RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA
Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/Satu
Materi pokok : Minyak bumi
Alokasi Waktu : 4 JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari adanya keteraturan dari
sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan
koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya
keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat tentatif.
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam serta
berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk
kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan
KD 3.2 Memahami
proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta
kegunaannya.
Indikator :
1. Mengemukakan proses pembentukan minyak bumi (C2)
2. Mengemukakan komponen-komponen utama penyusun minyak
bumi (C2)
3. Menjelaskan
proses pemisahan fraksi minyak bumi berdasarkan perbedaan titik didih (C2)
4. Menjelaskan bagan penyulingan bertingkat dalam teknik pemisahan
fraksi-fraksi minyak bumi (C2)
5. Mengemukakan kegunaan fraksi minyak bumi (C2)
6. Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktan
(C2)
KD 4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang proses
pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya
Indikator
Mempresentasikan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi
minyak bumi serta kegunaannya.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan
data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat:
1. Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam serta
berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk
kemakmuran rakyat Indonesia melalui sikap
sifat ketekunan
2. Menumbuhkan sifat kejujuran dan hormat pada guru
3. Mengemukakan proses pembentukan minyak bumi
4. Mengemukakan komponen-komponen utama penyusun minyak
bumi
5. Menjelaskan
proses pemisahan fraksi minyak bumi berdasarkan perbedaan titik didih
6. Menjelaskan bagan penyulingan bertingkat dalam teknik pemisahan
fraksi-fraksi minyak bumi
7. Mengemukakan kegunaan fraksi minyak bumi
8. Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktan
9. Mempresentasikan
proses pembentukan dan
teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
D. Materi
Pembelajaran
1. Fakta : minyak bumi,
-gas
alam
2. Konsep:
proses pembentukan dan
pengolahan minyak bumi
3. Prinsip : pemisahan fraksi minyak bumi berdasarkan
perbedaan titik didih melalui bagan penyulingan bertingkat
4. Prosedur:
- Pembentukan minyak bumi
-
Pengolahan
minyak bumi
-
Fraksi
minyak bumi
-
Mutu
bensin
E.
Metode Pembelajaran
1.
Model :
Jigsaw
2.
Pendekatan :
Saintifik
3.
Metode :
Diskusi, Tanya
jawab
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media.
LKS, Hand Out,
2.
Sumber Belajar
a.
Poppy
K. Devi, Siti Kalsum, Masmiani, Hasmiati. 2009. Kimia 1. Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.
Hermawan, Paris Sutarjawinata dan Heru Pratama Al. 2009. Aktif Belajar Kimia Untuk SMA dan MA. Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.
J.M.C
Johari
dan M. Rachmawati. 2007. Kimia 1 Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.
d.
Budi
Utami,
Agung Nugroho CS,
Lina Mahardiani, Sri Yamtinah dan Bakti Mulyani. 2009. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta :
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
e.
Internet
f.
Lembar Kerja Peserta didik
g.
Handout
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Peserta didik duduk dalam kelompok yang sudah
di sepakati.
Masing-masing kelompok beranggotakan 6 orang, kelompok ini disebut kelompok
asal
2.
Peserta didik menjawab salam dan absensi
3.
Guru menanyakan kembali tentang kegunaan hidrokarbon (metana)
4.
Guru menanyakan darimana LPG, bensin, solar, avtur, berasal? Bagaimana
proses pembentukannya?
5.
Peserta didik mendengar dengan
penuh perhatian materi pokok, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan
|
10 menit
|
B. Kegiatan Inti
Mengamati
a. Peserta
didik mendapatkan materi yang berbeda untuk tiap anggota dalam kelompok asal
1: mendapat sub materi tentang proses pembentukan minyak bumi
2: mendapat sub materi tentang
komponen utama penyusun minyak bumi
3 : mendapat sub materi tentang cara pengolahan minyak bumi
4: mendapat sub materi tentang proses penyulingan
bertingkat
5: mendapat sub materi
tentang fraksi
minyak bumi dan kegunaannya
6: mendapat sub materi
tentang cara meningkatkan mutu bensin
b.
Setiap peserta
didik dalam kelompok asal mempelajari materi yang ditugaskan
c.
Peserta
didik dari kelompok asal yang berbeda yang telah mempelajari
submateri yang sama ( inisial sama ) bertemu dalam kelompok baru yang disebut
kelompok ahli
d.
Masing-masing tim ahli berdiskusi dalam kelompok untuk membahas tugas LKS
Menanya
a.
Guru mengajukan pertanyaan tentang
bagaimana terbentuknya minyak bumi dan gas alam
b.
Guru mengajukan pertanyaan tentang komponen-komponen utama penyusun minyak bumi
c.
Guru mengajukan pertanyaan tentang cara
pemisahan fraksi minyak bumi
d.
Guru mengajukan pertanyaan tentang cara
meningkatkan mutu bensin
e.
Peserta didik menanyakan materi yang
belum dipahami
Mengumpulkan
data/ eksperimen
a. Masing-masing tim ahli saling berbagi
informasi dengan teman satu kelompok
dalam mengerjakan
tugas LKS.
b. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli
tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim
mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh
Mengasosiasi
a.
Peserta didik menganalisis proses
pembentukan minyak bumi dan gas alam, komponen utama penyusun minyak bumi,
b.
Peserta didik menganalisis cara pengolahan minyak
bumi
c.
Peserta didik menganalisis proses penyulingan
bertingkat untuk menyimpulkan cara pemisahan minyak bumi menjadi fraksi nya
d.
Peserta didik menganalisi
perbedaan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya
Mengkomunikasikan
a. Setiap kelompok ahli mempresentasikan hasil diskusi
kelompok dan kelompok lain menanggapinya
|
155 menit
|
C. Kegiatan Penutup
a.
Peserta didik mengerjakan soal evaluasi
b.
Peserta didik menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan bimbingan guru.
c.
Guru memberikan refleksi
d.
Peserta didik mendengarkan arahan guru
tentang pembelajaran selanjutnya mengenai dampak pembakaran minyak bumi
|
15 menit
|
H.
Penilaian (Terlampir)
No
|
Aspek
|
Jenis/teknik penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Soal
essay/menjodohkan
|
3
|
Keterampilan
|
-
Penilaian kinerja
kinerja
presentasi
|
-
Lembar penilaian presentasi
|
Mengetahui, Banda
Aceh, Juli 2014
Kepala Sekolah
Guru
Bidang Studi
U S
M A N, S.Pd Rita Zahara, S.Si
NIP. 19651231
198903 1 282 NIP.19780329 200701 2 018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar