Jumat, 20 November 2015

rpp pencegah penyakit melalui aktivitas aktivitas fisik sma 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan          :  SMA NEGERI  5 Banda Aceh
Kelas/Semester                :  XI (ganjil)
Mata Pelajaran               : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan          
Tema/Topik                     : Pencegahan penyakit melalui aktivitas fisik
Pertemuan ke                  : 3x pertemuan
Waktu                              : 2 X 45 menit  
A. Kompetensi Inti :             
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.         Kompetensi Dasar dan Indikator:               
1.1     Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.

2.1  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.

2.2                Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar:

2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:

3.10  Menganalisis peran aktifitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan
3.10.1.  Mendiskripsikan tentang jenis aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan
3.10.2.  Mendeskripsikan tentang berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gerak
3.10.3.  Mendeskripsikan hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan organ paru, jantung dan peredaran darah

4.10     Menyajikan hasil analisis peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan .
4.10.1.           Mempresentasikan hasil identifikasi tentang jenis aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan.
4.10.2. Mempresentasikan tentang berbagai jenis penyakit yang disebabkan kekurangan gerak
4.10.3  Mempresentasikan hasil analisis hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan organ paru, jantung dan peredaran darah
C. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.        Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas
2.    Menunjukkan sikap yang bertanggung jawab terhadap pendapat orang lain
3.    Menerapkan prinsip keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
3.    Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
4.    Mengidentifikasi jenis aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan
5.    Mengidentifikasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gerak
6.    Mengidentifikasi hubungan aktivitas fisik dengan  kesehatan organ paru, jantung, dan peredaran darah
7.    Menjelaskan hubungan antara dampak aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan
8..   Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas


D.  Materi Pembelajaran :
1.      Pencegahan penyakit melalui aktifitas fisik
a.       Jenis aktifitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan
b.      Berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gerak
c.       Hubungan antara dampak aktifitas fisik dengan kesehatan organ paru, jantung, dan peredaran darah
d.      Hubungan antara dampak aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan

E. Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Metode                 : Discovery Learning

F.  Kegiatan Pembelajaran.
·         Pertemuan Pertama
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·         Tanya jawab materi sebelumnya mengenai Teori tentang kesehatan pribadi

10 menit
Inti

Mengamati
·       Peserta didik mencari dan membaca berbagai informasi tentang pengaruh aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan dari berbagai sumber media cetak dan atau elektronik serta membuat laporannya.
Menanya
·         Peserta didik saling bertanya tentang pengaruh aktivitas fisik terhadap kesehatan, dan kaitannya dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan.

Mengeksplorasi
·         Mengidentifikasi jenis aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan.
·         Mengidentifikasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurang gerak.
·         Mengidentifikasi hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan organ paru, jantung, dan peredaran darah.

Mengasosiasi
·         Menemukan hubungan antara dampak aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan melalui diskusi kelompok.
·         Membuat laporan hasil diskusi dan power point tentang hubungan antara dampak aktivitas fisik, kesehatan dan pengurangan biaya perawatan kesehatan secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas

Mengkomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas.


90 Menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang pencegahan penyakit melalui aktivitas fisik
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
·         Berdoa dan mengucapkan salam

25 Menit

·         Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·         Tanya jawab materi sebelumnya mengenai Teori tentang kesehatan pribadi

10 menit



Inti

Mengamati
·       Peserta didik mencari dan membaca berbagai informasi tentang pengaruh aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan dari berbagai sumber media cetak dan atau elektronik serta membuat laporannya.
Menanya
·         Peserta didik saling bertanya tentang pengaruh aktivitas fisik terhadap kesehatan, dan kaitannya dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan.

Mengeksplorasi
·         Mengidentifikasi jenis aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan.
·         Mengidentifikasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurang gerak.
·         Mengidentifikasi hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan organ paru, jantung, dan peredaran darah.

Mengasosiasi
·         Menemukan hubungan antara dampak aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan melalui diskusi kelompok.
·         Membuat laporan hasil diskusi dan power point tentang hubungan antara dampak aktivitas fisik, kesehatan dan pengurangan biaya perawatan kesehatan secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas

Mengkomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas.


90 Menit



Penutup
·        Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang pencegahan penyakit melalui aktivitas fisik
·        Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·        Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi
·      Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·      Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
·      Berdoa dan mengucapkan salam

25 Menit


G.  Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-          Laptop
-          LCD
-          Alat peraga
-          Poster
2.      Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai

H.  Penilaian
1.       Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.

RUBRIK PENILAIAN SIKAP DALAM POLA HIDUP SEHAT

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
A.     Sportif

1.     Menghargai pendapat teman

2.     Menerima saran dan kritik dari teman

3.     Mentaati tata tertib atau aturan yang telah dibuat

B.     Tanggung jawab

1.      Mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru

2.      Menunjukkan sikap yang bertanggung jawab terhadap pendapat orang lain

3.      Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.

4.      Menjaga ketertiban lingkungan sekitar

5.      Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya

C.     Disiplin

1.    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan

2.    Mengikuti semua proses pembelajaran

JUMLAH

JUMLAH MAKSIMAL  :  10


100%

X
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal

NILAI
KRITERIA
90 – 100
Amat Baik ( AB)
78 – 89
Baik  (B)
66 – 77
Cukup (C)
<65
Kurang (K)

2.      Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep pola hidup sehat.
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah


1
2
3
4
1
·Jelaskan jenis aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan !





2
·        Jelaskan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurang gerak !





3
·       Jelaskan hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan paru, jantung dan peredaran darah





4
·        Jelaskan hubungan antara dampak aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit, dan kaitannya dengan perawatan kesehatan





5
·         Jelaskan bagaimana cara melakukan aktivitas fisik yang baik dan benar untuk perawatan kesehatan !






Keterangan:
1.      Skor 4:  Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator .
2.      Skor 3Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.      Skor 2: Jikapeserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.      Skor 1:    Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan.


Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

100

X
                                            
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                             Jumlah skor maksimal

3.      Tes unjuk kerja (keterampilan): 
1). Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilan dilakukan melalui penilaian proses, yaitu: Mempresentasikan hasil kerja kelompok

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3


100

X
                     Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal


RUBRIK PENILAIAN  TES UNJUK KERJA

No
Dimensi
Indikator
Deskripsi
Nilai
3
2
1
1
Mempresentasi-kan hasil analisis  tentang peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan
        1.     Penguasaan materi yang           dipresentasikan
·         Memaparkan  materi dengan baik, lengkap dan sistematis

·         Mampu menjawab semua pertanyaan dari kelompok lain
·         Membuat kesimpulan dengan jelas dan ringkas
2 .    Cara menyajikan materi
·         Menyajikan materi dengan power point

·         Menggunakan media pembelajaran elektronik (Laptop, Infocus/LCD, Video, dll)
·         Memaparkan materi sesuai dengan waktu yang ditentukan
3.      Membuat laporan hasil kerja kelompok
·         Laporan hasil kerja kelompok disusun dengan baik, lengkap

·         Laporan disusun dengan sistematis
·         Laporan dijilid dengan rapi
·          

















Keterangan :
1.         Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
2.         Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
3.         Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
4.         Nilai maksimal adalah 9










            Guru Pamong                                                              Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                           Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                  1211040033                           


Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            





Tidak ada komentar:

Posting Komentar