RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah
: SMA Negeri 5
Banda Aceh
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
: XI(ganjil)
Materi Pokok : Lompat Jauhn
Alokasi
Waktu :
3 JP
Standar
Kompetensi
1. Mempraktikkan berbagai keterampilan
permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
1.3. Mempraktikkan keterampilan keterampilan
atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama,
kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).
Indikator
1.
Melakukan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan
mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan,
melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.
Perlombaan atletik lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai disiplin, semangat,
sportivitas, percaya diri dan kejujuran.
A.
Materi Pembelajaran
Atletik (Lompat jauh)
1.
Teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat)
dengan koordinasi yang baik.
2.
Variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang
di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
3.
Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
B. Metode Pembelajaran
1.
Demontrasi
2.
Inclusive (cakupan)
3.
Bagian dan
keseluruhan (Part and whole)
4.
Permainan (game)
5.
Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
C. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan
pembelajaran.
- Pemanasan secara umum
- Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya
-Pemanasan khusus lompat jauh dalam bentuk permainan
2. Kegiatan Inti (60 menit)
Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar lompat jauh (awalan,
tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
Melakukan latihan teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di
udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat
jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang
baik.
Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan,
tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik
(perorangan maupun berkelompok).
Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi
secara berkelompok.
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
Pendinginan (colling down)
Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
Berbaris dan berdoa
Pertemuan 2
1. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji
kompetensi.
Pemanasan secara umum
Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya
2. Kegiatan
Inti (70 menit)
Uji kompetensi
lompat jauh
3. Kegiatan
Penutup (10 menit)
Pendinginan (colling down)
Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
Berbaris dan
berdoa
.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
Lintasan lompat jauh
Bak lompat jauh
Kapur
Bendera
Peluit
2. Sumber Pembelajaran :
Media cetak
Buku pegangan guru dan siswa SMA
Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
Lembar Kerja Siswa (LKS),
Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Buku atletik
Media
elektronik
Audio/video
visual teknik dasar atletik
Rekaman/cuplikan perlombaan
lompat jauh
D. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a.
Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar lompat jauh, unsur-unsur yang
dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan
dan jauhnya melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
Jumlah
skor yang diperoleh
Penilaian Proses = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
b. Tes Sikap (Afektif)
Penilaian
afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa
melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai
: kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian Afektif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik dasar lompat
jauh dengan metode resiprokal :
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1.
|
Sebutkan macam-macam gaya
lompat jauh!
|
2.
|
Jelaskan cara melakukan awalan
lompat jauh!
|
3.
|
Jelaskan cara melakukan tumpuan
lompat jauh!
|
4.
|
Jelaskan cara melakukan
melayang di udara lompat jauh!
|
5.
|
Jelaskan cara melakukan
mendarat lompat jauh!
|
E.PENILAIAN
2. Rekapitulasi Penilaian
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat
nilai Sangat Baik, jika skor antara
= 91 – 100%
- Mendapat
nilai Baik, jika skor
antara
= 80 – 90%
- Mendapat
nilai Cukup, jika skor
antara = 70 – 79%
- Mendapat
nilai Kurang, jika skor
antara = 60 – 69%
- Mendapat
nilai Kurang Sekali, jika skor
antara = Kurang dari 60%
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015
Guru praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
Tidak ada komentar:
Posting Komentar