RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/Satu
Materi pokok : Dampak pembakaran bahan bakar dan cara mengatasinya
Alokasi Waktu : 6
JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI
4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari
adanya
keteraturan
dari
sifat
hidrokarbon, termokimia,
laju reaksi, kesetimbangan
kimia, larutan
dan
koloid
sebagai
wujud
kebesaranTuhan YME dan
pengetahuan
tentang
adanya
keteraturan
tersebut
sebagai
hasil
pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Mensyukuri kekayaan alam Indonesia
berupa minyak bumi, batubara dan gas
alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat
dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, disiplin, jujur,
objektif, terbuka, mampu membedakan
fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun,
toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber
daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsifdan
pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan
membuatkeputusan.
3.3
Mengevaluasi dampak pembakaran
senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
Indikator:
1.
Menganalisis produk pembakaran sempurna dan tidak sempurna
dari senyawa hidrokarbon.(C4)
2.
Menganalisis dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap
lingkungan dan kesehatan.(C4)
3.
Menjelaskan cara mengatasi pembakaran senyawa hidrokarbon
terhadap lingkungan dan kesehatan.(C2)
4.3
Menyajikan hasil evaluasi dampak
pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk
mengatasinya.
Indikator:
4.
Mempresentasikan
hasil pemahaman terhadap dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan.
5.
Mempresentasikan
upaya untuk mengatasi pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan
data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat:
1.
Menyadari
adanya keteraturan sifat
hidrokarbon
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
2.
Menunjukan
sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
3.
Menunjukkan
sikap kerajinan dan kepedulian.
4. Menganalisis produk pembakaran
sempurna dan tidak sempurna dari senyawa hidrokarbon.
5. Menganalisis dampak pembakaran
senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.
6. Menjelaskan cara mengatasi pembakaran
senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan.
7. Mempresentasikan hasil pemahaman terhadap dampak pembakaran senyawa hidrokarbon
terhadap lingkungan dan kesehatan.
8. Mempresentasikan upaya untuk mengatasi pembakaran senyawa hidrokarbon
terhadap lingkungan dan kesehatan.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Fakta :
- Bahan bakar,
-
Pencemaran lingkungan
- Gangguan
kesehatan
2.
Konsep : -
Pembakaran sempurna
-
Pembakaran tidak sempurna
3. Prinsip :
- Pembakaran sempurna menghasilkan gas CO2
dan uap air
-
Pembakaran tidak sempurna menghasilkan
gas CO. CO2, Oksida belerang
(SO2 dan SO3), Oksida nitrogen (NO dan NO2 ) dan timbal
4. Prosedur
: - Dampak pembakaran bahan
bakar mencemari lingkungan dan kesehatan
-
Upaya untuk mengatasinya
-
Mencari
bahan bakar alternatif
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Model :
Discovery Learning
2.
Pendekatan :
Saintifik
3.
Metode : Diskusi, tanya jawab, ceramah.
F.
Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Media.
-
PPT
-
LKS
-
Hand
out
2.
Sumber Belajar
a.
Ari Harnanto dan
Ruminten. 2009. Kimia 1 untuk SMA/MA
Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.
Budi Utami, A. Nugroho, L. Mahardiani, S. Yamtimah,
dan B. Mulyni.
2009. Kimia 1 untuk SMA/MA Kelas X.
Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
c.
Michael Purba. 2006. Kimia Untuk SMA kelas X. Jakarta :
Erlangga.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
A. Pendahuluan
1.
Peserta didik duduk dalam kelompok yang telah disepakati
2.
Guru merespon salam dari peserta didik, dan sebaliknya peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan absensi
3.
Guru mengajukan pertanyaan tentang frakrasi-fraksi minyak
bumi.
4.
Guru menampilkan gambar (orang yang jalan dijalan raya dengan menutup mulut
dan hidung) Apa penyebab orang itu menutup mulut dan hidung?
5.
Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6.
Guru menagih secara lisan tugas baca dan mencari
artikel tentang dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk
mengatasinya serta mencari bahan bakar alternative selain dari minyak bumi
dan gas alam.
|
10’
|
B. Kegiatan Inti
Mengamati
1.
Peserta didik mengkaji hand out dan literatur tentang dampak
pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk
mengatasinya.
2.
Masing-masing kelompok diminta mengkaji
LKS yang telah diberikan.
Menanya
1.
Peserta didik bertanya kepada guru tentang materi yang belum
dimengerti
Mengumpulkan
Data
1.
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk
mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan
gas alam.
2.
Peserta didik berdiskusi dalam kelomok untuk membahas LKS
Mengasosiasi
1.
Setiap kelompok menyimpulkan dampak pembakaran hidrokarbon terhadap
lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
2.
Setiap kelompok mengajukan gagasan tentang bahan bakar alternatif
selain dari minyak bumi dan gas alam.
Mengomunikasikan
1.
Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompok dan
memberi gagasan bahan bakar alternatif
2.
Peserta
didik menanggapi hasil kerja kelompok lain.
|
195’
|
C. Penutup
1.
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
2.
Peserta didik mengerjakan latihan soal secara indvidu
3.
Guru memberikan refleksi.
4.
Guru memberikan kegiatan mandiri tidak terstruktur kepada peserta
didik untuk membuat arang aktif dari tempurung kelapa
sebagai bahan bakar alternatif.
5.
Guru menginformasikan minggu depan UH
|
20’
|
H. Penilaian
No
|
Aspek
|
Jenis/teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi Kerja Kelompok
|
-
Lembar
Observasi
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Tes Tertulis
|
-
Soal Objektif
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja Presentasi
-
KMTT
|
-
Lembar
Observasi
-
Lembar Observasi
|
1
Mengetahui, Banda
Aceh, Juli 2014
Kepala
Sekolah
Guru
Bidang Studi
U S
M A N, S.Pd Rita Zahara, S.Si
NIP.
19651231 198903 1 282 NIP.19780329 200701 2 018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar