RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI
(ganjil)
Materi : Senam Ritmik
Alokasi
Waktu : 1x pertemuan (3 JP)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
1.2
Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta.
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5
Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6
Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
4.2 Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan rangkaian aktivitas gerak ritmik untuk menghasilkan koordinasi gerak yang
baik.
4.3 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik dengan koordinasi gerak
yang baik.
C. Materi
Pembelajaran
Senam
irama merupakan gerakan senam ataupun gerakan bebas yang dibarengi dengan musik
atau nyanyian sesuai dengan irama yang mengikutinya. Adapun unsur-unsur yang
terdapat dalam senam irama meliputi: keluwesan,
kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama.
Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat,
loncat, serta ayunan, dan putaran tangan.
1. Kombinasi gerak
langkah biasa dengan ayunan lengan
Pelaksanaannya sebagai berikut:
a.
Persiapan
1)
Kedua
lengan lurus ke depan.
2)
Pandangan
ke depan.
b.
Pelaksanaan
1)
Langkahkan
kaki kiri ke depan.
2)
Ayunkan
lengan kiri ke belakang dan lengan kanan ke depan.
3)
Lakukan
gerakan ini berlanjut dengan melangkahkan kaki kanan ke depan
dan mengayunkan lengan kanan ke belakang serta lengan kiri ke
depan.
4)
Setiap
gerakan mengayun dan melangkah diikuti gerak lutut mengeper
c.
Akhir Gerakan
1)
Jatuh
pada hitungan keempat kaki kiri merapat pada kaki kanan.
2)
Berdiri
tegak, kedua lengan lurus ke depan.
3)
Pandangan
ke depan.
4)
Lakukan
keterampilan gerak untuk menemukan jawaban pertanyaan.
5)
Selama
melakukan latihan kembangkan nilai-nilai kerjasama dan disiplin.
6)
Setelah
peserta didik merasakan kemajuan keterampilan, minta mereka
untuk menerapkan keterampilan tesebut dalam bentuk latihan
secara beregu.
Melangkah
ke depan sambil mengayunkan lengan berirama
2.
Kombinasi gerak langkah biasa dengan ayunan satu
lengan depan belakang, lalu dilanjutkan dengan
putaran
Pelaksanaannya sebagai berikut:
a.
Persiapan
1)
Berdiri
tegak.
2)
Kedua
lengan lurus ke depan.
3)
Pandangan
ke depan.
b.
Pelaksanaan
1)
Langkahkan kaki kanan ke depan dan tangan kiri
diayun ke belakang, lalu putar tangan kiri ke depan dan luruskan ke
depan.
2)
Langkahkan
kaki kiri ke depan dan tangan kanan diayun ke belakang, lalu
putar tangan kanan ke depan dan luruskan ke depan.
c.
Akhir
Gerakan
1)
Kedua
kaki rapat.
2)
Pandangan
ke depan.
3)
Kedua
lengan lurus ke depan.
Melangkah
ke depan sambil memutar kedua lengan berirama
3.
Kombinasi gerak langkah mundur maju dengan ayunan
dan putaran dua lengan
Pelaksanaannya sebagai berikut:
a.
Persiapan
1)
Berdiri
tegak.
2)
Kedua
lengan lurus ke depan.
3)
Pandangan
ke depan.
b.
Pelaksanaan
1)
Ayun
dan putar kedua lengan ke belakang bersamaan kaki kiri bergerak
mundur 2 langkah.
2)
Ayun
dan putar kembali kedua lengan ke depan bersamaan kaki kanan
bergerak maju 2 langkah.
3)
Setiap
gerakan diikuti gerak lutut mengeper.
c.
Akhir
Gerakan
1)
Berdiri
tegak menyamping arah gerakan.
2)
Kedua
lengan lurus ke samping kanan.
3)
Pandangan
ke depan
Melangkah ke
depan sambil memutar kedua lengan berirama di depan dan dibelakang badan
4.
Kombinasi gerak langkah ke samping kiri, kanan
dengan ayunan dan putaran dua lengan
Pelaksanaannya sebagai berikut :
a.
Persiapan
1)
Berdiri
tegak menyamping arah gerakan.
2)
Kedua
lengan lurus ke samping kanan.
3)
Pandangan
ke depan.
b.
Pelaksanaan
1)
Ayun
dan putar kedua lengan ke samping kanan bersamaan kaki kiri
bergerak menyamping 2 langkah.
2)
Ayunkan
dan putar kembali kedua lengan samping kiri bersamaan
kaki kanan bergerak menyamping 2 langkah.
c.
Akhir
Gerakan
1)
Berdiri
tegak menyampingarah gerakan.
2)
Kedua
lengan lurus kesamping kanan.
3)
Pandangan
ke depan.
Melangkah ke
samping sambil memutar kedua lengan berirama di depan badan
D. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media dan alat
a. Lapangan
b. Tape, Kaset, DVD dan CD
c.
Lemberan
kerja
d.
Lemberan
Penilaian
e.
Stop watch
f.
Peluit
2.
Sumber Pembelajaran
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan KesehatanSMA Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Siswa
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
E. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SIKAP
|
Pendahuluan
|
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdo`a untuk memulai pembelajaran.
2.
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin.
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
4.
Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
untuk mengarahkan peserta didik pada materi yang akan dipelajari,
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik
diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang variasi dan
kombinasi rangkaian gerak ritmik
langkah kaki dan ayunan lengan melalui Video, TV ataupun pengamatan langsung
dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
2. Peserta didik
mengamati berbagai variasi dan kombinasi rangkaian gerak ritmik langkah kaki dan ayunan lengan yang
diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten
Menanya
1.
Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan
berbagai informasi tentang variasi dan
kombinasi rangkaian gerak ritmik
langkah kaki dan ayunan lengan selanjutnya mendiskusikan dan membuat laporan
secara kelompok
2.
Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang
seringdilakukansaatmelakukanberbagai variasi dan kombinasi rangkaian
gerak ritmik langkah kaki dan ayunan
lengan idenganbenardan membuat kesimpulannya.
3.
Peserta didik mendiskusikan bagaimanacaramemperbaikikesalahan-kesalahan yang
seringdilakukansaatmelakukangerakanvariasidankombinasirangkaiangerakanritmik denganbenardan membuat kesimpulannya.
Mengeksplor:
1. Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki padaaktivitasritmiktanpamenggunakanalat secara berkelompok dengan koordinasi yang baikdenganmenunjukkanperilaku kedisiplinan,
toleransi, keluwesan dan estetika.
2. Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan ayunan
lengan padaaktivitasritmiktanpamenggunakanalat secara
berkelompok dengan
koordinasi yang baikdenganmenunjukkanperilaku disiplinan,
toleransi, keluwesan dan estetika.
3. Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki
dan ayunan lengan padaaktivitasrimiktanpamenggunakanalat secara berkelompok dengan koordinasi yang baikdenganmenunjukkanperilaku disiplinan,
toleransi, keluwesan dan estetika
Mangasosiasi:
1.
Memilih rangkain gerakan langkah kaki dan ayunan lengan padaaktivitasrimik sesuai
dengan kemampuan.
Mangkomunikasikan:
1.
Melakukanperlombaansenamrimiktanpamenggunakanalatdenganmenunjukkanperilaku disiplinan,
toleransi, keluwesan dan estetika sesuai dengan teknik yang telah dipelajari.
2. Menunjukkan
perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
3.
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada
teman selama melakukan permianan
|
100 Menit
|
|
Penutup
|
1. Peserta didik
diminta menyimpulkan tentang bagaimana peran teknik dasar (passing/menendang,
menghentikan/mengontrol) bola dalam permainan sepak bola.
2. Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk membuat kesimpulan mengenai hakekat sebenarnya
dari permainan sepak bola.
3. Pendidik
memberikan beberapa soal sebagai tugas/PR mengenai permainan sepak bola.
4. Pendidik
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan bahwa tubuh ini
adalah ciptaan Allah SWT yang harus selalu dipelihara sebagai implementasi
dari rasa syukur.
|
20 Menit
|
|
|
F.
Penilaian
Hasil Belajar
Intrumen Penilaian Hasil Belajar
PENILAIAN
UNJUK
KERJA TEKNIK DASAR SENAM RITMIK
(PSIKOMOTOR)
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melakukan Teknik langkah kaki
|
|
|
|
|
2
|
Melakukan Teknik ayunan lengan
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian irama musik dengan gerakan
|
|
|
|
|
4
|
Power setiap gerakan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal
= 16
|
|
|
|
|
PENILAIAN
SIKAP/PRILAKU
DALAM SENAM RITMIK
(AFEKTIF)
NO
|
PRILAKU YANG DIHARAPKAN
|
KUALITAS JAWABAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Percaya diri
|
|
|
|
|
|
2.
|
Keberanian dalam melakukan gerakan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menta`ati peraturan
|
|
|
|
|
|
4.
|
sportif
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menunjukan sikap sungguh-sungguh
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal
= 20
|
|
|
|
|
|
PENILAIAN
PEMAHAMAN
KONSEP GERAK DALAM SENAM RITMIK
(KOGNITIF)
NO
|
PERTANYAAN
|
KUALITAS JAWABAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Sebutkan cara langkah kaki senam ritmik
|
|
|
|
|
2.
|
Jelaskan cara ayunan lengan senam ritmik
|
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal
= 8
|
|
|
|
|
Teknik penilaian
a.
Tes Ujuk Kerja (psikomotor)
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta
ujian dengan rentang nilai antara 1 s/d 4.
N1 = Jumlah skor yang
diperoleh
Jumlah skor maksimal
b.
Pengamatan Sikap (apektif)
Selama
proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada sa`at anak melakukan
aktivitas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran yaitu menta`ati
aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tiem dan menunjukan prilaku
sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman. Dengan rentang nilai
antara 1 s/d 4.
N2 = Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
c.
Pengetahuan (kognitif)
Jawaban
secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan konsep gerak
passing dan menghentikan bola sepak. Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian dengan rentang nilai antara 1 s/d 4.
N3
= Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Nilai
Akhir (NA) = N1 + N2 + N3
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015 Guru Peraktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
Tidak ada komentar:
Posting Komentar