RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : XI (Ganjil)
Materi Pokok : Pencak Silat
Alokasi
waktu : 3 JP
Standar Kompetensi
Mempraktikan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
.Kompetensi
Dasar
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu
permainan olahraga bela diri lanjutan dengan benar dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan kombinasi teknik dasar kuda-kuda dengan benar
2.
Melakukan kombinasi teknik dasar langkah dengan benar
3.
Melakukan kombinasi teknik dasar pukulan dengan benar
4.
Melakukan kombinasi teknik dasar tangkisan dengan benar
. Materi Pembelajaran
Teknikpancak
silat
1. Teknik dasar kuda-kuda
2.
Teknik dasar langkah
3. Teknik dasar pukulan
3. Teknik dasar pukulan
4. Teknik dasar tangkisan
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik dasar kuda-kuda
|
15 menit
|
2
|
Teknik dasar langkah
|
15 menit
|
3
|
Teknik dasar pukulan
|
15 menit
|
4
|
Teknik dasar tangkisan
|
15 menit
|
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik dasar kuda-kuda
|
Demonstrasi dan penugasan
|
2
|
Teknik dasar langkah
|
Demonstrasi dan penugasan
|
3
|
Teknik dasar pukulan
|
Demonstrasi dan penugasan
|
4
|
Teknik
dasar tangkisan
|
Demonstrasi dan penugasan
|
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
Preparasi/persiapan
Siswa di bariskan
Mengabsen siswa
Pemanasan dan berdoa
Apresiasi tidak ada
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari bela diri pencat silat
Inti Pembelajaran (70 Menit)
a. Eksplorasi (10 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mempraktekkan teknik dasar kuda-kuda depan, belakang,
samping dan tengah
2. Mempraktekkan teknik asar langkah segaris, tegak lurus dan langkah
serong
3. Mempraktekkan teknik dasar pukulan atas, bawah, depan dan samping
4. Mempraktekkan teknik dasar tangkisan tangkisan satu tangan,
tangkisan siku, tangkisan dua lengan dan tangkisan kaki
b. Elaborasi (60 Menit)
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Strategi
pelaksanaan dengan menggunakan model penugasan
1. Siswa melakukan
teknik dasar kuda-kuda depan,
belakang, samping dan tengah
2.
Siswa melakukan teknik asar langkah
segaris, tegak lurus dan langkah serong
3.
Siswa melakukan teknik dasar pukulan
atas, bawah, depan dan samping
4.
Siswa melakukan teknik dasar tangkisan
tangkisan satu tangan, tangkisan siku, tangkisan dua lengan dan tangkisan
kaki
c.
Konfirmasi (10 Menit)
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran
yang telah selesai
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara
transparan
Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum
dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup
Pembelajaran (10 Menit)
Motivasi
Memberikan
Pujian kepada siswa yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang
belum memahami materi
Preparasi
Memberikan kesempatan untuk bertanya
Memberi rangkuman
Memberi penjelasan singkat tentang materi
Siswa melakukan pendinginan
Berdoa
Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda,
langkah, pukulan dan tangkis)
Aspek Kognitif
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar, gerak
langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Aspek
Afektif
Dapat
bekerjasama dengan teman dalam kelompok,
keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan
dan tangkis) dan sambung
Sebutkan
bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda,
pukulan dan tangkis
Kerjasama
dengan teman dalam kelompok,
keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
|
Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan
koordinasi teknik dasar kuda-kuda,
langkah, pukulan dan tangkisan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor
yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 100
Jumlah skor
maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Lakukan koordinasi teknik dasar kuda-kuda,
langkah, pukulan dan tangkisan nilai dengan menekankan pada nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat
nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test
(kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan
mengenai konsep gerak dalam teknik dasar kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang
nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor
yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2.
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PENCAK SILAT
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Variasi dan kombinasi gerakan kuda-kuda dan langkah seirama (tidak terputus)
2.
Variasi dan kombinasi gerakan pukulan dan tangkisan tidak terputus
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PENCAK SILAT
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Berani (tidak ragu-ragu saat melakukan
serangan/tangkisan)
|
|
2. Jujur (mengakui keunggulan lawan )
|
|
3. Menghormati lawan
(tidak melukai/mecelakakan lawan )
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP PENCAK SILAT
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1. Bagaimana posisi lutut saat
melakukan kuda-kuda depan ?
2. Bagaimana posisi gerakan lengan yang benar
pada saat melakukan tangkisan lengan ke arah luar ?
3. Bagaimana posisi badan yang benar pada saat
melakukan kuda-kuda ?
|
|||||
JUMLAH
|
|||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
|||||
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
Guru Pamong Banda Aceh,19
Agustus 2015
Guru praktikan
Mazuki,M.Pd Usman
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
NIP.1967 0816 1999 031001 1211040033
Mengetahuai:
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Usman,S.Pd
NIP.1965 1231 198903 1282
NIP.1965 1231 198903 1282
Tidak ada komentar:
Posting Komentar