Jumat, 20 November 2015

Rpp teknik dasar sofboll sma 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan        :  SMA Negeri 5 Banda Aceh
   Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester               :  XI (Ganjil ) 
Materi Pokok                 : Teknik Dasar Softball          
Alokasi Waktu               :  3 JP
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.        Kompetensi Dasar dan Indikator:               
1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai

2.1    Berperilaku sportif dalam bermain:

2.2                Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:

2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:

3.1    Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
3.1.1   Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan softball  yang dapat divariasikan dan  dikombinasikan.

3.1.2   Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  permainan softball 
3.1.3   Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball 

4.1    Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik.
4.1.1    Melakukan berbagai teknik dasar permainan softball (memegang bola, lempar tanggkap, pitching dan memukul memukul)
4.1.2       Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball
4.1.3   Mempraktekkan  variasi dan kombinasi teknik dasar softball dalam permainan sederhana

C.    Materi Pembelajaran :

1.      Teknik melempar bola
Lemparan atas (overhand throw)
Cara pelaksanaan lemparan atas adalah:
o  Berdiri pada kedua kaki terpisah dengan posisi salah satu kaki didepan terarah pada sasaran,pandangan kearah sasaran
o  Bawalah tangan yang memegang bola kebelakang dengan memindahkan berat badan pada kaki belakang, dapat disertai dengan striding (mengangkat kaki)
o  Ayunkan lengan kedepan disertai memutar gerak pinggang dan memindahkan berat badan kedepan
o  Pada saat pelepasan bola disertai lecutan pergelangan tangan untuk menambah dan mengontrol kecepatan jalanya bola pada sasaran
o  Lemparan diakhiri dengan gerak lanjutan( follow through) yaitu memindahkan kaki belakang kedepan sebagai keseimbangan dan posisi siap menjaga dengan gerak lengan seolah- olah mengikuti gerak jalanya bola




2.   Teknik menangkap bola
Menangkap bola melambung
o  Segera menempatkan diri tepat pada tempat jatuhnya bola, pandangan kearah bola
o  Bediri dengan salah satu kaki berada didepan
o  Kedua lengan diluruskan kedepan atas menyongsong datangnya bola
o  Tangkap bola setinggi raihan dan pastikan bola masuk kedalam glove
o  Setelah menangkap bola masuk kedalam glove, tutup dengan tangan yang lain, disetai gerakan menarik kedua tangan kearah badan agar bola tidak lepas

D.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Resiprokal

E.   Kegiatan Pembelajaran.
  • Pertemuan Pertama
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
1.    Guru membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung jawab…)
2.    Peserta didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
3.    Peserta didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan teman-temannya.(menanya)
4.    Peserta didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang diberikan. (menanya)
5.    Peserta didik secara berpasangan bertindak sebagai pelaku dan pengamat (proses tanggung jawab…
6.    Pelaku mencoba melakukan gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja (mencoba, menyaji)
7.    Pengamat mengamati gerakan yang dilakukan oleh pelaku (analisis, menalar)
8.    Pengamat melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku (evaluasi, menalar,)
9.    Pelaku memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat (menyaji)
10.              Setelah semua tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh pengamat maka dilakukan pergantian peran (nilai apa yang terjadi…..)
11.              Setelah semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)
--- LK dilampirkan…


85 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi passing bawah
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25 Menit




  • Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·         Merefleksi kembali pelajaran pertemuan sebelumnya
·         Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik dasar  solf ball.
·         Membagi peserta didik kedalam kelompok.
15 menit
Inti
Mengamati
·         Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil  latihan variasi teknik dasar  solf ball melalui media baca, video atau internet.

Menanya
·         Masing-masing peserta didik dari kelompok yang berbeda menanyakan hasil dari latihan teknik dasar solf ball tadi.

Mencoba :
·         Setiap kelompok diminta untuk mencoba mempraktikkan  latihan variasi teknik dasar solf ball.
·         Guru menilai kreatifitas dan kerja sama latihan variasi teknik dasar solf ball dari masing-masing kelompok.

Mengasosiasi
·         Setiap kelompok mencoba variasi latihan kelompok lain.
·         Kelompok dibagi dua dengan jumlah peserta didik yang sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan teknik dasar melalui permainan solf ball dengan aturan yang sederhana.
·         Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.

Mengomunikasikan
·         Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan variasi teknik dasar solf ball.
·         Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.

95 menit
Penutup

·      Secara bersama-sama siswa menyimpulkan kegiatan bermain  solf ball dan macam-macam variasi teknik dasar solf ball yang baik dan benar.
·      Memberikan evaluasi.

25 menit
F.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-     Lapangan, Bola softball, pemukul, kesed, pluit.
3.    Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai
G.   Penilaian
1.       Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.


RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN SOFTBALL

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
A.    Sportif

1.     Menghargai teman dan lawan
V
2.     Menerima kekalahan
V
3.     Mentaati peraturan permainan
V
B.     Tanggung jawab

3.1.4        Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
V
3.1.5        Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
V
3.1.6        Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
V
3.1.7        Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
V
3.1.8        Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
V
3.1.8.1  Disiplin

1.    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
V
2.    Mengikuti semua proses pembelajaran
V
JUMLAH

JUMLAH MAKSIMAL  :  10


100%
 
X
 
                        Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal


NILAI
KRITERIA
90 – 100
Amat Baik ( AB)
78 – 89
Baik  (B)
66 – 77
Cukup (C)
<  65
Kurang (K)


2.      Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak passing bawah dalam permainan softball
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah


1
2
3
4
1
Jelaskan sikap awal kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik dasar melempar dalam permainan softball!





2
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan  pandangan ketika melakukan lemparan pada permainan softball





3
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik lemparan permainan softball





4
Jelaskan rangkaian gerakan melempar pada permainan softball !





5
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan teknik melempar pada permainan softball





6
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan teknik lemparan pada permainan softball





7
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan teknik  lemparan pada permainan softball







Keterangan:

1.      Skor 4:  Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.      Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.      Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.      Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan




Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4




100
 
X
 
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                             Jumlah skor maksimal



3.      Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar lempar tangkap softball
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3


100
 
X
 
                     Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal










UBRIK PENILAIAN  PASSING BAWAH



No
Dimensi
Indikator
Deskripsi Gerak
Nilai
3
2
1
1
Sikap Awal
1.      Kaki
-   Kaki merenggang dengan santai

-   Lutut ditekuk dalam posisi rendah
-   Salah satu kaki di depan
2.      Tangan
-   Jari tangan digenggam

-   Kedua lengan di depan badan
-   Kedua lengan lurus
3.      Badan dan Pandangan Mata
-   Punggung direndahkan

-   Posisi badan relax
-   Pandangan ke depan
2

Pelaksanaan
2.      Kaki

-   Kaki bergerak ke arah datangnya bola

-   Kaki sedikit diulurkan
-   Lutut diluruskan
2.  Tangan
-   Pukullah bola jauh dari badan

-   Tangan lurus, sikut dikunci
-   Perkenaan bola pada lengan bagian bawah
3.     Badan dan Pandangan Mata
-   Berat badan dialihkan ke depan

-   Pinggul bergerak ke depan
-   Pandangan mata ke arah datangnya bola
3
Sikap Akhir
1.      Kaki
-   Salah satu kaki melangkah ke depan

-   Lutut diluruskan
-   Kedua kaki
2.      Tangan
-   Jari tangan digenggam

-   Landasan mengikuti bola ke sasaran
-   Lengan sejajar di bawah bahu
3.      Badan dan Pandangan Mata
-   Pindahkan berat badan ke arah sasaran

-   Badan diluruskan
-   Perhatikan bola ke arah sasaran








Keterangan :
1.         Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
2.         Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
3.         Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
Nilai maksimal adalah 27


            Guru Pamong                                                                          Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                            Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                                       Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                              1211040033                           

Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            








Tidak ada komentar:

Posting Komentar