Jumat, 20 November 2015

Rpp renang gaya bebas sma 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

              SatuanPendidikan    :   SMA Negeri 5 Banda Aceh
Kelas/Semester          :    XI (Ganji)
Mata Pelajaran         :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan           
Tema/Topik               :    Teknik Dasar Renang Gaya Bebas
Pertemuan ke            :    1 dan 2
Waktu                        :    6 x 45 menit ( 2 x pertemuan )



A.  Kompetensi Inti :           
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator :              
1.1.Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
 anugrah Tuhan yang tidak ternilai

2.1  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.2  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.3  Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.4  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik

3.8    Menganalisis keterampilan empat gaya renang yang berbeda, dan mengidentifikasi teknik dan peralatan yang digunakan untuk tindakan penyelamatan di air. *
3.8.1. Menjelaskan teknik dasar renang gaya bebas (cara meluncur, koordinasi gerakan kaki, koordinasi gerakan tangan, pengaturan pernafasan)
4.8  Mempraktekkan keterampilan tiga gaya renang yang berbeda dengan koordinasi yang baik dan tekhnik penyelamatan kecelakaan di air dengan menggunakan peralatan yang ada .
4.8.1.  Melakukan teknik dasar renang gaya bebas (cara meluncur, koordinasi gerakan kaki, koordinasi gerakan tangan, pengaturan pernafasan)


C.  Tujuan Pembelajaran :
Setelahmengikutipembelajaranini, diharapkanpesertadidikdapat:
1.      Membiasakanberdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.      Menunjukkansikapsportifdalambermain.
3.      Menunjukkan rasa tanggung jawab selama mengikuti pembelajaran
4.      Menunjukkantoleransiterhadap sesame temanselamamengikutipembelajaran
5.      Menunjukkansikapdisiplinselamamengikutipembelajaran
6.      Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan meluncur dengan benar.
7.      Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan kaki dengan benar.
8.      Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan tangan dengan benar.
9.      Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan pengaturan pernafasan dengan benar.
10.  Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan koordinasi meluncur, gerak kaki, gerak tangan dengan pengaturan pernafasan dengan benar.

D.      MateriPembelajaran :

1.    Pembelajaran Cara meluncur


2.    PembelajaranTeknikdasargerakan kakidantangan
Teknikdasargerakan kaki dantangan.



Tukanpadapermainanbulutangkisdengantujuanmenerbangkanshuttlecock kebidanglapanganlawan.




3.    Pembelajaran pengaturan pengambilan nafas



4.    Pembelajaran teknik dasar gerakan koordinasi meluncur, gerak kaki, gerak tangan dengan pengaturan pernafasan dengan benar




E.       MetodePembelajaran.
1.      Pendekatan  :    saintifik (scientific)
2.      Metode         :    penugasan.

F.       Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Diskripsi
Waktu
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, danapersepsi
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain)

15 menit
Inti
a)   Pemanasan dengan pendekatan peregangan statis dan dinamis.
b)  Berlari mengelilingi kolam renang.
c)   Guru mendemontrasikan cara meluncur :
Seperti gambar di atas.

d)  Guru mendemontrasikan cara melakukan gerakan kaki


e)   Guru mendemontrasikan cara melakukan gerakan tangan
f)    Guru mendemontrasikan cara melakukan gerakan pengambilan nafas
       
g)   Guru mendemontrasikan cara melakukan gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan tangan, dan gerakan pengambilan nafas dengan koordinasi yang baik.
      

·       Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru
·       Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh guru
·       Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di demontrasikan oleh guru.
·      Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru
·      Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh guru
·      Peserta didik diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan temannya tentang hasil pengamatan dan jawaban dari guru

85 menit


·         Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
·         Siswamempelajari (diskusi) tugasgerakdan indicator keberhasilannya
·         Siswamelakukangerakanmeluncur, gerakan kaki, gerakantangandanpengambilannafassecaraperoranganmaupunkelompok.
·         Siswa melaksanakan tugas gerak, dan menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.
·         Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran

20 Menit
Penutup
·         Pendinginan(cooling down), berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·         Memberian arahan materi untuk pertemuan selanjutnya.

15 Menit


Pertemuan Kedua

Kegiatan
Diskripsi
Waktu

Pendahuluan
·         Peserta didik berbaris dan berdoa
·         Menngingat kembali pelajaran dari pertemuan sebelumnya.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok.
15 menit









Inti
Mengamati
·           Peserta didik mengamati keterampilan tiga gaya renang yang berbeda dan mengidentifikasi teknik dan peralatan yang digunakan untuk tindakan penyelamatan di air, gerakan kaki, ayunan lengan, cara pengambilan nafas, renang gaya dada yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lain yang berkompeten.
·           Guru menilai keterampilan peserta didik dalam mengamati

Menanya
·           Menjelaskan keterampilan dan peralatan yang digunakan untuk tindakan penyelamatan di air dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara berkelompok.
·           Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan tindakan penyelamatan kecelakaan di air dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·           Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan tindakan penyelamatan kecelakaan di air dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·           Guru memberi kesempatan kepada peserta didik lain yang ingin menanggapi.

Mengeksplorasi
·           Memperagakan rangkaian gerakan kaki dan lengan renang tiga gaya renang yang berbeda gaya dada secara individu atau berpasangan dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan prilaku kerjasama, sportivitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan tanggung jawab.
·           Memperagakan rangkaian gerakan kaki, lengan dan mengambil napas renang gaya dada keterampilan tiga gaya renang yang berbeda secara individu atau berpasangan dan berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan prilaku kerjasama, sportivitas, toleransi, disiplin, memecahkan masalah, menghargai teman, keberanian dan tanggung jawab.
·           Guru menilai kerjasama dan keaktifan kelompok dalam melakukan latihan.

Mengasosiasi
·           Memilih cara bernapas yang baik dan praktis dalam melakukan gerakan tiga gaya renang yang berbeda dab mengidentifikasi teknik dan peralatan yang digunakan untuk tindakan penyelamatan di air renang gaya dada.
·           Masing-masing kelompok berdiskusi mengurutkan tahapan teknik yang benar dari masing-masing teknik dasar tindakan penyelamatan kecelakaan di air dan memberikan alasan / argument.
·           Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah informasi dalam mengurutkan tahapan teknik tindakan penyelamatan kecelakaan di air.

Mengkomunikasikan
·           Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan keterampilan penyelamatan kecelakaan di air.
·           Menunjukkan prilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebihan.
·           Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan aktivitas.
·           Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.
95 menit


Penutup
·         Pendinginan(cooling down), berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·         Memberian arahan materi untuk pertemuan selanjutnya.

25 menit

G.      SumberBelajar
-          Kolam Renang
-          Pelampung
-          Peluit
-          Kaca mata Renang
-          Bukureferensi, Buku Pegangan  GuruPendidikanJasmani, OlahragadanKesehatanKelasX, Kemdikbud
-          BukureferensiErlangga “Muhajir”


H.      Penilaian

1.    Teknnik Penilaian
a.         Tes Unjuk Kerja
1)        Lakukan teknik dasar meluncur pada renang gaya bebas.
2)        Lakukan teknik dasar gerakan kaki pada renang gaya bebas
3)        Lakukan teknik dasar gerakan tangan pada renang gaya bebas
4)        Lakukan teknik dasar pengambilan nafas pada renang gaya bebas
5)        Lakukan 4 (empat) teknik dasargerakan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.

Kriteria Penilaian Proses
h)   Teknik gerakan meluncur pada renang gaya bebas
Kriteria skor : Pelaksanaan gerakan meluncur.
Skor 4 :- jika sikap awal. kaki kanan dibawah dan kaki kiri ditekuk menyentuh dinding kolam, .
- kedua tangan lurus keatas dan lengan bagian atas menyentuh telinga.
- badan di bungkukkan dan kepala masuk ke dalam rata rata air.
- kedua kaki dihentakkan dari dinding kolam untuk mendorong arah tubuh kedepan dengan posisi badan terlungkup lurus sejajar rata rata air
Skor 3    : jika hanya 3 (tiga) kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 2    : jika hanya 2 (dua) kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1    : jika hanya 1 (satu) kriteria yang dilakukan secara benar

Kriteria skor : Pelaksanaan gerakan kaki
Skor 4 : - sikap awal kedua kaki lurus dan digerakkan keatas dan kebawah secara bergantian.
- kaki dan paha lurus tetapi yang bergerak adalah pangkal paha/pinggul      secara berulang dan terus-menerus.
- gerakan kaki dilakukan secara lemas dan tidak terlalu tinggi dari permukaan
- gerakan kebawah dilakukan dengan keras dan kuat untuk mendapatkan reaksi yang baik
Skor 3    : jika hanya 3 (tiga) kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 2    : jika hanya 2 (dua) kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1    : jika hanya 1 (satu) kriteria yang dilakukan secara benar

Kriteria skor : Pelaksanaan gerakan tangan
Skor 4 :- jikasikap awal.tangan lurus ketas dan menyentuh telinga tapi tidak menempel.
- tarik tangan kiri kebawah
- tangan keluar permukaan air dan diayunkan kedpan sejauh mungkin..
- kegiatan berulang terjadi juga pada tangan bagian kanan
Skor 3    : jika hanya 3 (tiga) kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 2    : jika hanya 2 (dua) kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1    : jika hanya 1 (satu) kriteria yang dilakukan secara benar

Kriteria skor : Pelaksanaan gerakan pengambilan nafas
Skor 4  : -  posisi wajah menghadap kepermukaan air.
- pernafasan dilakukan ketika lengan digerakkan keluar dari air
- posisi tubuh miring dan kepala dipalingkan kesamping.
- kepala ditolehkan hanya kearah kanan atau kiri saja.
Skor 3    : jika hanya 3 (tiga) kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 2    : jika hanya 2 (dua) kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1  : jika hanya 1 (satu) kriteria yang dilakukan secara benar
Kriteria Penilaian Proses

                 Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =                                                          x 100
                 Jumlah skor maksimal

 







b.      Pengamatan  Sikap
Proses penilaian dilakukan terhadap peserta didik selama proses pembelajaran renang gaya bebas. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: Berperilaku sportif, tanggung jawab, toleransi, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 3. (Baik = 3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).
                      Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =                                                         x 100
                        Jumlah skor maksimal

 








c.       Penilaian Pengetahuan

1)   Petunjuk Penilaian Pengetahuan
Setelah mempelajari materi renang gaya bebas  kerjakan tugas di bawah ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Tugas ini dikerjakan berkelompok di rumah dan dikumpulkan dalam bentuk portofolio!

2)   Butir Soal Pengetahuan:
a)      Jelaskan cara melakukan teknik meluncur!
b)      Jelaskan cara melakukan teknik gerakan kaki?
c)      Jelaskan cara melakukan teknik gerakan tangan?
d)     Jelaskan cara melakukan teknik gerakan pengambilan nafas?
e)      Sebutkan 4 (empat) macam teknik dasar dalam melakukan renang gaya bebas
f)       Jelaskan rangkaian koordinasi gerakan renang gaya bebas!

                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =                                                      x 100
                        Jumlah skor maksimal

 






           
2.    Rubrik Penilaian
a.    Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Rubrik Unjuk Kerja
Ketrampilan Cara melakukan renang gaya bebas
No.
Aspek yang Dinilai
Kualitas Gerak (Meletakkan jari-jari)
Skor

Ket

Benar
Salah
1
Cara meluncu




2
Cara gerakan kaki




3
Cara gerakan tangan  




4
Cara Pengambilan nafas




Skor Maksimal
4


b.    Rubrik Penilaian Sikap

Rubrik Penilaian Sikap
Prilaku pada Permainan Bulutangkis
Prilaku yang dinilai
Cek Lis (√)
Baik
Sedang
Kurang
1.    Berperilaku sportif



2.    Tanggung jawab



3.    Toleransi



4.    Disiplin



Jumlah skor Maksimal =12








c.    Rubrik Penilaian Kognitif

Rubrik Pemahaman Konsep
Pemahaman Konsep Permainan Bulutrangkis
No
Butir Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Nilai Akhir
1
2
3
4
Ʃ

I1.
Jelaskan cara melakukan teknik meluncur!






2.
Jelaskan cara melakukan gerakan kaki






3.
Jelaskan cara melakukan gerakan tangan






4.
Jelaskan cara melakukan pengambilan nafas






Skor Maksimal
16







      Guru Pamong                                                                                Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                            Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                                    Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                           1211040033                           

Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar