RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/ Satu
Materi pokok : Kesetimbangan Kimia
Alokasi Waktu : 6
JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI
3 : Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan meta kognitif berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, laju reaksi, kesetimbangan
kimia,
larutan dan koloid sebagai wujud
kebesaranTuhan
YME dan pengetahuan tentang
adanya keteraturan tersebut sebagai hasil
pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia berupa minyak
bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai
anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif)
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam
sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.8 Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan
dalam industri.
Indikator:
1.
Mengemukakan reaksi kesetimbangan
beserta ciri-ciri reaksi kesetimbangan (C2)
2.
Membedakan reaksi kesetimbangan homogen
dengan reaksi kesetimbangan heterogen (C2)
3.
Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (C4)
4.
Menerapkan faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dalam pembuatan asam sulfat dan
amonia dalam industri (C3)
4.2 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Indikator:
1.
Mempresentasikan ciri-ciri reaksi
kesetimbangan dan jenis reaksi kesetimbangan.
2.
Merancang percobaan tentang pengaruh
konsentrasi terhadap pergeseran arah
kesetimbangan
3.
Melakukan percobaan pengaruh konsentrsi
terhadap pergeseran arah kesetimbangan
4.
Membuat laporan hasil percobaan tentang
pengaruh konsentrasi terhadap pergeseran arah kesetimbangan
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan
data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat:
1.
Menyadari
adanya
keteraturan
dari
kesetimbangan
kimia
sebagai
wujud
kebesaranTuhan YME
yang diwujudkan dengan sikap semangat belajar.
2.
Menunjukkan perilaku tenggang rasa dan
ramah dengan teman dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi.
3.
Menjelaskan reaksi kesetimbangan beserta
ciri-ciri reaksi kesetimbangan.
4.
Membedakan reaksi kesetimbangan homogen
dengan reaksi kesetimbangan heterogen.
5.
Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
6.
Menerapkan faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dalam pembuatan asam sulfat dan
amonia dalam industri.
7.
Mempresentasikan ciri-ciri reaksi
kesetimbangan dan jenis reaksi kesetimbangan.
8.
Merancang percobaan tentang pengaruh
konsentrasi terhadap pergeseran arah
kesetimbangan.
9.
Melakukan percobaan pengaruh konsentrasi
terhadap pergeseran arah kesetimbangan.
10.
Membuat laporan hasil percobaan tentang pengaruh
konsentrasi terhadap pergeseran arah kesetimbangan.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Fakta
Reaksi kimia, pabrik pupuk urea
(hasil samping eksplorasi gas alam LNG di lhokseumawe)
2. Konsep
Reaksi reversibel dan irreversibel, reaksi kesetimbangan, faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran reaksi kesetimbangan kimia
3. Prinsip
a.
Perbedaan reaski irreversibel dan reaksi
reversibel
b.
Pengertian reaksi kesetimbangan dan
jenis reaksi kesetimbangan
c.
Pergeseran reaksi kesetimbangan
4. Prosedur
a.
Mengelompokkan
kartu ke dalam
b.
Merancang percobaan
tentang pengaruh konsentrasi terhadap pergeseran arah kesetimbangan
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Model : inquiry
2.
Pendekatan :
Saintifik
3.
Metode :
Demonstrasi, diskusi, tanya jawab, eksperimen, ceramah.
F.
Media,
Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media.
Bahan
Tayang (swf), PPT, kartu reaksi, LKS, Hand Out
2.
Alat/Bahan : alat dan bahan percobaan
3.
Sumber Belajar
a.
Devi K. Popy. 2009. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.
Harnanto,
A dan Ruminten.
2009. Kimia
untuk SMA/MA Kelas XI.
Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.
Hermawan. 2009. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
G. Langkah-langkah
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
A. Pendahuluan
Salam dan absensi
Peserta didik duduk dalam kelompok
yang telah disepakati. Dalam hal ini diharapkan peserta didik sudah membaca
literatur tentang materi kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya dan menyusun langkah kerja pada LKS merancang percobaan.
Guru menanyakan kembali tentang reaksi kimia
Guru mendemonstrasikan reaksi antara Fe dengan HCl dan
K2CrO4 yang ditambah HCl dan NaOH
|
15 menit
|
B. Kegiatan Inti
Mengamati :
1. Peserta didik
mengamati dengan seksama reaksi kimia yang didemonstrasikan.
2. Peserta didik
mengelompokkan kartu tentang reaksi-reaksi kimia ke dalam reaksi irreversibel
dan reversibel.
3. Peserta didik
mengakaji hand out dan sumber lainnya tentang materi kesetimbangan.
4. Peserta didik
melakukan percobaan mengenai pengaruh konsetrasi terhadap pergeseran
kesetimbangan
5. Peserta didik
mengamati animasi tentang faktor konsentrasi, suhu, volume dan tekanan yang
mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
Menanya :
1. Peserta didik
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tugas kelompok tentang kesetimbangan
kimia
2. Guru
mengarahkan peserta didik agar bertanya tentang konsep kesetimbangan dengan
mengajukan pertanyaan yang mendukung.
Mengumpulkan Data
1. Peserta didik
menuliskan hasil diskusi pengelompokan reaksi kimia di dalam tabel pada LKS.
2. Peserta didik
menuliskan hasil percobaan pada pada tabel pengamatan yang ada pada LKS.
Mengasosiasi
1.
Peserta didik menyimpulkan tentang reaksi kesetimbangan
dan jenis reaksi kesetimbangan.
2.
Peserta didik menyimpulkan percobaan yang telah
dilakukan
3.
Peserta didik menyimpulkan faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dan menerapkannya pada pembuatan
amonia dan asam sulfat di industri
Mengkomunikasikan
1.
Peserta didik mempresentasikan hasil tabel
pengelompokkan reaksi kimia
2.
Peserta didik mengumpulkan laporan percobaan
tentang pengaruh konsentrasi terhadap kesetimbangan
|
230’
|
C. Penutup
1.
Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran
2.
Guru memberikan penguatan terhadap konsep yang
telah dipelajari (refleksi)
3.
Guru memberi evaluasi tentang materi kesetimbangan
4.
Peserta didik diberi tugas membaca materi tentang
Kc, Kp dalam kesetimbangan
|
25 menit
|
H. Penilaian
No
|
Aspek
|
Jenis/teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi diskusi kelompok
|
-
Lembar
Observasi
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Tes Tertulis
|
-
Soal pilihan berganda
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja Presentasi, merancang, melakukan dan menyimpulkan
percobaan
|
-
Lembar
Observasi
|
Mengetahui, Banda
Aceh, Juli 2014
Kepala
Sekolah
Guru Bidang Studi
U S
M A N, S.Pd Rita Zahara,
S.Si
NIP.
19651231 198903 1 282 NIP.19780329
200701 2 018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar