Minggu, 06 Desember 2015

Rpp kimia Dampak pembakaran bahan bakar dan cara mengatasinya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       :    SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran       :    Kimia
Kelas/Semester      :    XI/Satu           
Materi pokok         :   Dampak pembakaran bahan bakar dan cara  mengatasinya
Alokasi Waktu      :    6  JP

A.           Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1           Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2           Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1           Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2           Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3           Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuatkeputusan.
3.3           Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
Indikator:
1.         Menganalisis produk pembakaran sempurna dan tidak sempurna dari senyawa hidrokarbon.(C4)
2.         Menganalisis dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.(C4)
3.         Menjelaskan cara mengatasi pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.(C2)
4.3           Menyajikan hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
Indikator:
4.         Mempresentasikan hasil pemahaman terhadap dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.
5.         Mempresentasikan upaya untuk mengatasi pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.
C.           Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat:
1.      Menyadari adanya keteraturan sifat hidrokarbon sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
2.      Menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
3.      Menunjukkan  sikap kerajinan dan kepedulian.
4.      Menganalisis produk pembakaran sempurna dan tidak sempurna dari senyawa hidrokarbon.
5.      Menganalisis dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.
6.      Menjelaskan cara mengatasi pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.
7.      Mempresentasikan hasil pemahaman terhadap dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.
8.      Mempresentasikan upaya untuk mengatasi pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.
D.           Materi Pembelajaran
1.    Fakta     :   -    Bahan bakar,
-          Pencemaran lingkungan
-     Gangguan kesehatan
2.    Konsep  :  -    Pembakaran sempurna
-          Pembakaran tidak sempurna
3.    Prinsip   :  -    Pembakaran sempurna  menghasilkan gas CO2 dan uap air
-          Pembakaran tidak sempurna menghasilkan gas CO. CO2,  Oksida belerang (SO2 dan SO3), Oksida nitrogen (NO dan NO­2 ) dan timbal
4.    Prosedur :  -    Dampak pembakaran bahan bakar mencemari lingkungan dan kesehatan
-          Upaya  untuk mengatasinya
-          Mencari bahan bakar alternatif
E.            Metode Pembelajaran
1.             Model         : Discovery Learning
2.             Pendekatan          : Saintifik
3.             Metode      : Diskusi, tanya jawab, ceramah.
F.            Media dan Sumber Pembelajaran
1.             Media.
-       PPT
-       LKS
-       Hand out
2.             Sumber Belajar
a.    Ari Harnanto dan Ruminten. 2009. Kimia 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.    Budi Utami, A. Nugroho, L. Mahardiani, S. Yamtimah, dan  B. Mulyni. 2009. Kimia 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
c.    Michael Purba. 2006. Kimia Untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga.
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
A.    Pendahuluan
1.            Peserta didik duduk dalam kelompok yang telah disepakati
2.            Guru merespon  salam dari peserta didik, dan sebaliknya peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan  absensi
3.            Guru mengajukan pertanyaan tentang frakrasi-fraksi minyak bumi.
4.            Guru menampilkan gambar (orang yang jalan dijalan raya dengan menutup mulut dan hidung) Apa penyebab orang itu menutup mulut dan hidung?
5.            Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6.            Guru  menagih secara lisan tugas baca dan mencari artikel tentang dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternative selain dari minyak bumi dan gas alam.
10
B.    Kegiatan Inti 
Mengamati
1.            Peserta didik mengkaji hand out dan literatur tentang dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
2.            Masing-masing kelompok diminta mengkaji LKS yang telah diberikan.
Menanya
1.             Peserta didik bertanya kepada guru tentang materi yang belum dimengerti
Mengumpulkan Data
1.            Peserta didik mengumpulkan informasi tentang dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.
2.             Peserta didik berdiskusi dalam kelomok untuk membahas LKS
Mengasosiasi
1.            Setiap kelompok menyimpulkan dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
2.            Setiap kelompok mengajukan gagasan tentang bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.
Mengomunikasikan

1.            Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompok dan memberi gagasan bahan bakar alternatif
2.            Peserta didik menanggapi hasil kerja kelompok lain.
195’


C.    Penutup
1.            Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
2.            Peserta didik mengerjakan latihan soal secara indvidu
3.            Guru memberikan refleksi.
4.            Guru memberikan kegiatan mandiri tidak terstruktur kepada peserta didik untuk membuat arang aktif dari tempurung kelapa sebagai bahan bakar alternatif.
5.            Guru menginformasikan minggu depan UH
20’


H.     Penilaian
No
Aspek
Jenis/teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.
Sikap
-          Observasi Kerja Kelompok
-     Lembar Observasi
2.
Pengetahuan
-          Tes Tertulis
-          Soal Objektif
3.
Ketrampilan
-          Kinerja Presentasi
-          KMTT

-          Lembar Observasi
-          Lembar Observasi


1
Mengetahui,                                                                             Banda Aceh,      Juli 2014
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Bidang Studi


U  S  M  A  N, S.Pd                                                                               Rita Zahara, S.Si
NIP. 19651231 198903 1 282                                                 NIP.19780329 200701 2 018




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar