Senin, 23 November 2015

rpppancak silat sma 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran               : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester              : XI (Ganjil)
Materi Pokok                 : Pencak Silat
Alokasi waktu               : 3 JP



Standar Kompetensi
      Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
.Kompetensi Dasar

      Mempraktikkan  variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan benar dan lancar  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Indikator Pencapaian Kompetensi

1.      Melakukan kombinasi teknik dasar kuda-kuda dengan benar
2.      Melakukan kombinasi teknik dasar langkah dengan benar
3.      Melakukan kombinasi teknik dasar pukulan dengan benar
4.      Melakukan kombinasi teknik dasar tangkisan dengan benar

. Materi Pembelajaran

 Teknikpancak silat
 
1.      Teknik dasar kuda-kuda

2.      Teknik dasar langkah
3.      Teknik dasar pukulan
4.      Teknik dasar tangkisan


        Alokasi Waktu Materi
No.
Materi
Waktu
1
Teknik dasar kuda-kuda
15 menit
2
Teknik dasar langkah
15 menit
3
Teknik dasar pukulan
15 menit
4
Teknik dasar tangkisan
15 menit


  Metode Pembelajaran
No.
Materi
Metode
1
Teknik dasar kuda-kuda
Demonstrasi dan penugasan
2
Teknik dasar langkah
Demonstrasi dan penugasan
3
Teknik dasar pukulan
Demonstrasi dan penugasan
4
Teknik dasar tangkisan
Demonstrasi dan penugasan

   Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
                        Preparasi/persiapan

  Siswa di bariskan
  Mengabsen siswa
  Pemanasan dan berdoa

  Apresiasi tidak ada
  Motivasi
Menjelaskan manfaat dari bela diri pencat silat

Inti Pembelajaran (70 Menit)

a.    Eksplorasi (10 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Mempraktekkan teknik dasar kuda-kuda depan,  belakang,  samping dan tengah 
2.      Mempraktekkan teknik asar langkah segaris, tegak lurus dan langkah serong 
3.      Mempraktekkan teknik dasar pukulan atas, bawah,  depan dan samping 
4.      Mempraktekkan teknik dasar tangkisan tangkisan satu tangan, tangkisan siku, tangkisan dua lengan dan tangkisan kaki 


b.   Elaborasi (60 Menit)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
      Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model penugasan
1.   Siswa melakukan teknik dasar kuda-kuda depan,  belakang,  samping dan tengah 
2.   Siswa melakukan teknik asar langkah segaris, tegak lurus dan langkah serong 
3.   Siswa melakukan teknik dasar pukulan atas, bawah,  depan dan samping 
4.   Siswa melakukan teknik dasar tangkisan tangkisan satu tangan, tangkisan siku, tangkisan dua lengan dan tangkisan kaki                                                                        

c.    Konfirmasi (10 Menit)
      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
      Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
      Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan

Penutup Pembelajaran (10 Menit)
         Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
                        Preparasi
                        Memberikan kesempatan untuk bertanya
  Memberi rangkuman
  Memberi penjelasan singkat tentang materi
  Siswa melakukan pendinginan
  Berdoa



 Penilaian Pembelajaran

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis)
Aspek  Kognitif
   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Aspek Afektif
   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok,   keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Tes praktik
(Kinerja)


Tes tertulis





Tes
observasi
Tes Contoh Kinerja


Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) dan sambung
Sebutkan bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis


Kerjasama dengan teman dalam kelompok,   keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri



           

Teknik penilaian:

- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
                              Lakukan koordinasi teknik dasar kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                        Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 100
                        Jumlah skor maksimal



- Pengamatan sikap (afeksi): 
Lakukan koordinasi teknik dasar kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan nilai dengan menekankan pada nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

                                 Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal

                        -  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                        Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 100
      Jumlah skor maksimal

  1. Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
                                     
                 


2.      Rubrik Penilaian


                                                                    RUBRIK PENILAIAN
                                          UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PENCAK SILAT
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.       Variasi dan kombinasi gerakan kuda-kuda  dan langkah seirama (tidak terputus)
2.       Variasi dan kombinasi gerakan pukulan dan tangkisan tidak terputus
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
                                                                    RUBRIK PENILAIAN
                                                      PERILAKU DALAM PENCAK SILAT
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Berani (tidak ragu-ragu saat melakukan serangan/tangkisan)
2.  Jujur (mengakui keunggulan lawan )
3. Menghormati lawan (tidak melukai/mecelakakan lawan )
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
                                                                RUBRIK PENILAIAN
                                              PEMAHAMAN KONSEP PENCAK SILAT
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban

1
2
3
4

1. Bagaimana posisi lutut saat melakukan kuda-kuda depan ?
2.  Bagaimana posisi gerakan lengan yang benar pada saat melakukan tangkisan lengan ke arah luar ?
3.  Bagaimana posisi badan yang benar pada saat melakukan kuda-kuda ?
JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100



11. Sumber Belajar
  • Ruang terbuka yang datar dan aman
  • Buku teks
  • Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X
  • Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan





      Guru Pamong                                                        Banda Aceh,19 Agustus 2015
                                                                                    Guru praktikan



Mazuki,M.Pd                                                        Usman
NIP.1967 0816 1999 031001                               1211040033                           


Mengetahuai:
Kepala Sekolah

Usman,S.Pd               
NIP.1965 1231 198903 1282            


Tidak ada komentar:

Posting Komentar