggunakan satu atau dua tangan dengan berbagai variasi
dalam posisi diam dan bergerak secara berpasangan atau berkelompok dengan
menunjukkan nilai kerjasaman, percaya diri, disiplin dan toleransi.
·
Mendiskusikan setiap
teknik
dasar keterampilan gerak bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak bola ke ring basket) dengan
benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan
kesalahan-kesalahan
yang sering dilakukan saat melakukan teknik
dasar permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak bola ke ring basket) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·
Membandingkan
hasil pengamatan pertandingan bola basket (langsung atau TV) dengan
penampilan gerak di kelas dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket).
· Menemukan dan
menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket)
dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Mengkomunikasikan
· Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket ( melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) yang
telah dipelajari serta menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur
keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
· Bola basket
· Lapangan bola basket
· Ring/basket
· Peluit
Sumber:
Buku Penjasorkes SMA Kelas XI
|
||||
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti : Permainan
Bola Kecil
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan
kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam
penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari
suatu permainan.
|
||||||
3.2 Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang
baik.
4.2
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan
dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang
baik.
|
Softball
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi berkaitan dengan
teknik dasar permaian Softball (melempar, menangkap, berlari ke
base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dari
berbagai sumber media cetak atau elektronik, dan
·
Peserta didik mengamati pertandingan Softball secara langsung dan atau di TV dan
membuat catatan tentang variasi dan
kombinasi teknik dasar (melempar, menangkap,
berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul), atau
·
Peserta didik bermain softball dan yang lainnya
mengamati pertandingan tersebut atau mengamati keterampilan teman (melempar, menangkap, berlari ke
base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dan
membuat catatan hasil pengamatan
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian saling
mempertanyakan tentang variasi teknik dasar permainan softball, misalnya :
bagaimana jalannya bola jika cara memegang bola dirobah, apakah ketepatan
lemparan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola, apakah jenis
lemparan mempengaruhi ketepatan lemparan, apakah terdapat perbedaan dalam (melempar, menangkap, berlari ke
base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) apabila
menggunakan pendekatan yang berbeda.
·
Peserta didik saling bertanya tentang manfaat
permainan softball terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot
yang dominan yang dipergunakan dalam permainan softball
·
Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana
bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi
permainan softball
Eksplorasi
·
Berdasarkan data hasil pengamatan media TV/video
atau permainan teman, peserta didik
mempraktikan berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sofball
(melempar, menangkap, berlari ke
base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dengan
menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan melempar dan menangkap bola softball secara berpasangan
atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan memukul bola softball secara berpasangan
atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola
softball secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan meunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Mendiskusikan setiap
variasi dan kombinasi teknik permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·
Mendiskusikan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dengan benar dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang
sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan
sortball (melempar, menangkap,
berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·
Membandingkan
hasil pengamatan pertandingan softball (langsung atau TV/video) dengan
penampilan gerak permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke
base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul)
·
Menemukan dan menetapkan pola
yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan
(melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul)
Mengkomunikasikan
· Melakukan
permainan softball dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya
dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke
base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) serta
menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur
Keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
6X
45 Menit
6x45
menit
|
· Glove
· Bola softball
· Stik
· Lapangan softball
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
|
Bulutangkis
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi tentang variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service,
pukulan atas, dan pukulan bawah) dari berbagai sumber media cetak atau
elektronik dan membuat catatan/laporan
·
Peserta didik mengamati pertandingan bulutangkis
secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permainan
bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas,
dan pukulan bawah).
·
.Peserta didik mengamati tentang variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service,
pukulan atas, dan pukulan bawah) yang diperagakan oleh guru atau salah satu
perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian saling bertanya
tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah),
misalnya : bagaimana jalannya bola jika cara memegang raket dirobah, apakah
ketepatan pukulan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola dan raket,
apakah jenis pukulan mempengaruhi tingkat kesulitan pengembanlian bola,
apakah terdapat perbedaan dalam bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi
berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah) apabila menggunakan
pendekatan yang berbeda.
·
Peserta didik saling bertanya tentang manfaat
permainan bulutangkis terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot
yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bulutangkis
·
Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana
bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi
permainan bulutangkis
Eksplorasi
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket,
servis forehand dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara
berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek
secara menyilang ke arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan
dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket,
pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam
bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand sambil bergerak
ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara
berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi
yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola lurus
lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam
kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola
menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan
atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam
bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket,
servis forehand dan backhand yang dilakukan dalam bentuk bermain secara
berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak servis pendek
secara menyilang ke arah kanan dan kiri pada bidang servis yang dilakukan
dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket,
pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam
bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan forehand arah bola menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk
bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan forehand sambil bergerak
ke kanan dan ke kiri lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara
berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi
yang baik dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola lurus
lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan atau dalam
kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
pola keterampilan gerak memegang raket dan pukulan backhand arah bola
menyilang lapangan yang dilakukan dalam bentuk bermain secara berpasangan
atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan pola keterampilan gerak memegang raket dan
pukulan backhand sambil bergerak ke kanan dan ke kiri yang dilakukan dalam
bentuk bermain secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Mendiskusikan setiap
variasi dan kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas,
dan pukulan bawah) dan membuat
kesimpulan hasil diskusi.
· Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas,
dan pukulan bawah) dan membuat
kesimpulan hasil diskusi.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan
bulutangkis (pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas,
dan pukulan bawah) dan membuat
kesimpulan hasil diskusi.
Mengasosiasi
·
Menemukan dan menetapkan pola
yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi permainan bulutangkis
(pegangan raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan
bawah)
Mengkomunikasikan
· Melakukan
permainan bulutangkis dengan menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan farisai dan
kombinasi teknik permainan bulutangkis (pegangan
raket, footwork, posisi berdiri, service, pukulan atas, dan pukulan bawah)
dan membuat kesimpulan hasil diskusi.dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur
Keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
· Raket
· Shuttlecock
· Lapangan bulutangkis
· Net/jarring bulutangkis
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
|||
Tenis Meja
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi tentang variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dari berbagai sumber media cetak atau
elektronik dan membuat catatan/laporan.
·
Peserta didik mengamati pertandingan bulutangkis
secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh).
·
Peserta didik mengamati tentang variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) yang diperagakan oleh guru atau salah
satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian saling bertanya
tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang
raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) misalnya : bagaimana jalannya bola jika
cara memegang bet dirobah, apakah ketepatan pukulan diperengaruhi oleh
perubahan cara bet, apakah jenis pukulan mempengaruhi tingkat kesulitan
pengembanlian bola, apakah terdapat perbedaan dalam Tenis Meja (memegang
raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·
Peserta didik saling bertanya tentang manfaat
permainan Tenis Meja terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot
yang dominan yang dipergunakan dalam permainan Tenis Meja
·
Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana
bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi
permainan Tenis Meja
Eksplorasi
·
Memperagakan berbagai variasi
keterampilan gerak memegang bet, servis forehand dan
backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan
koordinasi yang baik secara
berpasangan dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan berbagai variasi
keterampilan gerak servis forehand dan backhand secara
menyilang ke arah kanan dan kiri bidang servis yang dilakukan dalam bentuk
bermain dengan
koordinasi yang baik secara
berpasangan dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan berbagai variasi
keterampilan gerak servis forehand dan backhand ke
sasaran (target) yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan
koordinasi yang baik secara
berpasangan dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
berbagai variasi keterampilan gerak memegang bet, pukulan
forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk
bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
berbagai variasi keterampilan gerak memegang bet, pukulan
forehand dan backhand arah bola menyilang meja yang dilakukan dalam bentuk
bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan berbagai variasi keterampilan gerak memegang bet, pukulan forehand dan backhand bergerak
ke kanan dan ke kiri arah bola menyilang/lurus yang dilakukan dalam bentuk
bermain dengan
koordinasi yang baik secara
berpasangan atau dalam kelompok dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Mendiskusikan setiap
variasi dan kombinasi teknik permainan Tenis Meja
(memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·
Mendiskusikan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis
Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
Mengasosiasi
·
Menemukan dan menetapkan pola
yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi permainan Tenis Meja
(memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh)
Mengkomunikasikan
·
Melakukan permainan tenis
meja
dengan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan
berbagai variasi dan kombinasi teknik permainan Tenis Meja (memegang raket,
pukulan forehand, backhand, servis, dan
smesh)dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur keterampilan
gerak aspek psikomotor
Observas:
Untuk mengukur
keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
· Bet/pemukul
· Bola ping-pong
· Meja ping-pong
· Net/jarring tenis meja
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
1. Mata Pelajaran : Penjasorkes
2. Kelas : XI
3.
Kompetensi Inti : Atletik (Nomor Lompat)
4.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
5.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
6.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
7.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||||||||
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
||||||||
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
|
|||||||||||||
3.1 Menganalisis variasi dan
kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompatdan
lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
.
4.3
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan
salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan
koordinasi gerak yang baik.
|
Atletik (Lompat jauh)
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi tentang variasi dan kombinasi teknik perlombaan
lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang
di udara dan mendarat) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan
membuat catatan/laporan, dan
·
Peserta didik mengamati perlombaan lompat jauh
gaya berjalan di udara secara langsung dan atau di TV/video dan membuat
catatan tentang variasi dan kombinasi
teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang,
tumpuan, melayang di udara dan mendarat), atau
·
Peserta didik mengamati tentang variasi dan kombinasi teknik lompat jauh
gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan
mendarat) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang
mampu dan membuat catatan hasil pengamatan.
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian saling bertanya
tentang variasi dan kombinasi teknik lompat jauh gaya menggantung di udara
(awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) misalnya : apakah teknik tumpuan
mempengaruhi kemampuan melompat, apakah jauhnya awalan mempengaruhi tingginya
lompatan, apakah terdapat perbedaan
apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·
Peserta didik saling bertanya tentang manfaat olahraga
cabang atletik lompat jauh terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot
yang dominan yang dipergunakan dalam olahraga cabang atletik lompat jauh
·
Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana
bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan olahraga cabang atletik
lompat jauh
Eksplorasi
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan/ancang-ancang lompat jauh gaya
berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan tumpuan lompat jauh gaya berjalan di
udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan saat melayang di udara lompat jauh gaya
berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan mendarat lompat jauh gaya berjalan di
udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah
gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan
mendarat) dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara
berkelompok.
· Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat
juah gaya berjalan di udara (awalan/ ancang-ancang, tumpuan, melayang di
udara dan mendarat) dengan
benar dan membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang
sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah
gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan
mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
· Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan
individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi olahraga atletik lompat jauh gaya berjalan di
udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di
udara dan mendarat).
Mengkomunikasikan
·
Melakukan perlombaan lompat jauh menggunakan
gaya berjalan di udara dengan
menggunakan peraturan yang sesungguhnya
dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggung-jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur keterampilan
gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
6x45 menit
6x45 menit
|
· Lintasan/track atletik
· Bak lompat jauh
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
||||||||
Atletik (Lompat Tinggi)
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi tentang variasi dan kombinasi teknik perlombaan
lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan
pendaratan) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat
catatan/laporan, dan
·
Peserta didik mengamati perlombaan lompat tinggi
gaya straddle secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan
tentang variasi dan kombinasi teknik
lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan
pendaratan), atau
·
Peserta didik mengamati tentang variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi
gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan)
yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan
membuat catatan hasil pengamatan.
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian saling bertanya
tentang variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan,
tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan) misalnya : apakah teknik tumpuan
mempengaruhi kemampuan melompat, apakah tingginya awalan mempengaruhi
tingginya lompatan, apakah terdapat perbedaan apabila menggunakan pendekatan yang
berbeda.
·
Peserta didik saling bertanya tentang manfaat
olahraga cabang atletik lompat tinggi terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang
dominan yang dipergunakan dalam lompat tinggi
·
Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana
bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan lompat tinggi gaya
straddle.
Eksplorasi
· Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan
awalan lompat
tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan
tumpuan lompat
tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan sikap
tubuh di atas mistar lompat
tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan sikap
tubuh saat mendarat lompat
tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan
awalan dan tumpuan lompat
tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
· Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan
awalan, tumpuan dan sikap tubuh di atas mistar lompat tinggi gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan
awalan, tumpuan, sikap tubuh di atas mistardan sikap tubuh saat mendarat lompat tinggi
gaya straddle secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
· Menjelaskan variasi
dan kombinasi lompat tinggi gaya straddle
(awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu
mendarat) dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara
berkelompok.
· Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat
tinggi gaya straddle (awalan,
tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan
kombinasi teknik gerakan lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh
di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
· Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan
individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi olahraga atletik lompat tinggi
gaya straddle (awalan, tolakan,
sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat)
Mengkomunikasikan
· Melakukan perlombaan lompat tinggi gaya straddle dengan menggunakan peraturan sesungguhnya
dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur keterampilan
gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
· Lintasan/track atletik
· Bak lompat tinggi
· Tiang mistar
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
||||||||||
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti : Beladiri
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
||
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
|
|||||||
3.4 Menganalisis variasi dan kombinasi
keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan koordinasi gerak yang
baik.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
keterampilan olahraga beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
|
Beladiri (Pencak Silat)
|
Mengamati:
· Peserta didik diberikan tugas untuk mencari
berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi
gerakan memukul, menendang, menangkis, dan mengelak dalam olahraga beladiri
pencak silat melalui Video, TV, media yang lain ataupun
pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
· Peserta didik mengamati berbagai variasi dan kombinasi gerakan memukul, menendang, menangkis, dan
mengelak dalam olahraga beladiri pencak silat
yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten
Menanya:
· Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan
berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi
gerakan memukul, menendang, menangkis, dan mengelak dalam olahraga beladiri
pencak silat selanjutnya
bertanya/mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
· Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering
dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan beladiri pencak silat dengan benar dan membuat
kesimpulannya.
· Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan
kombinasi teknik gerakan beladiri pencak silat dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengeksplor:
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan pukulan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tendangan secara
ber-pasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan pukulan dan tangkisan, dan elakan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung-jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tendangan dan elakan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan pukulan,
tendangan, tangkisan, dan elakan secara
berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain
Mangasosiasi:
· Peserta didik
dapat memilih/memutuskan jenis pukulan, tendangan, tengkisan, dan elakan
sesuai dengan kepentingannya.
· Peserta didik
dapat membandingkan jenis pukulan, tendangan, tengkisan, dan elakan.
Mangkomunikasikan:
·
Melakukan pertandingan pencak silat dengan menerapkan tekni yang telah didapaykannya menggunakan peraturan sesungguhnya
dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin,
dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur keterampilan
gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
6x45 menit
|
· Ruangan atau halaman sekolah
· Arena pencak silat
· Goong
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
||
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti : Senam
Ketangkasan
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
|||
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
|
||||||||
3.5
Menganalisis
dua jenis rangkaikan keterampilan senam. lantai untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik.
4.5 Mempraktikkan dua jenis rangkaikan keterampilan senam
lantai dengan koordinasi gerak yang
baik.
|
Senam Ketangkasan
|
Mengamati
· Peserta didik diberikan tugas untuk mencari
berbagai informasi tentang gerakan senam ketangkasan
menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) melalui Video, TV, media yang lain ataupun
pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
· Peserta didik mengamati berbagai gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat (lompat kangkang
dan lompat jongkok) yang
diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten
Menanya
· Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan
berbagai informasi tentang gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat (lompat kangkang
dan lompat jongkok) selanjutnya
bertanya/mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
· Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering
dilakukan saat melakukan gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat
dengan benar dan membuat
kesimpulannya.
· Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan senam
ketangkasan dengan menggunakan alat dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengeksplor
·
Peserta didik memperagakan rangkaian gerakan lompat kangkang berulang ulang secara perorangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
·
Peserta didik memperagakan gerakan lompat jongkok berulang ulang secara perorangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku percaya
diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
Mangasosiasi
· Peserta didik
membandingkan faktor kesulitan antarai gerakan lompat kangkang dengan lompat
jongkok pada senam ketangkasn.
Mangkomunikasikan
·
Memperagakan
gerakan kangkang dan lompat jongkok dengan melewati kuda-kuda
lompat atau punggung teman yang membungkuk sesuai denga ten yang telah dipelajarinya dalam bentuk perlombaan dengan menunjukkan
perilaku percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan
menghargai teman.
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur keterampilan
gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
6x45 menit
|
· Lapangan
· Matras senam
· Kuda-kuda lompat
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
|||
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti : Senam Ritmik
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
|
||||||
3.6
Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan rangkaian aktivitas
gerak ritmik untuk menghasilkan koordinasi gerak yang
baik.
4.6 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik dengan koordinasi
gerak yang baik.
|
Aktivitas Senam Ritmik
|
Mengamati
· Peserta didik diberikan tugas untuk mencari
berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi
rangkaian gerak ritmik langkah kaki
dan ayunan lengan melalui Video, TV
ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
· Peserta didik mengamati berbagai variasi dan kombinasi rangkaian gerak ritmik langkah kaki dan ayunan lengan yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang
berkompeten
Menanya
· Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan
berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi rangkaian gerak ritmik langkah kaki dan ayunan lengan selanjutnya mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
· Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering
dilakukan saat melakukan berbagai variasi dan kombinasi rangkaian gerak ritmik langkah kaki dan ayunan lengan i dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan variasi dan
kombinasi rangkaian gerakan ritmik dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengeksplor:
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki
pada aktivitas ritmik tanpa menggunakan alat secara berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kedisiplinan,
toleransi, keluwesan dan estetika.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerakan ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa menggunakan alat secara berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku disiplinan,
toleransi, keluwesan dan estetika.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas rimik tanpa menggunakan alat secara
berkelompok dengan
koordinasi yang baik dengan
menunjukkan perilaku
disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika
Mangasosiasi:
· Memilih
rangkain gerakan langkah kaki dan ayunan
lengan pada aktivitas rimik sesuai dengan kemampuan.
Mangkomunikasikan:
·
Melakukan perlombaan senam rimik tanpa menggunakan alat dengan menunjukkan perilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika sesuai dengan teknik yang telah dipelajari.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur keterampilan
gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
6x45 menit
|
· Lapangan
· Tipe recorder
· Kaset senam ritmik
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti : Aktifitas
Kebugaran
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
|||
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
|
||||||||
3.7 Menganalisis konsep
latihan, pengukuran, dan hasil pengembangan komponen kebugaran jasmani.
4.7 Mempraktikkan
latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan pengembangan komponen
kebugaran jasmani.
|
Aktivitas
Kebugaran
|
Mengamati
· Peserta didik diberikan tugas untuk mencari
berbagai informasi tentang komponen kebugaran jasmani
(kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kekuatan)
terkait kesehatan dan keterampilan
melalui video, TV ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan
hasil pengamatan.
· Peserta didik mengamati gerakan kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan
kekuatan pada komponen kebugaran
jasmani terkait kesehatan dan keterampilan yang diperagakan oleh guru ataupun peserta
didik lainnya yang berkompeten.
Menanya
· Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan
berbagai informasi tentang komponen kebugaran jasmani
(kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kekuatan selanjutnya mendiskusikan dan membuat laporan
secara kelompok
· Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering
dilakukan saat melakukan gerakan kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan
kekuatan pada komponen kebugaran
jasmani dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Menjelaskan komponen
kebugaran jasmani (kelentukan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, daya
tahan dan kekuatan) terkait kesehatan dan keterampilan dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara berkelompok.
· Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan latihan kebugaran jasmani dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan latihan kebugaran
jasmani dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengeksplor
·
Memperagakan
latihan kelentukan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai
teman, dan keberanian.
·
Memperagakan
latihan keseimbangan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai
teman, dan keberanian.
·
Memperagakan
latihan kecepatan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai
teman, dan keberanian.
·
Memperagakan
latihan kelincahan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi
yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
·
Memperagakan
latihan daya tahan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan
keberanian.
·
Memperagakan
latihan kekuatan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai
teman, dan keberanian.
Mengasosiai
· Memilih bentuk
latihan kelentukan, keseimbangan,
kecepatan, kelincahan, daya tahan dan kekuatan yang cocok sesuai dengan
kemapuannya.
Menkomunikasikan
· Melakukan tes kebugaran jasmani lari cepat 60 meter,
angkat tubuh/60 detik, baring duduk/60 detik, loncat tegak, lari jauh/1.000
pi dan 1.200 m pa dengan menerapkan
teknik yan telah dipelajarinya.
·
Melakukan perlombaan latihan kebugaran jasmani dengan sistem sirkuit sesuai tekniknya dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, memecahkan masalah, menghargai
teman, dan keberanian.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan aktivitas.
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur keterampilan
gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja
berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
6X45 Menit
|
· Lapangan
· Palang tunggal
· Matras senam
· Formulir tes
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
|||
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti : Renang
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||||
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
|||||
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 perbedaan
karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
|
||||||||||
3.8
Menganalisis keterampilan tiga
gaya renang yang berbeda, dan mengidentifikasi teknik dan peralatan yang
digunakan untuk tindakan penyelamatan di air. *
4.8 Mempraktikkan keterampilan tiga gaya renang yang berbeda dengan
koordinasi yang baik, dan teknik penyelamatan kecelakaan di air dengan
menggunakan peralatan yang ada (tali, pelampung, galah, skoci dan lain
sebagainya).*
|
Aktivitas
Renang Gaya Dada
|
Mengamati
· Peserta didik diberikan tugas untuk mencari
berbagai informasi tentang teknk dasar renang gaya dada melalui vidio, TV
ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
· Peserta didik mengamati gerakan kaki, ayuan
lengan, cara pengambilan nafas renang gaya dada yang diperagakan oleh guru
ataupun peserta didik lainna yang berkompeten.
Menanya
· Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan
teknik dasar renang gaya dada selanjunya mendiskusikan dan membuat laoran
secara kelompok
· Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering
dilakukan saat melakukan gerakan renang gaya dada dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan renang gaya
dada dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Menjelaskan keterampilan
penyelamatan kecelakaan di air dengan benar dan membuat
laporan hasil diskusi secara berkelompok.
· Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan penyelamatan kecelakaan di air dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan penyelamatan kecelakaan di air dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Eksplorasi
· Memperagakan teknik gerakan kaki renang
gaya dada secara individu atau berpasangan dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas,
toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan
tanggungjawab.
· Memperagakan teknik gerakan lengan
renang gaya dada secara individu atau berpasangan dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas,
toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan
tanggungjawab.
· Memperagakan rangkaian gerakan kaki dan
lengan renang gaya dada secara individu atau berpasangan dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
sportifitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman,
keberanian dan tanggungjawab.
· Memperagakan rangkaian gerakan kaki,
lengan, dan mengambil napas renang gaya dada secara individu atau berpasangan
dan berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan
menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas, toleransi, disiplin, memecahkan
masalah, menghargai teman, keberanian dan tanggungjawab.
Asosisasi
· Memilih cara
bernapas yang baik dan praktis dalam melakukan gerakan renang gaya dada.
Mengkomnikasikan
·
Melakukan perlombaan renang
gaya dada menempuh jarak (50 m atau 100 m) dengan menerapkan teknik dasar yang telah dipelajari dalam bentuk perlombaan dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
sportifitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman,
keberanian dan tanggungjawab.
·
Memperagakan
keterampilan penyelamatan kecekaan di air dengan menerapkan tekik
penyelamatan yang dipelaara secara berpasangan atau berkelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama, sportifitas,
toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan
tanggungjawab
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan
mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan aktivitas
|
Unjuk
kerja:
Untuk mengukur keterampilan
gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk
mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan geak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan gerak
|
6x45 menit
|
· Kolam renang
· Pelampung renang
· Kaca mata renang
· Alat-alat penyelamatan di air
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud.
|
|||||
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti : Makanan
Dan Minuman Sehat
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
|
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat dalam memilih makanan dan minuman,
penyalahgunaan obat-obatan, kebersihanan alat reproduksi, dan pemanfaatan waktu luang
|
||||||
3.9 Menganalis berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat
terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.9 Menyajikan
hasil analisis berbagai jenis
makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan
tubuh.
|
Makanan dan Minuman
sehat
|
Mengamati
· Peserta didik mencari dan membaca berbagai
informasi tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap
kesehatan, pertumbuhan tubuh dari media cetak dan atau elektronik.
Menanya
· Peserta didik mendiskusikan tentang berbagai
jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan.
· Peserta didik mendiskusikan tentang berbagai
jenis makanan dan minuman yang bermanfaat pertumbuhan dan
perkembangan tubuh
Eksplorasi
· Mendiskusikan kandungan gizi makanan yang
dikonsumsi sehari-hari
· Mendiskusikan dampak pola makan yang tidak sehat
terhadap kesehatan.
· Mendiskusikan zat-zat makanan yang dibutuhkan
untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
· Mengidentifikasi fungsi makanan sebagai zat tenaga/energi,
zat pembangun, dan zat pengatur
Mengasosiasi
·
Menemukan hubungan antara jenis makanan, gizi,
kesehatan dan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
Mengkomunikasikan
·
Memaparkan hasil analisis berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat
terhadap kesehatan, pertumbuhan
dan perkembangan tubuh.
|
Observas:
Untuk mengukur perilaku
selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep
Tes:
Konsep makanan dan
minuman sehat
|
6x45 menit
|
· Laktop
· LCD
· Alat praga
· Poster
Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas X,
|
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti : Penceganhan
Penyakit Melalui Aktifitas Fisik
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
|
2.8
Memiliki perilaku hidup sehat dalam memilih makanan dan minuman,
penyalahgunaan obat-obatan, kebersihanan alat reproduksi, dan pemanfaatan waktu luang.
|
||||||
3.10 Menganalisis peran aktivitas fisik dalam pencegahan
penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.
4.10 Menyajikan hasil analisis
peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya
perawatan kesehatan.
|
Pencegahan penyakit
melalui aktivitas fisik
|
Mengamati
· Peserta didik mencari dan membaca berbagai
informasi tentang tentang pengaruh aktivitas fisik dengan kesehatan,
penyakit, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan dari media cetak dan atau
elektronik serta membual laporannya.
Menanya
· Peserta didik saling bertanya tentang pengaruh
aktivitas fisik terhadap kesehatan, dan kaitannya dengan pengurangan biaya
kesehatan.
Eksplorasi
·
Mengidentifikasi jenis aktivitas fisik yang
berdampak baik terhadap kesehatan.
·
Mengidentifikasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan
oleh kekurang gerak.
·
Mengidentifikasi hubungan aktivitas fisik dengan
kesehatan organ paru, jantung, dan peredaran darah.
Mengasosiasi
·
Menemukan hubungan antara dampak aktivitas fisik
dengan kesehatan, penyakit dan
pengurangan biaya perawatan kesehatan.
·
Membuat laporan hasil diskusi dan power point
tentang hubungan antara dampak aktivitas fisik, kesehatan dan pengurangan
biaya perawatan kesehatan secara berkolompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan
tanggungjawab selama melakukan aktivitas
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan
kelas secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas.
·
|
Observas:
Untuk mengukur perilaku
selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep
Tes:
Konsep makanan dan
minuman sehat
|
6x45 menit
|
· Laktop
· LCD
· Alat praga
· Poster
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA
Kelas X,
|
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas :
XI
Kompetensi Inti : Narkoba
dan Psikotropika
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta.
|
|
|
|
|
|
|
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat dalam memilih makanan dan minuman,
penyalahgunaan obat-obatan, kebersihanan alat reproduksi, dan pemanfaatan waktu luang
|
||||||
3.11 Mengidentifikasi
jenis-jenis dan menganalisis bahaya penggunaan NARKOBA dan
psikotropika terhadap diri sendiri,
keluarga dan masyarakat luas
4.11 Menyajikan
hasil identifikasi dan analisis bahaya penggunaan NARKOBA dan
psikotropika terhadap dirinya,
keluarga dan masyarakat luas
|
Narkoba dan
Psikotropika
|
Mengamati
· Peserta didik diberikan tugas untuk mencari dan
membaca berbagai informasi tentang berbagai jenis narkoba dan psikotropika
dari media cetak dan atau elektronik serta membual laporannya.
Menanya
· Peserta didik saling bertanya tentang dampak
penggunaan narkoba dan psikotropika terhadap kesehatan.
Eksplorasi
·
Mengidentifikasi bahaya, jenis-jenis dan penggolongan Narkoba yang sering disalahgunakan oleh kaum remaja secara individu.
·
Mengidentifikasi bahan-bahan dan cara pembuatan Narkoba yang populer di Indoensia secara individu.
·
Mengidentifikasi ciri-ciri orang yang ketergantungan pada Narkoba secara individu.
·
Mengidentifikasi tahapan-tahapan ketergantungan terhadap Narkoba secara individu.
· Mendiskusikan bahan-bahan/ informasi
tentang bahaya, jenis-jenis, penggolongan, bahan-bahan dan cara pembuatan,
ciri-ciri orang ketergantungan dan
tahapan-tahapan ketergantungan terhadap Narkoba secara
berkolompok dengan menunjukkan
perilaku disiplin,
kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas
Mengasosiasi
·
Menemukan hubungan antara dampak penggunaan
narkoba dan psikotropika terhadap kesehatan.
·
Membuat laporan hasil diskusi dan power point
tentang bahaya, jenis-jenis, penggolongan, bahan-bahan dan cara pembuatan, ciri-ciri orang
ketergantungan dan tahapan-tahapan ketergantungan terhadap Narkoba dan psikotropika secara berkolompok dengan
menunjukkan perilaku disiplin,
kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab
selama melakukan aktivitas
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan
kelas secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas.
|
Observas:
Untuk mengukur perilaku
selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil
kerja berupa kajian konsep
Tes:
Konsep makanan dan
minuman sehat
|
1 X 45 Menit
|
· Laktop
· LCD
· Alat praga
· Poster
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA
Kelas X,
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar