RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 5 Banda Aceh.
Kelas/Semester : XI (Ganjil)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tema/Topik : Teknik Dasar Sepak Bola
Waktu : 6 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:
2.1 Berperilaku sportif
dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab
terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana
pembelajaran.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau
berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
1.1 Menghargai tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai
3.1 Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar
untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
3.1.1. Menjelaskan tekhnik-tekhnik menendang bola
yang benar ( dengan sisi kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dengan punggung
kaki
3.1.2. Menjelaskan
tekhnik menghentikan bola dengan sisi kaki bagian dalam, telapak kaki, dan
paha
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
keterampilan dalam memainkan salah satu
permainan bola besar dengan koordinasi gerak
yang baik.
4.1.1.
Melakukan tekhnik-tekhnik
menendang bola yang benar ( dengan sisi kaki bagian dalam, kaki bagian luar,
dengan punggung kaki
4.1.2.
Melakukan tekhnik
menghentikan bola dengan sisi kaki bagian dalam, telapak kaki, dan paha
|
C. Materi Pembelajaran :
·
Latihan dasar
menendang
a)
menendang bola
dengan kaki bagian dalam
-. Kaki tumpu berada di samping bola
-. Lutut ditekuk sedikit
-. Kaki diputar ke luar pada pangkal paha
membentuk sudut 90 derajat
-. Pergelangan kaki yang akan menendang
dikencangkan
-. Bagian dalam kaki tepat mengenai
pertengahan bola lalu kaki tendang
Bergerak lurus
searah bola.

b)
Menendang bola
dengan kaki bagian luar
-. Badan lurus dengan bola
-. Kaki tumpu berada di samping bola
-. Pergelangan Kaki diputar ke dalam,
selanjutnya bola ditendang dengan
Kaki bagian luar.
|
|

c) Menendang bola dengan punggung kaki
-. Badan lurus dengan
bola
-. Kaki tumpu berada di samping bola
-. Pergelangan Kaki
dikuatkan, punggung kaki menghadap ke
Depan, ujung kaki lebih rendah dari
tumit selanjutnya bola ditendang dengan
Kaki bagian atas atau bagian
punggung.

·
Latihan dasar
menahan bola
Mengontrol bola dengan kaki bagian dalam
-. Badan tegak, kaki kanan di depan,
lutut sedikit ditekuk
-. Pergelangan kaki dikunci dengan mata
kaki menghadap ke depan
-. Kaki kiri digunakan sebagai tumpuan
dan menopang berat badan dikaki kiri
-. Tangan rileks untuk menjaga
keseimbangan badan
·
Latihan dasar
menahan bola
Mengontrol bola dengan kaki bagian luar
-. kaki kanan di depan,
-. Pergelangan kaki diputar, ujung kaki
menghadap kebawah, lutut ditekuk
-. Kaki kiri digunakan sebagai tumpuan,
lutut ditekuk hingga berat badan ada
Dikaki kiri
-. Badan sedikit condong
-. Tangan rileks untuk menjaga
keseimbangan badan
D. Metode Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
E. Kegiatan Pembelajaran.
* Pertemuan Pertama
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris, berdoa,
presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
15 menit
|
Inti
|
1.
Guru membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung
jawab…)
2.
Peserta didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru
(mengamati)
3.
Peserta didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan
teman-temannya.(menanya)
4.
Peserta didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang
tugas yang diberikan. (menanya)
5.
Peserta didik secara berpasangan bertindak sebagai pelaku dan pengamat
(proses tanggung jawab…
6.
Pelaku mencoba melakukan gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja (mencoba,
menyaji)
7.
Pengamat mengamati gerakan yang dilakukan oleh pelaku (analisis,
menalar)
8.
Pengamat melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku
(evaluasi, menalar,)
9.
Pelaku memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat
(menyaji)
10.
Setelah semua tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh
pengamat maka dilakukan pergantian peran (nilai apa yang terjadi…..)
11.
Setelah semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan
sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan
mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)
|
95 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi proses
pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi
passing sepak bola
·
Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik
tentang materi passing sepak bola
·
Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik kesimpulan
dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
* Pertemuan kedua
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Merefleksi kembali pelajaran
pertemuan sebelumnya
·
Membahas tugas pengamatan yang
telah dikerjakan di rumah.
·
Menyampaikan tujuan pembelajara.
·
Mengaitkan materi yang telah
dipelajari denngan materi yang akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik
dasar sepak bola.
·
Membagi peserta didik kedalam
kelompok
|
15
Menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Dua orang siswa dari kelompok
berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca tentang latihan variasi
teknik dasar sepak bola melalui media baca, video atau internet.
Mencoba
·
Kelompok diminta untuk mencoba
mempraktekkan latihan variasi teknik dasar
sepak bola.
·
Guru menilai kreatifitas dan
kerjasama latihan variasi teknik dasar sepak bola masing-masing kelompok.
Mengasosiasi
·
Setiap kelompok mencoba variasi
latihan kelompok lain.
·
Kelompok dibagi dua sama banyak
dan mempraktikkan variasi latihan teknik dasar melalui permainan sepak bola
dengan aturan yang sederhana.
·
Guru menilai kerjasama antar
kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar.
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok memaparkan
hasil latihan variasi teknik dasar sepak bola.
·
Guru menilai keterampilan menyaji
dan berkomunikasi.
|
95
menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis
tentang materi passing sepak bola
·
Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik
tentang materi passing sepak bola
·
Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil
pembelajaran, dan berdoa
|
25 menit
|
F. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan, Bola sepak, bola karet, cone, pluit.
3. Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
- Buku referensi lain yang sesuai
G. Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak
melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses
pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Aspek yang Diukur
|
Deskripsi Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1.
Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|
|
|
Menggunakan seragam OR
|
|
|
|
|
Mengikuti
seluruh proses pembelajaran
|
|
|
|
|
Selesai tepat waktu
|
|
|
|
|
2.
Kerja
sama
|
Bersama-sama menyiapkan peralatan
|
|
|
|
Saling memberikan umpan secara bergantian
|
|
|
|
|
Menjaga bola secara
bergantian
|
|
|
|
|
3.
Tanggung jawab
|
Menyelesaikan
tugas yang diterima
|
|
|
|
Menjaga keselamatan diri dn orang
lain
|
|
|
|
|
Tidak mencari cari kesalahan teman
|
|
|
|
|
Saling
menghargai
|
|
|
|
|
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
Pengetahuan: Keterangan:
a.
BT : Belum Tampak
b.
MT : Mulai Tampak
c.
TN : Tampak Nyata
2. Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan
mengenai konsep gerak passing bawah dalam permainan bolavoli.
B. INSTRUMEN
KISI-KISI PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Level
Pengetahuan
|
Jumlah Butir
|
No Soal
|
Pen-skoran
|
1.
|
Menentukan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
|
a.
Menyebut bagian kaki mana saja yang dapat
digunakan menendang, dapat memvariasikan dan dikombinasikan
|
C-1
|
1
|
1
|
Skor 3, jika
jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika
jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika
jenis disebut tidak lengkap
|
b.
Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan
kombinasi teknik dasar menendang dan
mengontrol/ menghentikan bola
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4, jika
penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika
penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
|
||
c.
Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar salah satu permainan bola besar (sepak bola)
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4, jika
urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika
urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
|
||
2.
|
…………………….
|
…………………….
|
……………..
|
……..
|
……..
|
…………………….
|
C. INSTRUMEN KISI-KISI PENILAIAN KETERAMPILAN
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian Gerak
|
Pen-skoran
|
||
1.
|
Mempraktikkan
keterampilan dasar menendang yang baik
|
a.
Posisi dan sikap awal
|
1.
Kedua kaki dibuka selebar bahu dengan posisi
tungkai kaki yang akan menendang berada sedikit di belakang
2.
Badan agak condong ke depan, berat badan berada
dikaki depan
3.
Kedua lengan dan tangan relaks di samping
menyesuaikan dengan posisi badan
4.
Pandangan mata
tertuju pada bola yang akan ditendang
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
b.
Pelaksanaan gerakan
|
1.
Salah satu
kaki yang berada di belakang diayun ke depan lalu bagian kaki (bagian dalam,
punggung, bagian luar) menyentuh bagian bola
2.
Badan agak condong ke kaki yang di depan, bola di letakan di depan kaki yang akan
menendang
3.
Kedua lengan relaks bergerak mengimbangi gerakan
kaki
4.
Pandangan mata ke arah lepasnya bola
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||||
c.
Posisi dan sikap akhir
|
1.
Kedua kaki sejajar terbuka selebar bahu
2.
Badan tegak
3.
Kedua lengan relaks di samping badan
4.
Pandangan mata ke arah lepasnya bola
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||||
2.
|
………………
|
………………
|
……………..
|
……..
|
……..
|
…………………….
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Mempraktikkan
keterampilan dasar mengontrol bola/menghentikan bola yang baik
|
d.
Posisi dan sikap awal
|
5.
Kedua kaki dibuka selebar bahu dengan posisi
tungkai kaki sejajar
6.
Badan agak condong ke depan, berat badan berada
dikaki depan
7.
Kedua lengan dan tangan relaks di samping
menyesuaikan dengan posisi badan
8.
Pandangan mata
tertuju pada datangnya bola
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
e.
Pelaksanaan gerakan
|
5.
Salah satu
bagian tungkai/kaki diarahkan sesuai datangnya bola ( kaki bagian dalam,
punggung, kaki bagian luar) menyentuh bagian bola yang datang
6.
Badan agak condong mengimbangi bagian kaki akan menerima atau mengontrol bola.
7.
Kedua lengan relaks bergerak mengimbangi gerakan
kaki
8.
Pandangan mata ke arah datangnya bola
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
f.
Posisi dan sikap akhir
|
5.
Kedua kaki sejajar terbuka selebar bahu
6.
Badan tegak
7.
Kedua lengan relaks di samping badan
8.
Pandangan mata ke arah bola yang sudah terkontrol.
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
Keterangan:
1.
Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan,
dan pandangan)
2.
Skor 3: Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.
Skor 2: Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
4.
Skor 1: Jika
peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
2.
Tes unjuk kerja
(keterampilan):
1). Lakukan teknik dasar menendang bola
2). Lakukan teenik
dasar mengontrol/menghentikan bola
Keterangan:
Penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
3
|
|
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
D. Dari
kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk
lembar pengamatan, sebagai berikut:
No
|
Indikator Esensial
|
Uraian Gerak
|
Ya
(1)
|
Tidak
(0)
|
1.
|
Posisi dan Sikap
Awal
|
a.
Kaki
|
|
|
b.
Badan
|
|
|
||
c.
Lengan
|
|
|
||
d.
Pandangan mata
|
|
|
||
2.
|
Pelaksanaan
Gerak
|
a.
Kaki
|
|
|
|
|
b.
Badan
|
|
|
|
|
c.
Lengan
|
|
|
|
|
d.
Pandangan mata
|
|
|
3.
|
Posisi dan
Sikap Akhir
|
a.
Kaki
|
|
|
|
|
b.
Badan
|
|
|
|
|
c.
Lengan
|
|
|
|
|
d.
Pandangan mata
|
|
|
Atau dapat disederahanakan menjadi:
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Posisi/ Sikap
Awal
|
Pelaksanaan
Gerak
|
Posisi/ Sikap
Akhir
|
Jumlah Skor
|
||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
…….
|
……………………………
|
….
|
….
|
….
|
….
|
…
|
…
|
…
|
…
|
….
|
….
|
….
|
….
|
….
|
|
E. Bentuk soal uraian (Essay)
1. Sebutkan bagian kaki mana saja yang dapat
digunakan untuk menendanag bola.
2. Sebutkan bagian kaki mana saja yang dapat
digunakan untuk mengontrol/ menghentikan bola.
3. Jelaskan bagian kaki mana yang dapat dengan
efektif untuk menontrol bola yang datangnya
menyusur tanah.
4. Bagian kaki mana yang paling efektif untuk
menendang jarak jauh
5. jelaskan keuntungan menghentikan bola
dengan bagian dada.
Guru Pamong Banda
Aceh,19 Agustus 2015
Guru
praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
Tidak ada komentar:
Posting Komentar