Minggu, 06 Desember 2015

Rpp Kimia Laju Reaksi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       :    SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran       :    Kimia
Kelas/Semester      :    XI/Satu           
Materi pokok         :    Laju Reaksi
Alokasi Waktu      :    12 JP

A.           Kompetensi Inti
KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :                Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  :   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1              Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2              Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari
2.2       Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3       Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.7       Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi berdasarkan data hasil percobaan
Indikator:
1.    Menjelaskan konsep laju reaksi (C2)
2.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (C2)
3.    Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan hasil percobaan (C4)
4.    Menganalisis grafik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan hasil percobaan (C4)
5.    Menyimpulkan hasil  percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (C3)
6.    Menentukan persamaan laju reaksi. (C3)
7.    Menganalisis grafik tentang jenis-jenis orde reaksi. (C4)
8.    Menentukan orde reaksi berdasarkan data konsentrasi reaktan dan laju reaksi. (C3)
9.    Menentukan orde reaksi berdasarkan data konsentrasi reaktan dan waktu reaksi. (C3)
10.      Menentukan waktu dan laju reaksi berdasarkan perubahan suhu. (C3)

4.7          Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil  percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi.
Indikator:
1.    Merancang percobaan dan menentukan variable control dan variabel manipulasi (P2)
2.    Melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi 
3.    Membuat grafik dari hasil percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi  (P2)
4.    Menyajikan hasil  percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi(P2)


C.           Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, Peserta didik mampu:
1.     Menyadari adanya keteraturan dari laju reaksi, sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.    Menunjukkan perilaku dan sikap tenggang rasa, kedisiplinan dan menepati janji.
3.    Menjelaskan konsep laju reaksi
4.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
5.    Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan hasil percobaan
6.    Menganalisis grafik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan hasil percobaan
7.    Menganalisis grafik tentang jenis-jenis orde reaksi.
8.    Menentukan orde reaksi berdasarkan data konsentrasi reaktan dan laju reaksi.
9.    Menentukan orde reaksi berdasarkan data konsentrasi reaktan dan waktu reaksi.
10.     Menentukan waktu dan laju reaksi berdasarkan perubahan suhu.

D.      Materi Pembelajaran
1.      Fakta
a. Lambang laju reaksi
b. Reaksi ada yang berlangsung cepat dan ada yang berlangsung lambat
 2. Konsep
a. Faktor-faktor yang mempengaruhi banyaknya tumbukan partikel pereaksi adalah konsentrasi, luas permukaan, suhu dan katalis
3. Prinsip
a. Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi adalah makin besar konsentrasi zat pereaksi, makin banyak terjadi tumbukan sehingga laju reaksi semakin cepat
b. Pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi adalah semakin luas permukaan bidang sentuh maka makin banyak terjadi tumbukan sehingga laju reaksi semakin cepat.
c. Pengaruh suhu terhadap laju reaksi adalah suhu naik, energi kinetika dari partikel akan bertambah, maka pergerakan partikel akan makin cepat, berarti tumbukan antarpartikel makin cepat, akibatnya reaksi bertambah cepat.
d. Pengaruh Katalis dapat mempercepat laju reaksi dengan menurunkan energi aktivasi


4. Prosedur
a. Percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

E.            Metode Pembelajaran
1.             Model                   : Discovery Learning
2.             Pendekatan          : Saintifik
3.             Metode                 : Eksperimen, diskusi, tanya jawab, ceramah.

F.            Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.             Media.
Bahan tayang (animasi), PPT dan LKS
2.             Alat/Bahan
-          Alat-alat dan bahan percobaan
3.             Sumber Belajar
a.    Hermawan Paris dan Pratomo H. 2009. Aktif Belajar Kimia untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.    Michael Purba. 2006. Kimia Untuk SMA kelas XI. Jakarta : Erlangga.
c.    Yayan Sunarya dan Agus Setiabudi. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia 2, Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/ Madrasah. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (percobaan)
Kegiatan
Waktu
A.    Pendahuluan
a.       Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan absensi.
b.      Peserta didik di ingatkan kembali tentang “dalam suatu reaksi kimia, pereaksi akan bereaksi membentuk produk/ hasil reaksi. Konsentrasi zat pereaksi atau produk reaksi umumnya menggunakan kemolaran (molaritas). Masih ingatkah anda, apa itu molaritas? Apa satuannya?
c.       Peserta didik diperlihatkan gambar contoh reaksi yang berjalan cepat (ledakan bom, kembang api) dan reaksi yang berjalan lambat (fotosintesis, korosi, dll) yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut anda, apakah yang faktor yang menyebabkan itu semua?
d.      Peserta didik menerima informasi topik, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan peserta didik.
e.       Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok (masing-masing kelompok ± 4 orang).
5
B.     Kegitan inti
Mengamati
a.       Peserta didik menyimak pembagian tugas percobaan kelompoknya dan melihat-lihat bahan yang ada dimeja percobaannya
b.      Peserta didik membaca prosedur kerja pengujian faktor-faktor yang mempengaruhi laju yang telah dibagikan pada pertemuan sebelumnya.
c.       Setiap kelompok diminta merancang percobaan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
d.      Peserta didik melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan LKS masing-masing kelompok  yang dibagikan oleh guru
Menanya
a.       Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan percobaan  kelompoknya
b.      Guru menanyakan tentang kesulitan masing-masing kelompok
Mengumpulkan Data
a.       Peserta didik mencatat hasil percobaan
b.      Peserta didik menyajikan data senyawa hasil percobaan kelompoknya
Mengasosiasi
a.       Peserta didik menganalisis pengaruh masing-masing faktor-faktor terhadap laju reaksi
b.      Peserta didik diarahkan untuk menyelidiki pengaruh kosentrasi, luas permukaan, suhu dan katalis terhadap cepat lambatnya suatu reaksi.
Mengomunikasikan
a.       Setiap kelompok diminta menyajikan laporan hasil percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
b.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil percobaan
c.       Guru memberikan penguatan tentang hasil diskusi kelompok percobaandan memberikan tugas membuat grafik dari data hasil percobaan yang dilakukan.
165’
C.    Penutup
a.    Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan
b.    Peserta didik diberikan tugas untuk membuat grafik dari data hasil percobaan yang dilakukan
c.    Guru merefleksi pembelajaran hari ini
10

Pertemuan kedua (Indikator 1-6)
Kegiatan
Waktu
A. Pendahuluan
a.    Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan absensi.
b.    Peserta didik di ingatkan kembali tentang reaksi kimia.
c.    Peserta didik diperlihatkan gambar pelarutan gula di dalam air dingin dan di dalam dalam air panas atau hangat. Apakah akan ada perbedaan cepat lambatnya kelarutan gula tersebut?
d.   Peserta didik menerima informasi topik, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan peserta didik.
5
B.     Kegitan inti
Mengamati
a.    Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai materi laju reaksi yang ditampilkan melalui animasi.
b.    Peserta didik mengamati berbagai literatur untuk mengerjakan LKS yang telah diberikan.
Menanya
a. peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil observasi mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi yang cepat, contoh  petasan, perkaratan (korosi) dan lain-lain.
Pengumpulan data
a.    Peserta didik mendiskusikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Mengasosiasi
a.    Peserta didik menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan hasil percobaan
b.    Peserta didik menganalisis grafik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan hasil percobaan
Mengkomunikasikan
a.    Peserta didik menyimpulkan hasil  percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
b.    Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
c.    Peserta didik dari kelompok lain menanggapi hasil presentasi yang disampaikan
d.   Guru memberikan penguatan tentang hasil diskusi kelompok.
165
C.    Penutup
a.    Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang laju reaksi
b.    Beberapa peserta didik dipilih secara acak untuk menjawab pertanyaan dari guru sebagai bentuk pengukuran daya serap peserta didik.
c.    Guru merefleksi pembelajaran hari ini
10

Pertemuan ketiga indikator 7-10
Kegiatan
Waktu
A.  Pendahuluan
a.    Peserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan absensi.
b.    Sebagai apersepsi peserta didik di ingatkan kembali tentang persamaan laju reaksi.
c.    Sebagai motivasi peserta didik diilustrasikan dengan sebuah gelas yang berisi serbuk Mg, lalu dimasukkan larutan HCl. Kira2 manakah diantara kedua zat tersebut yang bergerak lebih aktif untuk saling bertumbukan sehingga menghasilkan senyawa baru ?
d.   Peserta didik menerima informasi topik, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan peserta didik.
5
B.     Kegitan inti
Mengamati
a.    Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok (masing-masing kelompok ± 4 orang).
b.    Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai persamaan laju, menentukan waktu dan orde suatu reaksi
Menanya
a.    Mengajukan pertanyaan apakah orde reaksi dipengaruhi oleh koefesien suatu reaksi.
Pengumpulan data
a.    Peserta didik mengamati berbagai literatur untuk mengerjakan LKS yang telah diberikan.
b.    Peserta didik mendiskusikan persamaan laju reaksi dan waktu serta orde suatu reaksi.
Mengasosiasi
c.    Peserta didik menganalisis berbagai hasil percobaan untuk menentukan persamaan laju reaksi.
d.   Peserta didik menganalisis grafik tentang hubungan antara konsentrasi dengan laju reaksi pada orde satu, orde dua, orde nol, dan orde 1/2.
Mengkomunikasikan
a.    Peserta didik menyimpulkan hasil  diskusi tentang persamaan laju reaksi yang disertakan cara menghitung suatu laju reaksi dan menentukan orde suatu reaksi.
b.        Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok.
c.    Peserta didik dari kelompok lain menanggapi hasil presentasi yang disampaikan.
d.        Guru memberikan penguatan tentang hasil diskusi kelompok.
160
C.    Penutup
a.       Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang laju reaksi.
b.      Peserta didik menjawab tes yang diberikan guru sebagai bentuk pengukuran daya serap peserta didik.
c.       Guru merefleksi pembelajaran hari ini.
15
H.     Penilaian (Terlampir)
No
Aspek
Jenis/teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.
Sikap
-          Observasi (Ramah dengan teman dan Tanggungjawab)
-     Lembar Observasi
2.
Pengetahuan
-          Tes Tertulis
-          Soal Pilihan Ganda
3.
Keterampilan
-          Penilaian Kinerja
a.                             Praktik
b.                            Presentasi
c.                             Laporan praktik

-          Lembar Observasi



Mengetahui,                                                                   Banda Aceh,      Juli 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Bidang Studi


U  S  M  A  N, S.Pd                                                                   Rita Zahara, S.Si
NIP. 19651231 198903 1 282                                      NIP.19780329 200701 2 018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar