Minggu, 06 Desember 2015

Rpp kimia kesetimbangan kimia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah       :    SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran       :    Kimia
Kelas/Semester      :    XI/ Satu          
Materi pokok         :    Kesetimbangan Kimia
Alokasi Waktu      :    6 JP
A.           Kompetensi Inti
KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :                Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  :   Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan meta kognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1              Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2              Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2       Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3       Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.8       Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.
Indikator:
1.        Mengemukakan reaksi kesetimbangan beserta ciri-ciri reaksi kesetimbangan (C2)
2.        Membedakan reaksi kesetimbangan homogen dengan reaksi kesetimbangan heterogen (C2)
3.        Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (C4)
4.        Menerapkan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dalam pembuatan asam sulfat dan amonia dalam industri (C3)
4.2       Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Indikator:
1.        Mempresentasikan ciri-ciri reaksi kesetimbangan dan jenis reaksi kesetimbangan.
2.        Merancang percobaan tentang pengaruh konsentrasi terhadap pergeseran  arah kesetimbangan
3.        Melakukan percobaan pengaruh konsentrsi terhadap pergeseran arah kesetimbangan
4.        Membuat laporan hasil percobaan tentang pengaruh konsentrasi terhadap pergeseran arah kesetimbangan

C.           Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat:
1.        Menyadari adanya keteraturan dari kesetimbangan kimia sebagai wujud kebesaranTuhan YME yang diwujudkan dengan sikap semangat belajar.
2.        Menunjukkan perilaku tenggang rasa dan ramah dengan teman dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi.
3.        Menjelaskan reaksi kesetimbangan beserta ciri-ciri reaksi kesetimbangan.
4.        Membedakan reaksi kesetimbangan homogen dengan reaksi kesetimbangan heterogen.
5.        Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
6.        Menerapkan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dalam pembuatan asam sulfat dan amonia dalam industri.
7.        Mempresentasikan ciri-ciri reaksi kesetimbangan dan jenis reaksi kesetimbangan.
8.        Merancang percobaan tentang pengaruh konsentrasi terhadap pergeseran  arah kesetimbangan.
9.        Melakukan percobaan pengaruh konsentrasi terhadap pergeseran arah kesetimbangan.
10.    Membuat laporan hasil percobaan tentang pengaruh konsentrasi terhadap pergeseran arah kesetimbangan.
D.           Materi Pembelajaran
1.     Fakta
Reaksi kimia, pabrik pupuk urea (hasil samping eksplorasi gas alam LNG di lhokseumawe)
2.     Konsep
Reaksi reversibel dan irreversibel,  reaksi kesetimbangan, faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran reaksi kesetimbangan kimia
3.     Prinsip
a.       Perbedaan reaski irreversibel dan reaksi reversibel
b.      Pengertian reaksi kesetimbangan dan jenis reaksi kesetimbangan
c.       Pergeseran reaksi kesetimbangan
4.     Prosedur
a.       Mengelompokkan kartu ke dalam
b.      Merancang percobaan tentang pengaruh konsentrasi terhadap pergeseran arah kesetimbangan
E.            Metode Pembelajaran
1.             Model                   : inquiry
2.             Pendekatan          : Saintifik
3.             Metode                 : Demonstrasi, diskusi, tanya jawab, eksperimen, ceramah.
F.            Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.             Media.
Bahan Tayang (swf), PPT, kartu reaksi, LKS, Hand Out
2.             Alat/Bahan           : alat dan bahan percobaan
3.             Sumber Belajar
a.    Devi K. Popy. 2009. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Pusat  perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.    Harnanto, A dan Ruminten. 2009. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Pusat  perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.    Hermawan. 2009. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Pusat  perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi Waktu
A.       Pendahuluan
Salam dan absensi
Peserta didik duduk dalam kelompok yang telah disepakati. Dalam hal ini diharapkan peserta didik sudah membaca literatur tentang materi kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dan menyusun langkah kerja pada LKS merancang percobaan.
Guru menanyakan kembali tentang reaksi kimia
Guru mendemonstrasikan reaksi antara Fe dengan HCl dan K2CrO4 yang ditambah HCl dan NaOH
15 menit
B.       Kegiatan Inti
Mengamati :
1.     Peserta didik mengamati dengan seksama reaksi kimia yang didemonstrasikan.
2.     Peserta didik mengelompokkan kartu tentang reaksi-reaksi kimia ke dalam reaksi irreversibel dan reversibel.
3.     Peserta didik mengakaji hand out dan sumber lainnya tentang materi kesetimbangan.
4.     Peserta didik melakukan percobaan mengenai pengaruh konsetrasi terhadap pergeseran kesetimbangan
5.     Peserta didik mengamati animasi tentang faktor konsentrasi, suhu, volume dan tekanan yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
Menanya :
1.     Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tugas kelompok tentang kesetimbangan kimia
2.     Guru mengarahkan peserta didik agar bertanya tentang konsep kesetimbangan dengan mengajukan pertanyaan yang mendukung.
Mengumpulkan Data
1.     Peserta didik menuliskan hasil diskusi pengelompokan reaksi kimia di dalam tabel pada LKS.
2.     Peserta didik menuliskan hasil percobaan pada pada tabel pengamatan yang ada pada LKS.
Mengasosiasi
1.    Peserta didik menyimpulkan tentang reaksi kesetimbangan dan jenis reaksi kesetimbangan.
2.    Peserta didik menyimpulkan percobaan yang telah dilakukan
3.    Peserta didik menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dan menerapkannya pada pembuatan amonia dan asam sulfat di industri
Mengkomunikasikan
1.    Peserta didik mempresentasikan hasil tabel pengelompokkan reaksi kimia
2.    Peserta didik mengumpulkan laporan percobaan tentang pengaruh konsentrasi terhadap kesetimbangan



230’
C.       Penutup
1.    Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2.    Guru memberikan penguatan terhadap konsep yang telah dipelajari (refleksi)
3.    Guru memberi evaluasi tentang materi kesetimbangan
4.    Peserta didik diberi tugas membaca materi tentang Kc, Kp dalam kesetimbangan
25 menit


H   Penilaian
No
Aspek
Jenis/teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.
Sikap
-          Observasi diskusi kelompok
-     Lembar Observasi
2.
Pengetahuan
-          Tes Tertulis
-          Soal pilihan berganda
3.
Ketrampilan
-          Kinerja Presentasi, merancang, melakukan dan menyimpulkan percobaan
-          Lembar Observasi



Mengetahui,                                                                 Banda Aceh,      Juli 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Bidang Studi


U  S  M  A  N, S.Pd                                                                  Rita Zahara, S.Si
NIP. 19651231 198903 1 282                                    NIP.19780329 200701 2 018















                                                                                                                                                      






Tidak ada komentar:

Posting Komentar