RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI (Ganji)
Materi Pokok : Senam Irama Tanpa alat (senam
ritmik)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisi
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
2.2.
Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri
sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.4
Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan aktivitas fisik.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
3.7
Menganalisis variasi dan kombinasi
ketrampilan rangkaian gerak ritmik untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik
3.7.1
Menjelaskan cara melakukan gerak langkah dalam aktivitas gerak ritmik
3.7.2 Menjelaskan
cara melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat dalam aktifitas gerak
ritmik
3.7.3
Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan dalam aktifitas
ritmik
4.7
Mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik
dengan koordinasi gerak yang
baik
4.7.1 Melakukan
variasi dan kombinasi gerak langkah dalam aktivitas gerak ritmik
4.7.2 Melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat
dalam aktifitas gerak ritmik
4.7.3 Melakukan variasi dan kombinasi gerak ayunan
lengan dalam aktifitas ritmik
C. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.
Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pelajan.
3. Menunjukkan sikap kerja sama dalam melakukan latihan
gerak
4. Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam
keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran.
5.
Menjelaskan manfaat latihan senam
ritmik
7. Menjelaskan
cara melakukan gerakan langkah dan
lompat dalam senam ritmik
8. Menjelaskan cara
melakukan gerakan latihan ayunan lengan dalam senam ritmik
9. Menjelaskan
cara melakukan latihan variasi dan kombinasi gerakan langkah,lompat dan ayunan
lengan pada senam ritmik
9. Melakukan latihan gerak langkah dan lompat
dalam gerak ritmik
10. Melakukan latihan gerak ayunan lengan pada
gerak ritmik
11. Mempraktekkan
variasi dan
kombinasi gerak langkah,lompat dan ayunan lengan pada gerak ritmik
D. Materi Pembelajaran :
senam irama sering di sebut juga dengan senam
ritmik.senam ini dapat digunakan dengan alat ataupun tanpa menggunakan
alat.senam irama adalah bentuk-bentuk gerakan senam yang merupakan perpaduan
antara berbagai bentuk gerakan dengan irama yang mengiringinya.misalnya seperti
irama tepukan,ketukan,tamborin,nyanyian musik,dan sbg.
- Variasi dan kombinasi gerak langkah dalam aktifitas
ritmik
![]() |
a. gerakan langkah biasa
1) berdiri tegak,kaki lurus,badan lemas atau
jangan
kaku.kedua lengan,punggung,tangan,dan
pinggang
bebas
2)
gerakannya
hitunglah 1 :langkahkan kaki kiri ke depan
mulaii dari
tumit menggelinding ke ujung kaki.
Hitunglah 2 :langkahkan kaki kanan ke depan
kaki kiri
juga di mulai dari tumit menggelindiing
kaki lakukan
berulang-rulang dapat menggunakan irama
2/4,
3/4,4/4. Pada saat melangkah usahakan lutut
mengeper
atau jangan kaku
b. Bentuk ayunan lengan
![]() |
- sikap permulaan :Berdiri tegak
,tegak kaki rapat ,ibu jari kaki sejajar,kedua lengan ke depan lurus
- Gerakan
1)
hitungan 1-2
:ayunkan lengan samping kanan dan kembali lagi lurus ke depan
2)
hitungan
3-4: kebalikan dari gerakan 1-2
3)
hitungan 5-6
: ayunkan lengan kanan ke belakang dan kembali lagi lurus ke depan
4)
hitungan 7-8
: kebalikan dari gerakan 5-6.
E. Metode Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
F. Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris, berdoa, presensi, dan
apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti
pembelajaran.
·
Memberikan motivasi dan menjelaskan
tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru
membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung jawab…)
2.
Peserta didik
mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
3.
Peserta didik
mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan teman-temannya.(menanya)
4.
Peserta didik
melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang diberikan.
(menanya)
5.
Peserta didik
secara berpasangan bertindak sebagai pelaku dan pengamat (proses tanggung
jawab…
6.
Pelaku mencoba
melakukan gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja (mencoba, menyaji)
7.
Pengamat
mengamati gerakan yang dilakukan oleh pelaku (analisis, menalar)
8.
Pengamat
melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku (evaluasi,
menalar,)
9.
Pelaku memperbaiki
gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat (menyaji)
10.
Setelah semua
tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh pengamat maka dilakukan
pergantian peran (nilai apa yang terjadi…..)
11.
Setelah semua
peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan sesuai lembar kerja yang
diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan mencari alternative
gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)
--- LKS
dilampirkan…
|
85 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis
tentang materi aktifitas ritmik
·
Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik
tentang materi aktifitas ritmik
·
Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil
pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan, pluit.
3. Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku
Siswa Kurikulum 2013
- Buku referensi lain
yang sesuai
H. Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak
melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses
pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, kerjasama, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK
PENILAIAN
SIKAP DALAM
AKTIVITAS RITMIK
Aspek yang
Diukur
|
Deskripsi
Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1.
Disiplin
|
Hadir
tepat waktu
|
|
|
|
Mengikuti
seluruh proses pembelajaran
|
|
|
|
|
Selesai
tepat waktu
|
|
|
|
|
Gerakan
dilakukan dengan tertib.
|
|
|
|
|
2.
Kerja sama
|
Bersama-sama
menyiapkan peralatan
|
|
|
|
Mau
melakukan latihan bersama
|
|
|
|
|
Mau
mengureksi kesalahan teman
|
|
|
|
|
3.
Tanggung jawab
|
Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
|
|
Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
|
|
|
|
|
Menjaga
keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
|
|
|
|
|
Menjaga
ketertiban lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
Menjaga dan
menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
|
|
Keterangan:
a.
BT : Belum Tampak
b.
MT : Mulai Tampak
c.
TN : Tampak Nyata
2.
Pengetahuan:
Jawab secara
lisan atau tulisan,
pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak langkah,lompat dan ayunan lengan dalam senam
ritmik.
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan pandangan
ketika akan melakukan gerak langkah pada gerak ritmik !
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan pandangan
ketika akan melakukan gerak lompat pada gerak ritmik !
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan pandangan
ketika akan melakukan gerakan ayunan lengan pada gerak ritmik !
|
|
|
|
|
|
4
|
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan pandangan
ketika akan melakukan gerakan variasi dan kombinasi gerak ritmik !
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Skor 4: Jika peserta
didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.
Skor 3: Jika peserta didik mampu menjelaskan dua
indikator.
3.
Skor 2: Jika
peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.
Skor 1: Jika peserta didik tidak satupun
pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian
terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai
dengan 4
|
|
Jumlah skor
yang diperoleh

Jumlah skor
maksimal
3.
Tes unjuk kerja
(keterampilan):
Lakukanlah variasi dan kombinasi gerak ritmik (langkah,lompat dan ayunan
lengan) pada aktifitas ritmik
a.
Menyusun
kisi-kisi instrument penilaian
keterampilan gerak
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Menganalisis variasi dan kombinasi
keterampilan
rangkaian aktivitas gerak
ritmik untuk menghasilkan koordinasi
gerak
yang baik.
|
a.
Posisi dan sikap awal
|
1.
Kedua kaki rapat
2.
Badan tagak
3.
Kedua lengan dan tangan relaks di samping badan
4.
Pandangan kedepan
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b.
Pelaksanaan gerakan
|
1.
Langkahkan kaki kanan ke depan kemudian disusul
kaki yang lain
2.
Langkahkan kaki kiri ke depan kemudian diikuti
kaki yang lain
3.
Ayunan lengan mengper/luwes
4.
Pandangan mata ke depan
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.
Posisi dan sikap akhir
|
1.
Kedua kaki kembali ke posisi semula
2.
Badan tegak
3.
Kedua lengan dan tangan kembali relaks di samping
badan
4.
Pandangan mata kedepan
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
RUBRIK PENILAIAN AKTIFITAS
RITMIK
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Posisi/ Sikap
Awal
|
Pelaksanaan
Gerak
|
Posisi/ Sikap
Akhir
|
Jumlah Skor
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
…….
|
……………………………
|
….
|
….
|
….
|
….
|
…
|
…
|
…
|
…
|
….
|
….
|
….
|
….
|
….
|
Keterangan :
a.
Peserta mendapatkan nilai 4, apabila ada empat indikator yang dilakukan benar.
b.
Peserta mendapatkan nilai 3,
apabila ada tiga indikator yang
dilakukan benar.
c.
Peserta mendapatkan nilai 2,
apabila ada dua indikator yang dilakukan benar.
d.
Peserta mendapatkan nilai 1,
apabila ada satu indikator yang
dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
|
|
Jumlah
skor yang diperoleh

Jumlah
skor maksimal
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015
Guru
praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
GERAKAN
RITMIK
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Kalian menyelesaikan
pembelajaran dengan bahasan “gerak ritmik” ini, Kalian akan dapat:
1.
Menjelaskan pengertian
senam ritmik.
2.
Sebutkan
manfaat melakukan senam ritmik apabila dilakukan dengan teratur.
3.
Menjelaskan cara melakukan latihan melangkah dan lompat senam ritmik.
4.
Menjelaskan cara melakukan latihan mengayunkan lengan senam ritmik .
5.
Menjelaskan cara
melakukan latihan variasi dan kombinasi (melangkah dan melompat) dan
mengayunkan lengan senam ritmik.
B. PROSEDUR PEMBELAJARAN
1.
Mempelajari dan mendiskusikan lembar
tugas yang diberikan oleh guru secara berkelompok.
2.
Melakukan
melakukan gerakan ritmik dengan berkelompok
3.
Mendiskusikan dan mengisi berbagai
permasalahan yang ada pada lembar tugas.
4.
Mempresentasikan lembar tugas yang telah
diisi melalui peragaan oleh beberapa anggota kelompok.
C. Lembar Tugas

D. Kuis
1.
Apa sajakah jenis gerakan yang Kalian
temui ketika kawan-kawan Kalian melakukan latihan ritmik?
2.
Jelaskan cara melakukan masing-masing
langkah,lompat dan ayunan lengan yang kalian dapat amati dan temukan!
3.
Kesalahan-kesalahan apakah yang sering
terjadi ketika teman Kalian melakukan gerakan langkah,lompat dan ayunan lengan
pada gerakan ritmik?
4.
Apa yang akan Kalian lakukan jika
menemui teman yang mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan?
PAPARAN
MATERI
A. Sekilas Tentang senam ritmik
B. Prinsip Dasar Dari
Gerakan-gerakan Senam Irama
E. Gerakan senam irama/ritmik
![]() |
TUGAS
1.
Jelaskan
yang dimaksud dengan senam ritmik!
2.
Sebutkan
manfaat melakukan senam ritmik apabila dilakukan dengan teratur!
3.
Jelaskan cara melakukan latihan melangkah dan
lompat senam ritmik!
4.
Jelaskan
cara melakukan latihan mengayunkan lengan senam ritmik!
5.
Jelaskan cara melakukan latihan variasi
dan kombinasi (melangkah dan melompat) dan mengayunkan lengan senam ritmik!
RANGKUMAN
Senam
irama atau disebut juga senam
ritmik adalah gerakan senam
yang dilakukan dengan irama musik,
atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik
dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat.Alat yang sering
digunakan adalah ganda,
simpai,
tongkat,
bola, pita
dan topi.
Unsur-unsur yang diperlukan dalam senam irama
adalah :
1.Kelentukan
2.Keseimbangan
3.Keluwesan
4.Fleksibilitas
5.Kontinuitas
6 Ketepatan dengan irama
1.Kelentukan
2.Keseimbangan
3.Keluwesan
4.Fleksibilitas
5.Kontinuitas
6 Ketepatan dengan irama
kita perlu menguasai teknik gerakan pada senam irama agar mencapai
gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani. Hal ini sesuai
dengan tujuan senam yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan. Ada
tiga hal yang harus ditekankan pada senam irama, yaitu :
a. Ketepatan musik/irama
b. Kelentukan
(fleksibilitas)
c. Kontinuitas gerakan
No.
|
Pernyataan
|
|
|
|
1.
|
Saya telah dapat menjelaskan
pengertian senam ritmik
|
|
|
|
2.
|
Saya telah dapat menjelaskan manfaat
senam erobik.
|
|
|
|
3.
|
Saya dapat menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi gerakan langkah dan lompat pada aktifitas ritmik
|
|
|
|
4.
|
Saya dapat menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi lompat pada aktifitas ritmik
|
|
|
|
5.
|
Saya dapat melakukan variasi dan
kombinasi gerakan ayunan lengan pada aktifitas ritmik
|
|
|
|
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015
Guru
praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
Tidak ada komentar:
Posting Komentar