Jumat, 20 November 2015

Rpp senam ritmik msa 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
              
Sekolah                                   :  SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran                      Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :  XI (ganjil)
Materi                                     :  Senam Ritmik
Alokasi Waktu                       :  1x pertemuan (3 JP)


A.  Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.  Kompetensi Dasar

1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7    Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
4.2     Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan rangkaian aktivitas gerak ritmik  untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.3     Mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik dengan koordinasi gerak yang baik.


C.  Materi Pembelajaran
Senam irama merupakan gerakan senam ataupun gerakan bebas yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai dengan irama yang mengikutinya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi: keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat, serta ayunan, dan putaran tangan.

1.    Kombinasi gerak langkah biasa dengan ayunan lengan
Pelaksanaannya sebagai berikut:
a.    Persiapan
1)   Kedua lengan lurus ke depan.
2)   Pandangan ke depan.
b.     Pelaksanaan
1)   Langkahkan kaki kiri ke depan.
2)   Ayunkan lengan kiri ke belakang dan lengan kanan ke depan.
3)   Lakukan gerakan ini berlanjut dengan melangkahkan kaki kanan ke depan dan mengayunkan lengan kanan ke belakang serta lengan kiri ke depan.
4)   Setiap gerakan mengayun dan melangkah diikuti gerak lutut mengeper
c.     Akhir Gerakan
1)   Jatuh pada hitungan keempat kaki kiri merapat pada kaki kanan.
2)   Berdiri tegak, kedua lengan lurus ke depan.
3)   Pandangan ke depan.
4)   Lakukan keterampilan gerak untuk menemukan jawaban pertanyaan.
5)   Selama melakukan latihan kembangkan nilai-nilai kerjasama dan disiplin.
6)   Setelah peserta didik merasakan kemajuan keterampilan, minta mereka untuk menerapkan keterampilan tesebut dalam bentuk latihan secara beregu.
Melangkah ke depan sambil mengayunkan lengan berirama

2.    Kombinasi gerak langkah biasa dengan ayunan satu lengan depan belakang, lalu dilanjutkan dengan putaran

Pelaksanaannya sebagai berikut:
a.    Persiapan
1)   Berdiri tegak.
2)   Kedua lengan lurus ke depan.
3)   Pandangan ke depan.
b.     Pelaksanaan
1)    Langkahkan kaki kanan ke depan dan tangan kiri diayun ke belakang, lalu putar tangan kiri ke depan dan luruskan ke depan.
2)   Langkahkan kaki kiri ke depan dan tangan kanan diayun ke belakang, lalu putar tangan kanan ke depan dan luruskan ke depan.
c.    Akhir Gerakan
1)   Kedua kaki rapat.
2)   Pandangan ke depan.
3)   Kedua lengan lurus ke depan.
Melangkah ke depan sambil memutar kedua lengan berirama

3.    Kombinasi gerak langkah mundur maju dengan ayunan dan putaran dua lengan

Pelaksanaannya sebagai berikut:
a.    Persiapan
1)   Berdiri tegak.
2)   Kedua lengan lurus ke depan.
3)   Pandangan ke depan.
b.    Pelaksanaan
1)   Ayun dan putar kedua lengan ke belakang bersamaan kaki kiri bergerak mundur 2 langkah.
2)   Ayun dan putar kembali kedua lengan ke depan bersamaan kaki kanan bergerak maju 2 langkah.
3)   Setiap gerakan diikuti gerak lutut mengeper.
c.    Akhir Gerakan
1)   Berdiri tegak menyamping arah gerakan.
2)   Kedua lengan lurus ke samping kanan.
3)   Pandangan ke depan
Melangkah ke depan sambil memutar kedua lengan berirama di depan dan dibelakang badan

4.    Kombinasi gerak langkah ke samping kiri, kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan

Pelaksanaannya sebagai berikut :
a.    Persiapan
1)   Berdiri tegak menyamping arah gerakan.
2)   Kedua lengan lurus ke samping kanan.
3)   Pandangan ke depan.
b.        Pelaksanaan
1)   Ayun dan putar kedua lengan ke samping kanan bersamaan kaki kiri bergerak menyamping 2 langkah.
2)   Ayunkan dan putar kembali kedua lengan samping kiri bersamaan kaki kanan bergerak menyamping 2 langkah.
c.    Akhir Gerakan
1)   Berdiri tegak menyampingarah gerakan.
2)   Kedua lengan lurus kesamping kanan.
3)   Pandangan ke depan.

Melangkah ke samping sambil memutar kedua lengan berirama di depan badan

D.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

             1.          Media dan alat
a.       Lapangan
b.      Tape, Kaset, DVD dan CD
c.       Lemberan kerja
d.      Lemberan Penilaian
e.    Stop watch
f.     Peluit

            2.       Sumber Pembelajaran
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan KesehatanSMA Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

E.  Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
SIKAP
Pendahuluan
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo`a  untuk memulai pembelajaran.
2.    Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.    Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan peserta didik pada materi yang akan dipelajari,
15 Menit

Kegiatan Inti
Mengamati
1.    Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan melalui Video, TV ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
2.    Peserta didik mengamati berbagai variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten

Menanya
1.      Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan berbagai informasi tentang  variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan selanjutnya mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
2.      Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang seringdilakukansaatmelakukanberbagai variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan idenganbenardan membuat kesimpulannya.
3.      Peserta didik mendiskusikan bagaimanacaramemperbaikikesalahan-kesalahan yang seringdilakukansaatmelakukangerakanvariasidankombinasirangkaiangerakanritmik denganbenardan membuat kesimpulannya.

Mengeksplor:
1.      Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki padaaktivitasritmiktanpamenggunakanalat secara berkelompok dengan koordinasi yang baikdenganmenunjukkanperilaku kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.
2.      Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan ayunan lengan padaaktivitasritmiktanpamenggunakanalat secara berkelompok dengan koordinasi yang baikdenganmenunjukkanperilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.
3.      Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki dan ayunan lengan padaaktivitasrimiktanpamenggunakanalat secara berkelompok dengan koordinasi yang baikdenganmenunjukkanperilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika

Mangasosiasi:
1.      Memilih rangkain gerakan langkah kaki dan ayunan lengan padaaktivitasrimik sesuai dengan kemampuan.

Mangkomunikasikan:
1.      Melakukanperlombaansenamrimiktanpamenggunakanalatdenganmenunjukkanperilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika sesuai dengan teknik yang telah dipelajari.
2.      Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
3.      Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
100 Menit

Penutup

1.      Peserta didik diminta menyimpulkan tentang bagaimana peran teknik dasar (passing/menendang, menghentikan/mengontrol) bola dalam permainan sepak bola.
2.      Pendidik mengarahkan peserta didik untuk membuat kesimpulan mengenai hakekat sebenarnya dari permainan sepak bola.
3.      Pendidik memberikan beberapa soal sebagai tugas/PR mengenai permainan sepak bola.
4.      Pendidik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan bahwa tubuh ini adalah ciptaan Allah SWT yang harus selalu dipelihara sebagai implementasi dari rasa syukur.
20 Menit




F.   Penilaian Hasil Belajar

Intrumen Penilaian Hasil Belajar

PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR SENAM RITMIK
(PSIKOMOTOR)
NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1
Melakukan Teknik langkah kaki




2
Melakukan Teknik ayunan lengan




3
Kesesuaian irama musik dengan gerakan




4
Power setiap gerakan





Jumlah





Jumlah skor maksimal  =  16





PENILAIAN
SIKAP/PRILAKU DALAM SENAM RITMIK
(AFEKTIF)
NO
PRILAKU YANG DIHARAPKAN
KUALITAS JAWABAN
1
2
3
4
1.
Percaya diri




2.
Keberanian dalam melakukan gerakan




3.
Menta`ati peraturan




4.
sportif




5.
Menunjukan sikap sungguh-sungguh





Jumlah





Jumlah skor maksimal  =  20





PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM SENAM RITMIK
(KOGNITIF)
NO
PERTANYAAN
KUALITAS JAWABAN
1
2
3
4
1.
Sebutkan cara langkah kaki senam ritmik




2.
Jelaskan cara ayunan lengan senam ritmik





jumlah





Jumlah skor maksimal  =  8




Teknik penilaian
a.    Tes Ujuk Kerja (psikomotor)
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian dengan rentang nilai antara 1 s/d 4.
N1 =   Jumlah skor yang diperoleh
  Jumlah skor maksimal

b.    Pengamatan Sikap (apektif)
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada sa`at anak melakukan aktivitas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran yaitu menta`ati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tiem dan menunjukan prilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman. Dengan rentang nilai antara 1 s/d 4.
N2 =   Jumlah skor yang diperoleh
           Jumlah skor maksimal
                               
c.    Pengetahuan (kognitif)
Jawaban secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan konsep gerak passing dan menghentikan bola sepak. Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian dengan rentang nilai antara 1 s/d 4.

N3 =   Jumlah skor yang diperoleh
           Jumlah skor maksimal
Nilai Akhir (NA) =   N1 + N2 + N3
                                           
Guru Pamong                                                                    Banda Aceh,19 Agustus 2015                                                                  Guru Peraktikan
                                                                                               

Mazuki,M.Pd                                                                    Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                  
                        1211040033                           




Mengetahuai:
Kepala Sekolah


Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282



Tidak ada komentar:

Posting Komentar