Jumat, 20 November 2015

Rpp makanan minuman sehat sma 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
              
Sekolah                                   :  SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran                      Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :  XI (ganjil)
Materi                                     :  Makanan dan Minuman Sehat
Alokasi Waktu                       :  1x pertemuan (3 JP)

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.  Kompetensi Dasar

1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7    Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
3.2    Menganalis berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.2     Menyajikan hasil analisis berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

C.  Indikator
-       Menunjukkan sikap sportif dalam melakukan aktivitas.
-       Menunjukkan sikap kerjasama dalam melakukan aktivitas
-       Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
-       Menunjukkan sikap meghargai guru dan teman.
-       Menyebutkan jenis makanan yang sehat
-       Menyebutkan minuman yang sehat
-       Menjelaskan hasil analisis makanan sehat
-       Menjelaskan hasil analisis minuman sehat


D.  Materi Pembelajaran
1.    Pengertian Makanan Sehat
Makanan yang dikategorikan sebagai makanan sehat adalah makanan yang mengandung unsur-unsur zat yang dlbutuhkan tubuh dan tidak mengandung bibit penyakit atau racun. Namun, makanan yang dikategorikan sehat ini sangat berhubungan dengan sikap dan pola makan dari setiap orang. Jadi makanan yang mengandung unsur-unsur bergizi harus dlsertai dengan upaya

2.    Zat Makanan Sehat yang Dibutuhkan Tubuh
Manusia memerlukan zat makanan yang dlbutuhkan agar tubuh dapat beraktivas dengan normal. Untuk itu, tubuh kita harus diberi makanan yang bergizi dan sehat. Unsur-unsur makanan sehat adalah makanan yang mengandung zatzat seperti: protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, air dengan takaran yang seimbang.
a.    Protein, terutama terdapat didalam jaringan otot gerak, jantung, alat-alat yang mengandung otot polos, kulit, dan sel darah merah
b.    Zat lemak, terdapat dibawah kulit, disekitar jaringan otot juga didalam dinding rongga-rongga badan serta jaringan syaraf dan otak
c.    Karbohydrat (hidrat arang), merupakan zat gula yang terdapat di jaringanjaringan tubuh pada umumnya, terdapat di dalam aliran darah dan sebagian ditimbun didalam jaringan hati
d.   Air, terdapat hampir di semua jaringan tubuh
e.    Mineral, bagian terbesar dari tulang belulang manusia
f.     Vitamin, dibutuhkan seluruh tubuh
g.     Zat Besi, terdapat pada sel darah merah
h.    Yodium, terdapat dalam kelenjar gondok
i.      Zat kapur, terdapat dalam darah.


3.    Manfaat Unsur-unsur Makanan
Zat-zat yang dikandung dalam makanan mempunyai fungsi atau manfaatnya tersendiri bagi tubuh kita. Zat-zat yang dibutuhkan tubuh fungsinya sebagai zat tenaga, sebagai pembangun, sebagai pengatur, dan sebagainya.
a.    Zat tenaga
Zat tenaga biasa berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein. Unsur-unsur ini biasa terdapat pada nasi, jagung, daging, telur, dan lain sebagainya.
b.    Zat pembangun
Dalam makanan terdapat zat yang disebut dengan zat pembangun. Unsurunsur makanan yang mengandung zat pembangun adalah protein, mineral, dan air. Unsur-unsur ini harus seimbang agar kesehatan seseorang terjaga dengan baik.
c.    Zat pengatur
Makanan yang terdapat zat pengatur adalah mineral, vitamin-vitamin, dan air. Zat-zat ini mudah diperoleh dalam makanan yang kita makan.

4.    Minuman Sehat
Air minum yang sehat adalah air minum yang cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Air minum sehat juga berarti air minum yang bebas dari bibit penyakit dan racun. Memilih minuman memang tak lepas dari masalah selera, namun, sebaiknya kita tidak melupakan segi kesehatan. Kita perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam suatu jenis minuman. Apakah minuman itu merupakan minuman yang dibutuhkan tubuh kita atau tidak. Atau apakah minuman itu termasuk minuman yang bersih dan sehat? Berikut ini ada beberapa syarat air yang bersih dan sehat.
a.    Harus jernih tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa (asin, manis, pahit, atau getir) atau disebut air yang memenuhi persyaratan fisis.
b.    Tidak mengandung zat yang membahayakan kesehatan, seperti zat tembaga, zat seng, zat racun dan alkohol.
c.    Atau disebut air yang memenuhi persyaratan khemis (kimiawi).
d.   Tidak mengandung benih-benih penyakit, rmsalnya, penyakit typhus, dan dysentri.
e.    Cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.

5.    Gizi Seimbang
Kita sudah membahas bersama tentang minuman yang bersih dan sehat. Ada beberapa minuman yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti air, kopi, jus, susu, dan lain sebagainya. Semua minuman bermanfaat bagi tubuh kita tetapi belum tentu semuanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena itu kita perlu menjaga keseimbangan gizi. Jika tidak ada keseimbangan gizi maka zat-zat yang kelebihan akan menimbulkan penyakit baru. Misalnya, kita makan makanan yang bergizi tinggi tetapi tidak melakukan olahraga maka bisa mengakibatkan obesitas atau kegemukan yang berlebihan. Lalu apa yang dimaksud dengan gizi seimbang?
Gizi seimbang adalah susunan menu seimbang yang dapat memberikan:
a.    Cukup kalori/energi, guna memenuhi pengeluaran energi setiap hari.
b.    Cukup protein, guna memenuhi keperluan tubuh untuk pertumbuhan.
c.    Cukup lemak, guna keperluan tubuh akan asam lemak tak jenuh dan untuk menggunakan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak.
d.   Cukup vitamin dan mineral.
Menu yang seimbang ini lebih lazim disebut hidangan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna, yang terdiri atas:
a.    Makanan pokok (sumber hidrat arang).
b.    Lauk-pauk (sumber protein dan lemak).
c.    Sayuran (vitamin dan mineral).
d.   Buah-buahan (sumber vitamin).
e.    Susu (sumber protein, vitamin dan mineral).
f.      
6.    Gangguan Kesehatan Akibat Gizi yang Kurang Sempurna
Kekurangan unsur-unsur makanan dapat menimbulkan gangguan kesehatan sebagai contoh:
a.    Kekurangan Protein akan menyebabkan penyakit kwashiorkor.
b.    Kekurangan Vitamin A mengakibatkan kerusakan mata.
c.    Kekurangan Vitamin B mengakibatkan penyakit beri-beri.
d.   Kekurangan Yodium Menimbulkan pembengkakan kelenjar gondok.
e.    Kekurangan Zat kapur mengganungu pertumbuhan tulang dan gigi.
f.     Kekurangan karbohidrat menurunkan kekuatan daya gerak.
Kekurang sempurnaan gizi di dalam makanan jika berlangsung dalam kurun waktu yang lama akan mengganggu pertumbuhan serta menurunkan daya tahan tubuh serta meburunkan imunitas tubuh sehingga penyakit lebih mudah masuk kedalam tubuh.

E.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.          Media dan alat
a.    Infokus
b.    Laptop
c.    Lemberan kerja
d.   Lemberan Penilaian
e.    Stopwatch
f.     Peluit
                                                         
    2.           Sumber Pembelajaran
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan KesehatanSMA Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
SIKAP
Pendahuluan
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo`a  untuk memulai pembelajaran.
2.    Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.    Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan peserta didik pada materi yang akan dipelajari,
15 Menit

Kegiatan Inti
Mengamati
1.    Peserta didik mencari dan membaca berbagai informasi tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan tubuh dari media cetak dan atau elektronik.

Menanya
1.    Peserta didik mendiskusikan tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan.
2.    Peserta didik mendiskusikan tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Eksplorasi
1.      Mendiskusikan kandungan gizi makanan yang dikonsumsi sehari-hari
2.      Mendiskusikan dampak pola makan yang tidak sehat terhadap kesehatan.
3.      Mendiskusikan zat-zat makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.      Mengidentifikasi fungsi makanan sebagai zat tenaga/energi, zat pembangun, dan zat pengatur

Mengasosiasi
1.    Menemukan hubungan antara jenis makanan, gizi, kesehatan dan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Mengkomunikasikan
1.    Memaparkan hasil analisis berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

100 Menit

Penutup

1.    Peserta didik diminta menyimpulkan tentang bagaimana peran teknik dasar (passing/menendang, menghentikan/mengontrol) bola dalam permainan sepak bola.
2.    Pendidik mengarahkan peserta didik untuk membuat kesimpulan mengenai hakekat sebenarnya dari permainan sepak bola.
3.    Pendidik memberikan beberapa soal sebagai tugas/PR mengenai permainan sepak bola.
4.    Pendidik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan bahwa tubuh ini adalah ciptaan Allah SWT yang harus selalu dipelihara sebagai implementasi dari rasa syukur.
20 Menit
                                                                                                



G. Penilaian Hasil Belajar

1.    Intrumen Penilaian Hasil Belajar
PENILAIAN
SIKAP/PRILAKU
(AFEKTIF)

NO
PRILAKU YANG DIHARAPKAN
KUALITAS JAWABAN
1
2
3
4
1.
Percaya diri




2.
Keberanian dalam melakukan gerakan




3.
Menta`ati peraturan




4.
Sportif




5.
Menunjukan sikap sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan





Jumlah





Jumlah skor maksimal  =  20





PENILAIAN
PEMAHAMA MATERI
(KOGNITIF)

NO
PERTANYAAN
KUALITAS JAWABAN
1
2
3
4
1.
Jelaskan pengertian makanan sehat




2
Jelaskan dan sebutkan ciri-ciri minuman dan makanan yang sehat




3
Mengapa kita harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat




4
dst





Jumlah





Jumlah skor maksimal  = 12





2.    Teknik penilaian
a.    Pengamatan Sikap (apektif)
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada sa`at anak melakukan aktivitas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran yaitu menta`ati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tiem dan menunjukan prilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman. Dengan rentang nilai antara 1 s/d 4.

N1 =   Jumlah skor yang diperoleh
           Jumlah skor maksimal

b.    Pengetahuan (kognitif)
Jawaban secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan konsep gerak passing dan menghentikan bola sepak. Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian dengan rentang nilai antara 1 s/d 4.
N2 =   Jumlah skor yang diperoleh
              Jumlah skor maksimal

Nilai Akhir (NA) =   N1 + N2
                                       2






 Guru Pamong                                                             Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                           Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                  1211040033                           


Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            







Tidak ada komentar:

Posting Komentar