Jumat, 20 November 2015

Rpp lompat juah sma 5

            
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                       (RPP)
Nama Sekolah               : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester             : XI(ganjil)
Materi Pokok                : Lompat Jauhn
Alokasi Waktu              : 3 JP

Standar Kompetensi   
                                            
1.  Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar        
1.3. Mempraktikkan keterampilan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator
1.             Melakukan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.             Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.             Perlombaan atletik lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai disiplin, semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran.

A.       Materi Pembelajaran
         Atletik (Lompat jauh)

1.       Teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.       Variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.       Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

B.      Metode Pembelajaran
1.       Demontrasi
2.       Inclusive (cakupan)
3.       Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.       Permainan (game)
5.       Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)


C.       Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
  - Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
 -  Pemanasan secara umum
-  Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya
-Pemanasan khusus lompat jauh dalam bentuk permainan


2. Kegiatan Inti (60 menit)
         Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
         Melakukan latihan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
         Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
         Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik (perorangan maupun berkelompok).
         Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
         Pendinginan (colling down)                      
         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari      
         Berbaris dan berdoa 

Pertemuan 2
1.       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
                        Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
                        Pemanasan secara umum
   Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya

2.    Kegiatan Inti (70 menit)
          Uji kompetensi lompat jauh

3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
         Pendinginan (colling down)
         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
          Berbaris dan berdoa  


.       Alat dan Sumber Belajar

1.       Alat Pembelajaran :
         Lintasan lompat jauh                     
         Bak lompat jauh
         Kapur
         Bendera
         Peluit


2.       Sumber Pembelajaran :
         Media cetak
    Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga
 dan  Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
   Buku atletik
         Media elektronik
   Audio/video visual teknik dasar atletik
   Rekaman/cuplikan perlombaan lompat jauh

D.       Penilaian
1.             Teknik dan Bentuk Penilaian
a.             Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar lompat jauh, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan jauhnya melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal
b.            Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal


c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik dasar lompat jauh dengan metode resiprokal :



                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal





      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam gaya lompat jauh!
2.
Jelaskan cara melakukan awalan lompat jauh!
3.
Jelaskan cara melakukan tumpuan lompat jauh!
4.
Jelaskan cara melakukan melayang di udara lompat jauh!
5.
Jelaskan cara melakukan mendarat lompat jauh!

E.PENILAIAN

2.             Rekapitulasi Penilaian

                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                  = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                           = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                          = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara              = Kurang dari 60%


 Guru Pamong                                                                         Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                            Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                                          Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                                             1211040033                           

Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            






Tidak ada komentar:

Posting Komentar