Jumat, 20 November 2015

Rpp senam irama sma 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan        :  SMA Negeri  5 Banda Aceh
   Mata Pelajaran              :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester               :  XI (Ganji)
Materi Pokok                 :  Senam Irama Tanpa alat (senam ritmik)      
Alokasi Waktu               :  3 x 45 menit
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.        Kompetensi Dasar dan Indikator:               
1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai

2.2. Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:

2.4   Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan aktivitas fisik.

2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:

      3.7  Menganalisis variasi dan kombinasi ketrampilan rangkaian gerak ritmik untuk menghasilkan koordinasi  
             gerak yang baik
3.7.1    Menjelaskan cara melakukan gerak langkah dalam aktivitas gerak ritmik
3.7.2    Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat dalam aktifitas gerak ritmik 
3.7.3    Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan dalam aktifitas ritmik

4.7  Mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik dengan koordinasi gerak yang  
             baik  
4.7.1    Melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah dalam aktivitas gerak ritmik
4.7.2   Melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat dalam aktifitas gerak ritmik
4.7.3   Melakukan variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan dalam aktifitas ritmik

C. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.        Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.    Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pelajan.
3.    Menunjukkan sikap kerja sama dalam melakukan latihan gerak
4.   Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran.
5.     Menjelaskan  manfaat latihan senam ritmik
7.     Menjelaskan cara melakukan gerakan  langkah dan lompat dalam senam ritmik
8.     Menjelaskan cara melakukan gerakan latihan ayunan lengan dalam senam ritmik
9.    Menjelaskan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi gerakan langkah,lompat dan ayunan lengan   pada senam ritmik
9.     Melakukan latihan gerak langkah dan lompat dalam gerak ritmik
10.     Melakukan latihan gerak ayunan lengan pada gerak ritmik
11.    Mempraktekkan  variasi dan kombinasi gerak langkah,lompat dan ayunan lengan pada gerak ritmik


D.   Materi Pembelajaran :

senam irama sering di sebut juga dengan senam ritmik.senam ini dapat digunakan dengan alat ataupun tanpa menggunakan alat.senam irama adalah bentuk-bentuk gerakan senam yang merupakan perpaduan antara berbagai bentuk gerakan dengan irama yang mengiringinya.misalnya seperti irama tepukan,ketukan,tamborin,nyanyian musik,dan sbg.
  1. Variasi dan kombinasi gerak langkah dalam aktifitas ritmik
 


               a. gerakan langkah biasa
                                               1) berdiri tegak,kaki lurus,badan lemas atau jangan
                                                   kaku.kedua lengan,punggung,tangan,dan pinggang
                                                   bebas
                                              2) gerakannya
                                                   hitunglah 1 :langkahkan kaki kiri ke depan mulaii dari
                                                   tumit menggelinding ke ujung kaki.
                                                   Hitunglah 2 :langkahkan kaki kanan ke depan kaki kiri
                                                   juga di mulai dari tumit menggelindiing kaki lakukan
                                                   berulang-rulang dapat menggunakan irama 2/4,
                                                  3/4,4/4. Pada saat melangkah usahakan lutut mengeper
                                                  atau jangan kaku
b. Bentuk ayunan lengan
 













  1. sikap permulaan :Berdiri tegak ,tegak kaki rapat ,ibu jari kaki sejajar,kedua lengan ke depan lurus
  2. Gerakan
1)                  hitungan 1-2 :ayunkan lengan samping kanan dan kembali lagi lurus ke depan
2)                  hitungan 3-4: kebalikan dari gerakan 1-2
3)                  hitungan 5-6 : ayunkan lengan kanan ke belakang dan kembali lagi lurus ke depan
4)                  hitungan 7-8 : kebalikan dari gerakan 5-6.

E.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Resiprokal

F.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
1.    Guru membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung jawab…)
2.    Peserta didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
3.    Peserta didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan teman-temannya.(menanya)
4.    Peserta didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang diberikan. (menanya)
5.    Peserta didik secara berpasangan bertindak sebagai pelaku dan pengamat (proses tanggung jawab…
6.    Pelaku mencoba melakukan gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja (mencoba, menyaji)
7.    Pengamat mengamati gerakan yang dilakukan oleh pelaku (analisis, menalar)
8.    Pengamat melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku (evaluasi, menalar,)
9.    Pelaku memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat (menyaji)
10.              Setelah semua tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh pengamat maka dilakukan pergantian peran (nilai apa yang terjadi…..)
11.              Setelah semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)

85 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi aktifitas ritmik
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi aktifitas ritmik
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25 Menit

G.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-     Lapangan, pluit.

3.      Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai

H.   Penilaian
1.       Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, kerjasama, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.


RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM AKTIVITAS RITMIK

Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Hadir tepat waktu



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Selesai tepat waktu



Gerakan dilakukan dengan tertib.



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Mau melakukan latihan bersama



Mau mengureksi kesalahan teman



3.   Tanggung jawab
Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya



Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan



Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.



Menjaga ketertiban lingkungan sekitar



Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya




Keterangan:
a.    BT     : Belum Tampak
b.    MT : Mulai Tampak
c.    TN     : Tampak Nyata

2.      Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak langkah,lompat dan ayunan lengan dalam senam ritmik.
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah


1
2
3
4
1
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerak langkah pada gerak ritmik !





2
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerak lompat pada gerak ritmik !





3
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerakan ayunan lengan  pada gerak ritmik !





4
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerakan variasi dan kombinasi gerak ritmik !





Keterangan:
1.      Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.      Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.      Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.      Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                             Jumlah skor maksimal

3.      Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
Lakukanlah variasi dan kombinasi gerak ritmik (langkah,lompat dan ayunan lengan) pada aktifitas ritmik
a.       Menyusun kisi-kisi instrument  penilaian keterampilan gerak
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.
Menganalisis variasi dan kombinasi
keterampilan rangkaian aktivitas gerak
ritmik  untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik.
a.    Posisi dan sikap awal
1.    Kedua kaki rapat
2.    Badan tagak
3.    Kedua lengan dan tangan relaks di samping badan
4.    Pandangan kedepan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Pelaksanaan gerakan
1.    Langkahkan kaki kanan ke depan kemudian disusul kaki yang lain
2.    Langkahkan kaki kiri ke depan kemudian diikuti kaki yang lain
3.    Ayunan lengan mengper/luwes
4.    Pandangan mata ke depan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Posisi dan sikap akhir
1.    Kedua kaki kembali ke posisi semula
2.    Badan tegak
3.    Kedua lengan dan tangan kembali relaks di samping badan
4.    Pandangan mata kedepan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar

RUBRIK PENILAIAN  AKTIFITAS RITMIK
No
Nama Peserta Didik
Posisi/ Sikap Awal
Pelaksanaan Gerak
Posisi/ Sikap Akhir
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1







































…….
……………………………
….
….
….
….
….
….
….
….
….




Keterangan :
a.       Peserta mendapatkan nilai 4, apabila  ada empat indikator yang dilakukan benar.
b.      Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
c.       Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
d.      Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
        
100
 
X
 
                        Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                                                Jumlah skor maksimal
           




      Guru Pamong                                                                                Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                            Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                                                Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                                       1211040033                           

Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            






GERAKAN RITMIK

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Kalian menyelesaikan pembelajaran dengan bahasan “gerak ritmik” ini, Kalian akan dapat:
1.        Menjelaskan pengertian senam ritmik.
2.        Sebutkan manfaat melakukan senam ritmik apabila dilakukan dengan teratur.
3.        Menjelaskan cara melakukan latihan melangkah dan lompat senam ritmik.
4.        Menjelaskan cara melakukan latihan mengayunkan lengan senam ritmik .
5.        Menjelaskan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi (melangkah dan melompat) dan mengayunkan lengan senam ritmik.
B.  PROSEDUR PEMBELAJARAN
1.        Mempelajari dan mendiskusikan lembar tugas yang diberikan oleh guru secara berkelompok.
2.        Melakukan melakukan gerakan ritmik dengan berkelompok
3.        Mendiskusikan dan mengisi berbagai permasalahan yang ada pada lembar tugas.
4.        Mempresentasikan lembar tugas yang telah diisi melalui peragaan oleh beberapa anggota kelompok.






C.  Lembar Tugas

 























D.  Kuis
1.        Apa sajakah jenis gerakan yang Kalian temui ketika kawan-kawan Kalian melakukan latihan ritmik?
2.        Jelaskan cara melakukan masing-masing langkah,lompat dan ayunan lengan yang kalian dapat amati dan temukan!
3.        Kesalahan-kesalahan apakah yang sering terjadi ketika teman Kalian melakukan gerakan langkah,lompat dan ayunan lengan pada gerakan ritmik?
4.        Apa yang akan Kalian lakukan jika menemui teman yang mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan?



PAPARAN MATERI
A.  Sekilas Tentang senam ritmik
senam irama sering di sebut juga dengan senam ritmik.senam ini dapat digunakan dengan alat ataupun tanpa menggunakan alat.senam irama adalah bentuk-bentuk gerakan senam yang merupakan perpaduan antara berbagai bentuk gerakan dengan irama yang mengiringinya.misalnya seperti irama tepukan,ketukan,tamborin,nyanyian musik,dan sbg.
B.  Prinsip Dasar Dari Gerakan-gerakan Senam Irama
1.         Adanya kelenturan tubuh didalam melakukan gerakan.
2.         Adanya kesinambungan antara gerakan yang satu dengan gerakan yang lainnya dengan irama sehinnga merupakan rangkaian urutan gerak yang terpadu antara gerakan dan irama yang dilakukan dengan lues dan lancar.
Tekanan-takanan yang harus diberikan pada senam irama adalah ,kelentukan tubuh dalam gerakan(fleksibilitas),dan kontinuitas gerakan atau rangkain gerakan yang tidak terputus.





E.  Gerakan senam irama/ritmik
 





























TUGAS
1.    Jelaskan yang dimaksud dengan senam ritmik!
2.    Sebutkan manfaat melakukan senam ritmik apabila dilakukan dengan teratur!
3.     Jelaskan cara melakukan latihan melangkah dan lompat senam ritmik!
4.    Jelaskan cara melakukan latihan mengayunkan lengan senam ritmik!
5.    Jelaskan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi (melangkah dan melompat) dan mengayunkan lengan senam ritmik!


RANGKUMAN
Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat.Alat yang sering digunakan adalah ganda, simpai, tongkat, bola, pita dan topi.
      Unsur-unsur  yang diperlukan dalam senam irama adalah :
     1.Kelentukan
     2.Keseimbangan
     3.Keluwesan
     4.Fleksibilitas
     5.Kontinuitas
     6 Ketepatan dengan irama
kita perlu menguasai teknik gerakan pada senam irama agar mencapai gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani. Hal ini sesuai dengan tujuan senam yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan. Ada tiga hal yang harus ditekankan pada senam irama, yaitu :
            a. Ketepatan musik/irama
            b. Kelentukan (fleksibilitas)
            c. Kontinuitas gerakan

MENILAI DIRI
No.
Pernyataan








1.
Saya telah dapat menjelaskan pengertian senam ritmik



2.
Saya telah dapat menjelaskan manfaat senam erobik.



3.
Saya dapat menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi gerakan langkah dan lompat pada aktifitas ritmik



4.
Saya dapat menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi lompat pada aktifitas ritmik



5.
Saya dapat melakukan variasi dan kombinasi gerakan  ayunan lengan pada aktifitas ritmik





      Guru Pamong                                                                                Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                                            Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                                    Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                                           1211040033                           

Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            



Tidak ada komentar:

Posting Komentar