Minggu, 06 Desember 2015

Rpp kimia Reaksi eksoterm dan reaksi endoterm

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       :    SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran       :    Kimia
Kelas/Semester      :    XI/satu
Materi pokok         :    Reaksi eksoterm dan  reaksi endoterm
Alokasi Waktu      :    4 JP

A.           Kompetensi Inti
KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :                Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  :   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1     Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, lajureaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2     Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2     Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3     Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.4  Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
Indikator:
1.    Menentukan perbedaan antara sistem dan lingkungan (C3)
2.    Menjelaskan reaksi-reaksi eksoterm dan endoterm (C2)
3.    Mengklasifikasikan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm (C3)
4.    Menentukan persamaan termokimia (C3)
4.4  Merancang, melakukan, menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi   eksoterm dan reaksi endoterm.
Indikator:
5.    Merancang percobaan reaksi eksoterm dan endoterm
6.    Mengoperasikan percobaan reaksi eksoterm dan endoterm
7.    Menyimpulkan hasil dari percobaan reaksi eksoterm dan endoterm
8.    Mempresentasikan hasil dari percobaan reaksi eksoterm dan endoterm

C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat:
1.         Menyadari adanya keteraturan dari termokimia sebagai wujud kebesaran Tuhan YME melalui sikap ketekunan dalam proses pembelajaran.
2.         Menunjukkan perilaku ketekunan, keterbukaan dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
3.         Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana dalam sikap keterbukaan sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
4.         Menentukan perbedaan antara sistem dan lingkungan
5.         Menjelaskan reaksi-reaksi eksoterm dan endoterm
6.         Mengklasifikasikan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
7.         Menentukan persamaan termokimia
8.         Merancang percobaan reaksi eksoterm dan endoterm
9.         Mengoperasikan percobaan reaksi eksoterm dan endoterm
10.     Menyimpulkan hasil dari percobaan reaksi eksoterm dan endoterm
11.     Mempresentasikan hasil dari percobaan reaksi eksoterm dan endoterm

D.           Materi Pembelajaran
Fakta                 :    Sistem dan lingkungan
Konsep              :    Reaksi eksotem dan endoterm
Prinsip               :    penyerapan dan pelepasan kalor
Prosedur            :    Langkah kerja percobaan reaksi eksoterm dan endoterm

E.            Metode Pembelajaran
Model                : Direct Intruction
Pendekatan        : Saintifik
Metode              : Eksperimen, diskusi, tanya jawab dan ceramah

F.            Media dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point dan LKS
2.    Sumber Belajar
a.    Harnanto, A dan Ruminten. 2009.  Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI.  Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
b.    Permana, Irvan. 2009. Memahami Kimia 2 : SMA/MA Untuk Kelas XI, Semester 1 dan 2. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
c.    Shidiq Premono, Anis Wardani, Nur Hidayati. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
d.   Utami, B., Agung Nugroho Catur Saputro., Lina Mahardiani., Sri Yamtinah dan Bakti Mulyani. 2009. Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI Program Ilmu Alam. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
A.    Pendahuluan
1.    Peserta didik memberi salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan  absensi
2.    Guru meminta peserta didik duduk membentuk kelompok yang telah disepakati
3.    Guru mengajukan pertanyaan : coba disebutkan ciri-ciri dari suatu reaksi kimia?
4.    Menampilkan animasi
5.    Peserta didik mendengar dengan penuh perhatian saat guru menyampaikan topik, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
10’
B.     Kegiatan Inti
1.    Mengamati
a.    Peserta didik mengamati penyampaian materi dari guru tentang sistem, lingkungan, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
b.    Peserta didik mengkaji beberapa literatur tentang sistem, lingkungan, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
c.    Peserta didik mengkaji LKPD yang di bagikan guru untuk merancangan percobaan.
d.   Setiap kelompok merancang percobaan reaksi eksoterm dan endoterm sesuai LKPD yang telah dibagikan.
a.    Setiap kelompok melakukan percobaan yang telah dirancang dengan bimbingan guru.
2.    Menanya
a.    Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sistem, lingkungan, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm yang belum dipahami.
3.    Mengumpulkan data
b.    Setiap kelompok mencatat hasil percobaan dengan bimbingan guru.
c.    Setiap kelompok mendiskusikan hasil percobaan dan ciri-ciri dari reaksi eksoterm dan endoterm dengan bimbingan guru.
4.    Mengasosiasi
a.    Setiap kelompok membuat kesimpulan dari hasil percobaan dan diskusi.
b.    Setiap kelompok menganalisis data untuk membuat diagram tingkat energi.
5.    Mengomunikasi
a.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil percobaan dan hasil diskusi dalam kelompok dan ditanggapi oleh kelompok yang lain.
170
C.    Kegiatan penutup
1.    Guru mengecek pemahaman dengan memberikan beberapa soal kepada peserta didik yang kemudian akan dibahas bersama-sama dan memberi umpan balik.
2.    Peserta didik merangkum materi secara keseluruhan dibimbing oleh guru.
3.    Guru memberikan penguatan materi
4.    Peserta didik mencatat tugas latihan rumah yang diberikan guru.
10’



H.      Penilaian
No
Aspek
Jenis/teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.
Pengetahuan
-          Tes Tertulis
-     Soal essay
2.
Sikap
-          Observasi
-          Lembar Observasi
3.
Ketrampilan
-          Penilaian Praktik
-          Lembar observasi

           
Mengetahui,                                                                             Banda Aceh,      Juli 2014
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Bidang Studi


U  S  M  A  N, S.Pd                                                                               Rita Zahara, S.Si
NIP. 19651231 198903 1 282                                                 NIP.19780329 200701 2 018





Tidak ada komentar:

Posting Komentar