RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 5 Banda Aceh
Kelas/Semester : XI (ganjil)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tema/Topik : Pencegahan penyakit melalui aktivitas
fisik
Pertemuan ke : 3x pertemuan
Waktu : 2 X 45 menit
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
2.1 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh
harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.2
Bertanggung jawab dalam penggunaan
sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar:
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik:
3.10 Menganalisis
peran aktifitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan
kesehatan
3.10.1.
Mendiskripsikan tentang jenis
aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan
3.10.2.
Mendeskripsikan tentang berbagai jenis penyakit yang
disebabkan oleh kekurangan gerak
3.10.3.
Mendeskripsikan hubungan aktivitas fisik dengan
kesehatan organ paru, jantung dan peredaran darah
4.10 Menyajikan
hasil analisis peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan
biaya perawatan kesehatan .
4.10.1. Mempresentasikan hasil identifikasi
tentang jenis aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan.
4.10.2. Mempresentasikan tentang berbagai jenis
penyakit yang disebabkan kekurangan gerak
4.10.3 Mempresentasikan hasil analisis hubungan
aktivitas fisik dengan kesehatan organ paru, jantung dan peredaran darah
C. Tujuan:
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.
Membiasakan berdoa
sebelum dan sesudah melakukan aktivitas
2. Menunjukkan
sikap yang bertanggung jawab terhadap pendapat orang lain
3. Menerapkan
prinsip keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
3. Menunjukkan sikap disiplin
selama mengikuti pembelajaran .
4. Mengidentifikasi jenis aktivitas
fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan
5. Mengidentifikasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurangan
gerak
6. Mengidentifikasi hubungan
aktivitas fisik dengan kesehatan organ
paru, jantung, dan peredaran darah
7. Menjelaskan hubungan antara dampak aktivitas fisik dengan kesehatan,
penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan
8.. Mempresentasikan hasil kerja
kelompok di depan kelas secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku
disiplin, kerjasama, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas
D. Materi Pembelajaran :
1.
Pencegahan penyakit melalui aktifitas fisik
a. Jenis
aktifitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan
b. Berbagai
jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gerak
c. Hubungan
antara dampak aktifitas fisik dengan kesehatan organ paru, jantung, dan
peredaran darah
d. Hubungan
antara dampak aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit dan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
E. Metode
Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Metode
: Discovery Learning
F. Kegiatan Pembelajaran.
·
Pertemuan Pertama
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian
fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Tanya
jawab materi sebelumnya
mengenai Teori tentang kesehatan pribadi
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mencari dan membaca berbagai
informasi tentang pengaruh aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit,
dan pengurangan biaya perawatan kesehatan dari berbagai sumber media cetak dan atau
elektronik serta membuat laporannya.
Menanya
·
Peserta
didik saling bertanya tentang pengaruh aktivitas fisik
terhadap kesehatan, dan kaitannya dengan pengurangan biaya perawatan
kesehatan.
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi jenis aktivitas fisik yang
berdampak baik terhadap kesehatan.
·
Mengidentifikasi berbagai jenis penyakit yang
disebabkan oleh kekurang gerak.
·
Mengidentifikasi hubungan aktivitas fisik dengan
kesehatan organ paru, jantung, dan peredaran darah.
Mengasosiasi
·
Menemukan hubungan antara dampak aktivitas fisik
dengan kesehatan, penyakit, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan melalui
diskusi kelompok.
·
Membuat laporan hasil diskusi dan power point
tentang hubungan antara dampak aktivitas fisik, kesehatan dan pengurangan
biaya perawatan kesehatan secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku
disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama melakukan
aktivitas
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
di depan kelas dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan,
dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas.
|
90 Menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang
pencegahan penyakit melalui aktivitas fisik
·
Siswa
melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi
·
Memberikan umpan
balik dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
·
Berdoa dan mengucapkan
salam
|
25 Menit
|
·
Pertemuan Kedua
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian
fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
Memberikan motivasi dan menjelaskan
tujuan pembelajaran.
·
Tanya
jawab materi
sebelumnya mengenai Teori tentang kesehatan pribadi
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mencari dan membaca berbagai
informasi tentang pengaruh aktivitas fisik dengan kesehatan, penyakit,
dan pengurangan biaya perawatan kesehatan dari berbagai sumber media cetak dan atau elektronik serta membuat laporannya.
Menanya
·
Peserta
didik saling bertanya tentang pengaruh aktivitas fisik
terhadap kesehatan, dan kaitannya dengan pengurangan biaya perawatan
kesehatan.
Mengeksplorasi
·
Mengidentifikasi jenis aktivitas fisik yang berdampak
baik terhadap kesehatan.
·
Mengidentifikasi berbagai jenis penyakit yang
disebabkan oleh kekurang gerak.
·
Mengidentifikasi hubungan aktivitas fisik dengan
kesehatan organ paru, jantung, dan peredaran darah.
Mengasosiasi
·
Menemukan hubungan antara dampak aktivitas fisik
dengan kesehatan, penyakit, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan melalui
diskusi kelompok.
·
Membuat laporan hasil diskusi dan power point
tentang hubungan antara dampak aktivitas fisik, kesehatan dan pengurangan
biaya perawatan kesehatan secara berkelompok dengan menunjukkan perilaku
disiplin, kerjasama, kedisiplinan, toleransi, dan tanggungjawab selama
melakukan aktivitas
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
di depan kelas dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, kedisiplinan,
dan tanggungjawab selama melakukan aktivitas.
|
90 Menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang
pencegahan penyakit melalui aktivitas fisik
·
Siswa
melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Melakukan refleksi oleh guru
dengan melibatkan peserta didik tentang materi
· Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
· Berdoa dan mengucapkan salam
|
25 Menit
|
G.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
Alat peraga
-
Poster
2.
Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
- Buku referensi lain yang sesuai
H. Penilaian
1. Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati
sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang
diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan. Tiap perilaku yang di
cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK PENILAIAN SIKAP DALAM POLA HIDUP SEHAT
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
A. Sportif
|
|
1.
Menghargai
pendapat teman
|
|
2.
Menerima
saran dan kritik dari teman
|
|
3.
Mentaati
tata tertib atau aturan yang telah dibuat
|
|
B. Tanggung jawab
|
|
1.
Mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan
oleh guru
|
|
2.
Menunjukkan sikap yang bertanggung jawab terhadap
pendapat orang lain
|
|
3.
Menjaga
keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
|
|
4.
Menjaga
ketertiban lingkungan sekitar
|
|
5.
Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
C.
Disiplin
|
|
1.
Mengikuti kegiatan sesuai waktu
yang ditentukan
|
|
2.
Mengikuti semua proses
pembelajaran
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH MAKSIMAL
: 10
|
100%
|
X
|
Jumlah
skor maksimal
NILAI
|
KRITERIA
|
90 –
100
|
Amat
Baik ( AB)
|
78 –
89
|
Baik (B)
|
66 –
77
|
Cukup
(C)
|
<65
|
Kurang
(K)
|
2.
Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau
tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep
pola hidup sehat.
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
·Jelaskan jenis aktivitas fisik yang berdampak baik terhadap kesehatan
!
|
|||||
2
|
·
Jelaskan berbagai jenis penyakit yang disebabkan
oleh kekurang gerak !
|
|||||
3
|
· Jelaskan
hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan paru, jantung dan peredaran darah
|
|||||
4
|
·
Jelaskan hubungan antara dampak aktivitas fisik
dengan kesehatan, penyakit, dan kaitannya dengan perawatan kesehatan
|
|||||
5
|
·
Jelaskan bagaimana cara melakukan aktivitas fisik yang
baik dan benar untuk perawatan kesehatan !
|
Keterangan:
1.
Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator .
2.
Skor 3: Jika
peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.
Skor 2: Jikapeserta
didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.
Skor 1: Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan
di atas mampu dijelaskan.
Penilaian terhadap
kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
|
X
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk kerja (keterampilan):
1). Petunjuk
Penilaian
Penilaian
aspek keterampilan dilakukan melalui penilaian proses, yaitu: Mempresentasikan
hasil kerja kelompok
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian,
dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
100
|
X
|
Jumlah
skor maksimal
RUBRIK PENILAIAN TES UNJUK
KERJA
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
Deskripsi
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Mempresentasi-kan hasil analisis tentang peran aktivitas fisik dalam
pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan
|
1.
Penguasaan
materi yang dipresentasikan
|
·
Memaparkan materi dengan
baik, lengkap dan sistematis
|
|||
·
Mampu menjawab semua pertanyaan dari kelompok lain
|
||||||
·
Membuat kesimpulan dengan jelas dan ringkas
|
||||||
2 . Cara menyajikan materi
|
·
Menyajikan materi dengan power point
|
|||||
·
Menggunakan media pembelajaran elektronik (Laptop,
Infocus/LCD, Video, dll)
|
||||||
·
Memaparkan materi sesuai dengan waktu yang ditentukan
|
||||||
3.
Membuat laporan hasil kerja kelompok
|
·
Laporan hasil kerja kelompok disusun dengan baik, lengkap
·
Laporan disusun dengan sistematis
·
Laporan dijilid dengan rapi
·
|
Keterangan
:
1.
Peserta
mendapatkan nilai 3, apabila ada tiga
indikator yang dilakukan benar.
2.
Peserta
mendapatkan nilai 2, apabila ada dua
indikator yang dilakukan benar.
3.
Peserta
mendapatkan nilai 1, apabila ada satu
indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan
benar
4.
Nilai
maksimal adalah 9
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015
Guru
praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
Tidak ada komentar:
Posting Komentar