RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI
(ganjil)
Materi : Makanan dan Minuman Sehat
Alokasi
Waktu : 1x pertemuan (3 JP)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
3.2 Menganalis berbagai jenis makanan dan minuman yang
bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.2
Menyajikan hasil analisis berbagai jenis
makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan dan
perkembangan tubuh.
C.
Indikator
- Menunjukkan
sikap sportif dalam melakukan aktivitas.
- Menunjukkan
sikap kerjasama dalam melakukan aktivitas
- Menunjukkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
- Menunjukkan
sikap meghargai guru dan teman.
- Menyebutkan
jenis makanan yang sehat
- Menyebutkan
minuman yang sehat
- Menjelaskan
hasil analisis makanan sehat
- Menjelaskan
hasil analisis minuman sehat
D. Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian Makanan Sehat
Makanan yang
dikategorikan sebagai makanan sehat adalah makanan yang mengandung unsur-unsur
zat yang dlbutuhkan tubuh dan tidak mengandung bibit penyakit atau racun.
Namun, makanan yang dikategorikan sehat ini sangat berhubungan dengan sikap dan
pola makan dari setiap orang. Jadi makanan yang mengandung unsur-unsur bergizi
harus dlsertai dengan upaya
2.
Zat Makanan
Sehat yang Dibutuhkan Tubuh
Manusia memerlukan zat makanan yang dlbutuhkan agar
tubuh dapat beraktivas dengan normal. Untuk itu, tubuh kita harus diberi
makanan yang bergizi dan sehat. Unsur-unsur makanan sehat adalah makanan yang
mengandung zatzat seperti: protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, air
dengan takaran yang seimbang.
a.
Protein, terutama terdapat didalam
jaringan otot gerak, jantung, alat-alat yang mengandung otot polos, kulit, dan
sel darah merah
b.
Zat lemak, terdapat dibawah kulit,
disekitar jaringan otot juga didalam dinding rongga-rongga badan serta jaringan
syaraf dan otak
c.
Karbohydrat (hidrat arang), merupakan
zat gula yang terdapat di jaringanjaringan tubuh pada umumnya, terdapat di
dalam aliran darah dan sebagian ditimbun didalam jaringan hati
d.
Air, terdapat hampir di semua jaringan
tubuh
e.
Mineral, bagian terbesar dari tulang
belulang manusia
f.
Vitamin, dibutuhkan seluruh tubuh
g.
Zat Besi, terdapat pada sel darah merah
h.
Yodium, terdapat dalam kelenjar gondok
i.
Zat kapur, terdapat dalam darah.
3.
Manfaat
Unsur-unsur Makanan
Zat-zat yang
dikandung dalam makanan mempunyai fungsi atau manfaatnya tersendiri bagi tubuh
kita. Zat-zat yang dibutuhkan tubuh fungsinya sebagai zat tenaga, sebagai
pembangun, sebagai pengatur, dan sebagainya.
a.
Zat tenaga
Zat tenaga biasa berasal dari
karbohidrat, lemak, dan protein. Unsur-unsur ini biasa terdapat pada nasi,
jagung, daging, telur, dan lain sebagainya.
b.
Zat pembangun
Dalam makanan terdapat zat yang
disebut dengan zat pembangun. Unsurunsur makanan yang mengandung zat pembangun
adalah protein, mineral, dan air. Unsur-unsur ini harus seimbang agar kesehatan
seseorang terjaga dengan baik.
c.
Zat pengatur
Makanan yang terdapat zat
pengatur adalah mineral, vitamin-vitamin, dan air. Zat-zat ini mudah diperoleh
dalam makanan yang kita makan.
4.
Minuman Sehat
Air minum yang sehat adalah air minum yang cukup
mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Air minum sehat juga berarti air
minum yang bebas dari bibit penyakit dan racun. Memilih minuman memang tak
lepas dari masalah selera, namun, sebaiknya kita tidak melupakan segi
kesehatan. Kita perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam suatu
jenis minuman. Apakah minuman itu merupakan minuman yang dibutuhkan tubuh kita
atau tidak. Atau apakah minuman itu termasuk minuman yang bersih dan sehat?
Berikut ini ada beberapa syarat air yang bersih dan sehat.
a.
Harus jernih tak berwarna, tak berbau,
dan tak berasa (asin, manis, pahit, atau getir) atau disebut air yang memenuhi
persyaratan fisis.
b.
Tidak mengandung zat yang membahayakan
kesehatan, seperti zat tembaga, zat seng, zat racun dan alkohol.
c.
Atau disebut air yang memenuhi
persyaratan khemis (kimiawi).
d.
Tidak mengandung benih-benih penyakit,
rmsalnya, penyakit typhus, dan dysentri.
e.
Cukup mengandung mineral yang dibutuhkan
tubuh.
5.
Gizi Seimbang
Kita sudah membahas bersama tentang minuman yang
bersih dan sehat. Ada beberapa minuman yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita
seperti air, kopi, jus, susu, dan lain sebagainya. Semua minuman bermanfaat
bagi tubuh kita tetapi belum tentu semuanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena itu
kita perlu menjaga keseimbangan gizi. Jika tidak ada keseimbangan gizi maka
zat-zat yang kelebihan akan menimbulkan penyakit baru. Misalnya, kita makan
makanan yang bergizi tinggi tetapi tidak melakukan olahraga maka bisa
mengakibatkan obesitas atau kegemukan yang berlebihan. Lalu apa yang dimaksud
dengan gizi seimbang?
Gizi seimbang adalah susunan menu seimbang yang
dapat memberikan:
a. Cukup
kalori/energi, guna memenuhi pengeluaran energi setiap hari.
b. Cukup
protein, guna memenuhi keperluan tubuh untuk pertumbuhan.
c. Cukup
lemak, guna keperluan tubuh akan asam lemak tak jenuh dan untuk menggunakan
vitamin-vitamin yang larut dalam lemak.
d. Cukup
vitamin dan mineral.
Menu yang seimbang ini lebih lazim disebut hidangan
4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna, yang terdiri atas:
a. Makanan
pokok (sumber hidrat arang).
b. Lauk-pauk
(sumber protein dan lemak).
c. Sayuran
(vitamin dan mineral).
d. Buah-buahan
(sumber vitamin).
e. Susu
(sumber protein, vitamin dan mineral).
f.
6. Gangguan Kesehatan Akibat Gizi yang Kurang Sempurna
Kekurangan unsur-unsur makanan dapat menimbulkan
gangguan kesehatan sebagai contoh:
a. Kekurangan
Protein akan menyebabkan penyakit kwashiorkor.
b. Kekurangan
Vitamin A mengakibatkan kerusakan mata.
c. Kekurangan
Vitamin B mengakibatkan penyakit beri-beri.
d. Kekurangan
Yodium Menimbulkan pembengkakan kelenjar gondok.
e. Kekurangan
Zat kapur mengganungu pertumbuhan tulang dan gigi.
f. Kekurangan
karbohidrat menurunkan kekuatan daya gerak.
Kekurang sempurnaan gizi di dalam makanan jika
berlangsung dalam kurun waktu yang lama akan mengganggu pertumbuhan serta
menurunkan daya tahan tubuh serta meburunkan imunitas tubuh sehingga penyakit
lebih mudah masuk kedalam tubuh.
E.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media dan alat
a.
Infokus
b.
Laptop
c.
Lemberan kerja
d.
Lemberan Penilaian
e.
Stopwatch
f.
Peluit
2.
Sumber Pembelajaran
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan KesehatanSMA Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Siswa
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SIKAP
|
Pendahuluan
|
1.
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdo`a
untuk memulai pembelajaran.
2.
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin.
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.
Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
untuk mengarahkan peserta didik pada materi yang akan dipelajari,
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1.
Peserta didik
mencari dan membaca berbagai informasi tentang berbagai jenis makanan dan
minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan
tubuh dari media cetak dan atau elektronik.
Menanya
1.
Peserta didik
mendiskusikan tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat
terhadap kesehatan.
2.
Peserta didik mendiskusikan tentang berbagai jenis
makanan dan minuman yang bermanfaat pertumbuhan dan
perkembangan tubuh
Eksplorasi
1.
Mendiskusikan
kandungan gizi makanan yang dikonsumsi sehari-hari
2.
Mendiskusikan
dampak pola makan yang tidak sehat terhadap kesehatan.
3.
Mendiskusikan
zat-zat makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.
Mengidentifikasi
fungsi makanan sebagai zat tenaga/energi, zat pembangun, dan zat pengatur
Mengasosiasi
1.
Menemukan
hubungan antara jenis makanan, gizi, kesehatan dan pertumbuhan dan
perkembangan tubuh.
Mengkomunikasikan
1.
Memaparkan
hasil analisis berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap
kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
|
100 Menit
|
|
Penutup
|
1.
Peserta didik
diminta menyimpulkan tentang bagaimana peran teknik dasar (passing/menendang,
menghentikan/mengontrol) bola dalam permainan sepak bola.
2.
Pendidik mengarahkan peserta didik untuk membuat
kesimpulan mengenai hakekat sebenarnya dari permainan sepak bola.
3.
Pendidik memberikan beberapa soal sebagai tugas/PR
mengenai permainan sepak bola.
4.
Pendidik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
memberikan pesan bahwa tubuh ini adalah ciptaan Allah SWT yang harus selalu
dipelihara sebagai implementasi dari rasa syukur.
|
20 Menit
|
|
|
G. Penilaian Hasil Belajar
1. Intrumen
Penilaian Hasil Belajar
PENILAIAN
SIKAP/PRILAKU
(AFEKTIF)
NO
|
PRILAKU YANG
DIHARAPKAN
|
KUALITAS
JAWABAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Percaya diri
|
|
|
|
|
2.
|
Keberanian dalam melakukan gerakan
|
|
|
|
|
3.
|
Menta`ati peraturan
|
|
|
|
|
4.
|
Sportif
|
|
|
|
|
5.
|
Menunjukan sikap sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal = 20
|
|
|
|
|
PENILAIAN
PEMAHAMA
MATERI
(KOGNITIF)
NO
|
PERTANYAAN
|
KUALITAS
JAWABAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Jelaskan pengertian makanan sehat
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan
dan sebutkan ciri-ciri minuman dan makanan yang sehat
|
|
|
|
|
3
|
Mengapa
kita harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat
|
|
|
|
|
4
|
dst
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal = 12
|
|
|
|
|
2. Teknik
penilaian
a. Pengamatan
Sikap (apektif)
Selama proses pembelajaran guru
mengamati sikap yang muncul pada sa`at anak melakukan aktivitas. Sikap yang
diharapkan selama proses pembelajaran yaitu menta`ati aturan permainan,
kerjasama dengan teman satu tiem dan menunjukan prilaku sportif, keberanian,
percaya diri dan menghargai teman. Dengan rentang nilai antara 1 s/d 4.
N1 = Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
b. Pengetahuan
(kognitif)
Jawaban
secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan konsep gerak
passing dan menghentikan bola sepak. Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian dengan rentang nilai antara 1 s/d 4.
N2 = Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Nilai Akhir (NA) = N1 + N2
2
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015
Guru praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
Tidak ada komentar:
Posting Komentar