RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI (Ganjil )
Materi Pokok : Teknik Dasar Softball
Alokasi Waktu : 3 JP
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisi
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain:
2.2 Bertanggung jawab terhadap
keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
3.1 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
3.1.1 Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan
softball yang dapat divariasikan
dan dikombinasikan.
3.1.2
Menjelaskan
cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball
3.1.3
Menjelaskan
berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan
dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang
baik.
4.1.1 Melakukan berbagai teknik dasar permainan softball (memegang
bola, lempar tanggkap, pitching dan memukul memukul)
4.1.2 Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball
4.1.3
Mempraktekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar softball dalam
permainan sederhana
C. Materi Pembelajaran :
1. Teknik
melempar bola
Lemparan atas (overhand
throw)
Cara pelaksanaan
lemparan atas adalah:
o
Berdiri pada kedua kaki terpisah dengan
posisi salah satu kaki didepan terarah pada sasaran,pandangan kearah sasaran
o
Bawalah tangan yang memegang bola
kebelakang dengan memindahkan berat badan pada kaki belakang, dapat disertai
dengan striding (mengangkat kaki)
o
Ayunkan lengan kedepan disertai memutar
gerak pinggang dan memindahkan berat badan kedepan
o
Pada saat pelepasan bola disertai
lecutan pergelangan tangan untuk menambah dan mengontrol kecepatan jalanya bola
pada sasaran
o
Lemparan diakhiri dengan gerak lanjutan(
follow through) yaitu memindahkan kaki belakang kedepan sebagai keseimbangan
dan posisi siap menjaga dengan gerak lengan seolah- olah mengikuti gerak
jalanya bola

2.
Teknik menangkap bola
Menangkap bola
melambung
o
Segera menempatkan diri tepat pada
tempat jatuhnya bola, pandangan kearah bola
o
Bediri dengan salah satu kaki berada
didepan
o
Kedua lengan diluruskan kedepan atas
menyongsong datangnya bola
o
Tangkap bola setinggi raihan dan
pastikan bola masuk kedalam glove
o
Setelah menangkap bola masuk kedalam
glove, tutup dengan tangan yang lain, disetai gerakan menarik kedua tangan
kearah badan agar bola tidak lepas
D. Metode
Pembelajaran.
1.
Pendekatan:
saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
E. Kegiatan Pembelajaran.
- Pertemuan Pertama
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris, berdoa,
presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental,
untuk mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung
jawab…)
2.
Peserta didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru
(mengamati)
3.
Peserta didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan
teman-temannya.(menanya)
4.
Peserta didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang
tugas yang diberikan. (menanya)
5.
Peserta didik secara berpasangan bertindak sebagai pelaku dan pengamat
(proses tanggung jawab…
6.
Pelaku mencoba melakukan gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja
(mencoba, menyaji)
7.
Pengamat mengamati gerakan yang dilakukan oleh pelaku (analisis,
menalar)
8.
Pengamat melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku
(evaluasi, menalar,)
9.
Pelaku memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat
(menyaji)
10.
Setelah semua tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh
pengamat maka dilakukan pergantian peran (nilai apa yang terjadi…..)
11.
Setelah semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan
sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan
mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)
--- LK dilampirkan…
|
85 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi proses
pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi
passing bawah
·
Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik
tentang materi passing bawah
·
Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik kesimpulan
dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
- Pertemuan Kedua
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Merefleksi kembali pelajaran
pertemuan sebelumnya
·
Membahas tugas pengamatan yang
telah dikerjakan di rumah.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Mengaitkan materi yang telah
dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik
dasar solf ball.
·
Membagi peserta didik kedalam
kelompok.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Dua orang siswa dari kelompok
berbeda diminta untuk memaparkan hasil
latihan variasi teknik dasar
solf ball melalui media baca, video atau internet.
Menanya
·
Masing-masing peserta didik dari
kelompok yang berbeda menanyakan hasil dari latihan teknik dasar solf ball
tadi.
Mencoba
:
·
Setiap kelompok diminta untuk
mencoba mempraktikkan latihan variasi
teknik dasar solf ball.
·
Guru menilai kreatifitas dan
kerja sama latihan variasi teknik dasar solf ball dari masing-masing
kelompok.
Mengasosiasi
·
Setiap kelompok mencoba variasi
latihan kelompok lain.
·
Kelompok dibagi dua dengan jumlah
peserta didik yang sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan teknik dasar
melalui permainan solf ball dengan aturan yang sederhana.
·
Guru menilai kerjasama antar
kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok memaparkan
hasil latihan variasi teknik dasar solf ball.
·
Guru menilai keterampilan menyaji
dan berkomunikasi.
|
95 menit
|
Penutup
|
· Secara
bersama-sama siswa menyimpulkan kegiatan bermain solf ball dan macam-macam variasi teknik
dasar solf ball yang baik dan benar.
· Memberikan
evaluasi.
|
25 menit
|
F. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan, Bola softball, pemukul, kesed, pluit.
3. Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku
Siswa Kurikulum 2013
- Buku referensi lain
yang sesuai
G. Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak
melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses
pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK
PENILAIAN
SIKAP DALAM
PERMAINAN SOFTBALL
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
A.
Sportif
|
|
1. Menghargai
teman dan lawan
|
V
|
2. Menerima
kekalahan
|
V
|
3. Mentaati
peraturan permainan
|
V
|
B.
Tanggung jawab
|
|
3.1.4
Menjaga dan menggunakan peralatan
pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
V
|
3.1.5
Mengembalikan peralatan
pembelajaran ketempat yang telah disediakan
|
V
|
3.1.6
Menjaga keselamatan diri sendiri
dan orang lain dalam beraktivitas.
|
V
|
3.1.7
Menjaga ketertiban lingkungan
sekitar
|
V
|
3.1.8
Menjaga dan menggunakan peralatan
pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
V
|
3.1.8.1 Disiplin
|
|
1. Mengikuti kegiatan sesuai waktu
yang ditentukan
|
V
|
2. Mengikuti semua proses
pembelajaran
|
V
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH MAKSIMAL : 10
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
NILAI
|
KRITERIA
|
90 – 100
|
Amat Baik ( AB)
|
78 – 89
|
Baik (B)
|
66 – 77
|
Cukup (C)
|
< 65
|
Kurang (K)
|
2.
Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan
mengenai konsep gerak passing bawah dalam permainan
softball
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
Jelaskan sikap awal kaki, tangan,
dan pandangan ketika akan melakukan
teknik dasar melempar dalam permainan softball!
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan
pandangan ketika melakukan lemparan pada permainan softball
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan,
dan pandangan ketika akan melakukan
teknik lemparan permainan softball
|
|
|
|
|
|
4
|
Jelaskan rangkaian gerakan melempar
pada permainan softball !
|
|
|
|
|
|
5
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap
awal dalam melakukan teknik melempar pada permainan softball
|
|
|
|
|
|
6
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap
perkenaan dalam melakukan teknik lemparan pada permainan softball
|
|
|
|
|
|
7
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap
akhir dalam melakukan teknik
lemparan pada permainan softball
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan,
dan pandangan)
2.
Skor 3: Jika peserta didik mampu menjelaskan dua
indikator.
3.
Skor 2: Jika
peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.
Skor 1: Jika peserta didik tidak satupun
pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
|
|
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk kerja
(keterampilan):
1). Lakukan teknik dasar lempar tangkap softball
Keterangan:
Penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
3
|
|
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
UBRIK PENILAIAN PASSING BAWAH
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
Deskripsi
Gerak
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Sikap
Awal
|
1. Kaki
|
-
Kaki merenggang dengan santai
|
|
||
-
Lutut ditekuk dalam posisi
rendah
|
||||||
-
Salah satu kaki di depan
|
||||||
2. Tangan
|
-
Jari tangan digenggam
|
|
||||
-
Kedua lengan di depan badan
|
||||||
-
Kedua lengan lurus
|
||||||
3. Badan dan Pandangan Mata
|
-
Punggung direndahkan
|
|
||||
-
Posisi badan relax
|
||||||
- Pandangan
ke depan
|
||||||
2
|
Pelaksanaan
|
2.
Kaki
|
-
Kaki bergerak ke arah
datangnya bola
|
|
||
-
Kaki sedikit diulurkan
|
||||||
-
Lutut diluruskan
|
||||||
2. Tangan
|
-
Pukullah bola jauh dari badan
|
|
||||
-
Tangan lurus, sikut dikunci
|
||||||
-
Perkenaan bola pada lengan
bagian bawah
|
||||||
3. Badan dan Pandangan Mata
|
-
Berat badan dialihkan ke
depan
|
|
||||
-
Pinggul bergerak ke depan
|
||||||
- Pandangan
mata ke arah datangnya bola
|
||||||
3
|
Sikap
Akhir
|
1. Kaki
|
-
Salah satu kaki melangkah ke
depan
|
|
||
-
Lutut diluruskan
|
||||||
-
Kedua kaki
|
||||||
2. Tangan
|
-
Jari tangan digenggam
|
|
||||
-
Landasan mengikuti bola ke
sasaran
|
||||||
-
Lengan sejajar di bawah bahu
|
||||||
3. Badan dan Pandangan Mata
|
-
Pindahkan berat badan ke arah
sasaran
|
|
||||
-
Badan diluruskan
|
||||||
- Perhatikan
bola ke arah sasaran
|
Keterangan :
1.
Peserta mendapatkan nilai 3,
apabila ada tiga indikator yang
dilakukan benar.
2.
Peserta mendapatkan nilai 2,
apabila ada dua indikator yang dilakukan benar.
3.
Peserta mendapatkan nilai 1,
apabila ada satu indikator yang
dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
Nilai maksimal adalah
27
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015
Guru
praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
Tidak ada komentar:
Posting Komentar