Jumat, 20 November 2015

Rpp lari sprint sma 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

     Nama Sekolah         : SMA Negeri  5 Banda Aceh
    Mata Pelajaran         : lari sprint
Kelas/Semester           : XI (ganjil)
Alokasi Waktu                    : 3 X 45 menit

A. Kompetensi Inti    
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasardan Indikator
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.

2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran

2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.  

2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.

3.3 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan nomor-nomor atletik (jalan dan lari) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
3.3.1. Melakukan start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.3.2. Melakukan analisa gerakan start, gerakan lari, memasuki garis finish, gerakan lanjut setelah masuk finish

4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan nomor-nomor atletik (jalan dan lari) dengan koordinasi gerak yang baik.
4.3.1.Perlombaan atletik lari jarak pendek 100 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai disiplin, semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran.

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.  Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.  Menunjukkan sikap sportif dalam perlombaan.
3.  Menerapkan prinsip keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
4.  Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
5.  Melakukan teknik dasar lari jarak pendek 100 meter melalui latihan start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
6.  Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
7.  Melakukan perlombaan lari jarak pendek 100 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

D. Materi Pembelajaran
    Atletik (Lari jarak pendek)
1. Start
Menurut IAAF (2001;6) suatu start yang baik ditandai dengan sifat-sifat berikut;
a. Kosentrasi penuh dan menghapus semua gangguan dari luar saat dalam posisi aba-aba “bersediaaaaa”
b. Meng-adopsi sikap yang sesuai pada posisi saat aba-aba “siaaap”
c. Suatu dorongan explosif oleh kedua kaki terhadap start-blok, dalam sudut start yang maksimal
Teknik yang digunakan untuk start harus menjamin bahwa kemungkinan power yang terbesar dapat dibangkitkan oleh atlet sedekat mungkin dengan sudut-start optimum 450. setelah kemungkinan reaksi yang tercepat harus disusul dengan suatu gerak (lari) percepatan yang kencang dari titik-pusat gravitasi dan langkah-langkah pertama harus menjurus kemungkinan maksimum.
Ada tiga variasi dalam start-jongkok yang ditentukan oleh penempatan start-blok relatif terhadap garis start: a. Start-pendek (bunch-start), b. Start-medium (medium-start), c. Start-panjang (elongated-start). Start medium adalah umumnya yang disarankan, ejak ini memberi peluang kepada para atlet untuk menerapkan daya dalam waktu yang lebih lama daripada start-panjang (menghasilkan kecepatan lebih tinggi), tetapi tidak menuntut banyak kekuatan seperti pada start-pendek (bunch-start). Suatu pengkajian terhadap teknik start-jongkok karenanya dapat dimulai dengan start medium. Ada tiga bagian dalam gerakan start, yaitu:
a. Posisi “bersediaaa”
Pada posisi ini sprinter mengambil sikap awal atau posisi “bersediaaa”, kaki yang paling cepat/tangkas ditempatkan pada permukaan sisi miring blok yang paling depan. Tangan diletakkan dibelakang garis start dan menopang badan (lihat gambar ). Kaki belakang ditempatkanpada permukaan blok belakang, mata memandang tanah kedepan, leher rileks, kepala segaris dengan tubuh (lihat gambar).

2. Akselerasi
Ø Pada tahap akselerasi diupayakan frekuensi lari yang tinggi secepat mungkin dengan dari sedikit mengadopsi postur lari yang normal. Ciri-ciri dari tahap ini adalah:
Ø a. Kontak awal dengan lintasan oleh ayunan kaki depan selebar kurang lebih 30 cm dibelakang proyeksi vertikal titik pusat gravitasi.
Ø b. kecepatan langkah setinggi mungkin dengan tahap melayang yang pendek.
Ø c. Tahap dukungan pendek memerlukan dorongan kuat dari telapak kaki.
Ø d. Badan diluruskan dari sedikit menuju lari yang normal setelah 10 langkah kira-kira 20 meter.
Ø Setiap langkah sprint terdiri dari tahap-tahap kontak dengan tanah (atau dukungan) dan suatu tahap melayang (atau ayunan). Tahap-tahap ini dapat diuraikan lebih lanjut kedalam tahap sangga/topang depan (front support) dan tahap sangga/topang belakang (rear support) serta tahap ayunan depan (front swing) dan tahap ayunan belakang (rear swing).
3. masuk finish
Gerakan melewati garis finish
Gerakan yang dilakukan pelari pada saat mencapai garis finish. Gerakan tersebut diantaranya
a.                      Tetap berlari pada kecepatan tinggi.
b.                      Dada dicondongkan ke depan atau kepala lebih dulu didepan dan kedua tangan dianyunkan ke bawah belakang dengan gerakan seperti merobohkan diri.
Bahu sebelah maju. Teknik ini dilakukan dengan cara memutar dada ke depan dengan ayunan tangan ke depan atas. Jika yang maju bahu kanan tangan kanan lah yang diayunkan

4.Gerakan lanjut setelah masuk finish
Ø Tahap pemulihan (recovery). Otot-otot flexor lutut mengangkat tumit kedepan pantat dengan pembengkokan (flexio) kedepan serentak dari otot-otot paha. Tungkai bawah tetap ditekuk ketat terhadap paha mengurai momen inertia. Lutut yang memimpin dipersiapkan untuk suatu ayunan ke depan yang relax dari tungkai bawah dalam langkah mencakar berikutnya. Lutut dorong yang aktif mennyangga pengungkit pendek dari kaki ayun. Kecepatan sudut optimal pada paha berayun kedepan menolong menjamin frekuensi langkah lari yang tinggi.
Ø Tujuan dan fungsi dari tahap ini adalah agar kaki dorong putus kontak dengan tanah. Kaki rilex, mengayun aktif menuju pembuatan langkah diatas lutut kaki sangga dan sebagai tahap lanjutan dan persiapan angkatan lutut.:
C.      Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan: saintifik (scientific)
2.     Resiprokal(Saling menilai sesama teman)
3.     Bagian dan keseluruhan (Part and whole)

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1

KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.     Guru datang tepat waktu/5 menit sebelum pelajaran dimulai dan memastikan setiap siswa datang tepat waktu
2.     Guru menegur siswa yang terlambat dengan sopan
3.     Guru membariskan siswa,memberi salam dan berdoa sebelum belajar.
4.   Guru mengecek kehadiran siswa.
5.     Guru dan siswa mendo’akan siswa yang tidak hadir karena sakit atau halangan lainnya
6.     Guru mempersilakan siswa untuk mempersiapkan diri dalam pembelajaran.
7.     Guru menjelaskan Kompetensi Dasar yang harus di capai.
8.     Guru memberikan penjelasan tujuan pembelajaran.
9.     Pemanasan khusus lari jarak pendek dalam bentuk permainan
15 menit
Inti
·Guru memberikan pertanyaan pancingan yang terkait dengan teknik dasar dalam lari jarak pendek( Menggembangkan rasa ingin tahu )
·Peserta didik distimulus berupa pemberian materi dasarlari jarak pendek
·Guru memberi penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·Melakukan latihan teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·Perlombaan lari jarak pendek 100 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok.
Guru mengevaluasi/memberikan umpan balik terhadap latihan yang telah dilakukan siswa dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan latihan yang telah dilakukan siswa (menanamkan sikap saling menghargai, percaya diri, santun, kritis dan logis)
·Siswa menanggapi/melakukan refleksi dari hasil pengalaman belajar yang baru dilakukan. (menanamkan sikap memahami kelebihan dan kekurangan orang lain)
·Guru memberi motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif/belum maksimal dalam latihan (menanamkan sikap peduli dan percaya diri)
95 menit
Penutup
·Pendinginan.
·Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan lari jarak pendek ( 100 m)
Pendinginan (
·  Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·  Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·  Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
·  Berbaris dan berdoa  (menanamkan sikap disiplin dan religius
  25 Menit

Pertemuan Ke-2
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·        Merefleksikan kembali pelajaran pertemuan sebelumnya.
·        Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan dirumah
·        Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·        Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik dasar bulutangkis.
·        Membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok.

15 menit
Inti
·Guru memberikan pertanyaan pancingan yang terkait dengan teknik dasar dalam lari jarak pendek( Menggembangkan rasa ingin tahu )
·Peserta didik distimulus berupa pemberian materi dasarlari jarak pendek
·Guru memberi penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·Melakukan latihan teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·Perlombaan lari jarak pendek 100 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok.
Guru mengevaluasi/memberikan umpan balik terhadap latihan yang telah dilakukan siswa dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan latihan yang telah dilakukan siswa (menanamkan sikap saling menghargai, percaya diri, santun, kritis dan logis)
·Siswa menanggapi/melakukan refleksi dari hasil pengalaman belajar yang baru dilakukan. (menanamkan sikap memahami kelebihan dan kekurangan orang lain)
·Guru memberi motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif/belum maksimal dalam latihan (menanamkan sikap peduli dan percaya diri)

95 menit
Penutup
·  Pendinginan.
·  Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan lari jarak pendek ( 100 m)
Pendinginan (
o Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
o Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·  Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·  Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
·  Berbaris dan berdoa  (menanamkan sikap disiplin dan religius
25 menit

E.       Alat dan Sumber Belajar
1.Alat Pembelajaran :
·        Lintasan lari
·        Tali pembatas/kapur
·        Bendera start
·        Peluit

2.Sumber Pembelajaran :
·        Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku atletik
·        Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar atletik
o   Rekaman/cuplikan perlombaan lari jarak pendek

F.       Penilaian
1. Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.

RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN BOLAVOLI

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
A.   Sportif

1.    Menghargai teman dan lawan

2.    Menerima kekalahan

3.    Mentaati peraturan permainan

B.   Tanggung jawab

3.1.1    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya

3.1.2    Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan

3.1.3    Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.

3.1.4    Menjaga ketertiban lingkungan sekitar

3.1.5    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya

3.1.5.1         Disiplin

1.  Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan

2.  Mengikuti semua proses pembelajaran



JUMLAH MAKSIMAL  :  10

100%
X
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = 
                 Jumlah skor maksimal

NILAI
KRITERIA
90 – 100
Amat Baik ( AB)
78 – 89
Baik  (B)
66 – 77
Cukup (C)
<65
Kurang (K)


2.     Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai teknik lari jarak pendek (100 m)

No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah


1
2
3
4
1
Sebut dan Jelaskan macam-macam start jongkok





2
Sebutkan tehnik dasar lari jarak pendek





3
Jelaskan gerak akselerasi dalam lari 100 m





4
Jelaskan gerak masuk finish dalam lari 100 m





5
Jelaskan  kegunaan lari jarak pendek tehadap kehidupan sehari-hari.






Keterangan:
Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap

Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

100
X
                                    Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                    Jumlah skor maksimal


3.     Tes unjuk kerja (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar star lari 100 m
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
100
X
                 Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = 
                 Jumlah skor maksimal

RUBRIK PENILAIAN  PASSING BAWAH

No
Dimensi
Indikator
Deskripsi Gerak
Nilai
3
2
1
1
Sikap Awal
1.     Kaki
-   Kaki merenggang dengan santai

-   Lutut ditekuk dalam posisi rendah
-   Salah satu kaki di depan
2.     Tangan
-   Jari tangan digenggam

-   Kedua lengan di depan badan
-   Kedua lengan lurus
3.     Badan dan Pandangan Mata
-   Punggung direndahkan

-   Posisi badan relax
-   Pandangan ke depan
2

Pelaksanaan
1.     Kaki

-   Kaki bergerak ke arah datangnya bola

-   Kaki sedikit diulurkan
-   Lutut diluruskan
2.  Tangan
-   Pukullah bola jauh dari badan

-   Tangan lurus, sikut dikunci
-   Perkenaan bola pada lengan bagian bawah
3.   Badan dan Pandangan Mata
-   Berat badan dialihkan ke depan

-   Pinggul bergerak ke depan
-   Pandangan mata ke arah datangnya bola

3
Sikap Akhir
1.     Kaki
-   Salah satu kaki melangkah ke depan

-   Lutut diluruskan
-   Kedua kaki
2.     Tangan
-   Jari tangan digenggam

-   Landasan mengikuti bola ke sasaran
-   Lengan sejajar di bawah bahu
3.     Badan dan Pandangan Mata
-   Pindahkan berat badan ke arah sasaran

-   Badan diluruskan
-   Perhatikan bola ke arah sasaran


Keterangan :
1.        Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
2.        Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
3.        Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
4.        Nilai maksimal adalah 27
         









a.           Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar lari jarak pendek (100 meter), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

·              Contoh penilaian proses teknik dasar lari jarak pendek 100 meter (Penilaian keterampilan kecabangan)

No
Nama Siswa
Sikap Awal
Gerakan Lari
Finish
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















dsb





















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12





                  Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                  Jumlah skor maksimal

·              Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (lari jarak pendek 100 meter).

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
….. < 14 detik
….. < 16 detik
100%
Sangat Baik
14.01 – 15.00 detik
16.01 – 17.00 detik
90%
Baik
15.01 – 16.00 detik
17.01 – 18.00 detik
80%
Cukup
16.01 – 17.00 detik
18.01 – 19.00 detik
70%
Kurang
….. > 17.00 detik
….. > 19.00 detik
60%
Kurang Sekali

b.          Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18



    
   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                Jumlah skor maksimal

c.            Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar lari jarak pendek (100 meter) dengan metode resiprokal :
No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15



             
  Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                   Jumlah skor maksimal


      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam teknik dasar lari jarak pendek!
2.
Sebutkan macam-macam start lari jarak pendek!
3.
Jelaskan cara melakukan start lari jarak pendek!
4.
Jelaskan cara melakukan gerakan lari jarak pendek 100 meter!
5.
Jelaskan cara melakukan gerakan memasuki garis finish lari jarak pendek 100 meter!

2.           Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







NIlai Rata-rata







             
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  ----------------------------------------- X 100%
              Tiga Aspek Penilaian



Keterangan :
·        Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                = 91 – 100%
·        Mendapat nilai Baik, jika skor antara                  = 80 – 90%
·        Mendapat nilai Cukup, jika skor antara              = 70 – 79%
·        Mendapat nilai Kurang, jika skor antara             = 60 – 69%
·        Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara   = Kurang dari 60%








          Guru Pamong                                                       Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                             Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                           Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                            1211040033                           


\
Mengetahuai:
Kepala Sekolah




Usman,S.Pd                  
NIP.1965 1231 198903 1282           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar