RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/Satu
Materi pokok : Laju Reaksi
Alokasi Waktu : 12 JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, laju reaksi, kesetimbangan
kimia,
larutan dan koloid sebagai wujud
kebesaranTuhan
YME dan pengetahuan tentang
adanya keteraturan tersebut sebagai hasil
pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia berupa minyak
bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai
anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis,
kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan
percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.7 Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde
reaksi berdasarkan data hasil percobaan
Indikator:
1.
Menjelaskan konsep laju reaksi (C2)
2.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (C2)
3.
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan hasil percobaan
(C4)
4.
Menganalisis grafik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
berdasarkan hasil percobaan (C4)
5.
Menyimpulkan hasil percobaan tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi (C3)
6.
Menentukan persamaan laju reaksi. (C3)
7.
Menganalisis grafik tentang jenis-jenis orde reaksi. (C4)
8.
Menentukan orde reaksi berdasarkan data
konsentrasi reaktan dan laju reaksi. (C3)
9.
Menentukan orde reaksi berdasarkan data
konsentrasi reaktan dan waktu reaksi. (C3)
10.
Menentukan waktu dan laju reaksi berdasarkan
perubahan suhu. (C3)
4.7
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
dan orde reaksi.
Indikator:
1.
Merancang percobaan dan menentukan
variable control dan variabel manipulasi (P2)
2.
Melakukan percobaan tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
3.
Membuat grafik dari hasil percobaan
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (P2)
4.
Menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi(P2)
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan
data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, Peserta didik mampu:
1.
Menyadari adanya keteraturan dari laju reaksi, sebagai
wujud
kebesaranTuhan YME dan
pengetahuan
tentang
adanya
keteraturan
tersebut
sebagai
hasil
pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.
Menunjukkan
perilaku dan sikap tenggang rasa, kedisiplinan dan
menepati janji.
3.
Menjelaskan konsep laju reaksi
4.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
5.
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan hasil percobaan
6.
Menganalisis grafik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
berdasarkan hasil percobaan
7.
Menganalisis grafik tentang jenis-jenis orde reaksi.
8.
Menentukan orde reaksi berdasarkan data
konsentrasi reaktan dan laju reaksi.
9.
Menentukan orde reaksi berdasarkan data
konsentrasi reaktan dan waktu reaksi.
10.
Menentukan waktu dan laju reaksi
berdasarkan perubahan suhu.
D. Materi Pembelajaran
1.
Fakta
a.
Lambang laju reaksi
b.
Reaksi ada yang berlangsung cepat dan ada yang
berlangsung lambat
2. Konsep
a. Faktor-faktor
yang mempengaruhi banyaknya tumbukan partikel pereaksi adalah konsentrasi, luas
permukaan, suhu dan katalis
3. Prinsip
a. Pengaruh konsentrasi terhadap laju
reaksi adalah makin besar konsentrasi zat pereaksi, makin banyak terjadi
tumbukan sehingga laju reaksi semakin cepat
b. Pengaruh luas permukaan bidang
sentuh terhadap laju reaksi adalah semakin luas permukaan bidang sentuh maka
makin banyak terjadi tumbukan sehingga laju reaksi semakin cepat.
c.
Pengaruh suhu terhadap laju reaksi adalah suhu naik, energi kinetika dari
partikel akan bertambah, maka pergerakan partikel akan makin cepat, berarti
tumbukan antarpartikel makin cepat, akibatnya reaksi bertambah cepat.
d. Pengaruh Katalis dapat mempercepat
laju reaksi dengan menurunkan energi aktivasi
4.
Prosedur
a. Percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Model : Discovery
Learning
2.
Pendekatan :
Saintifik
3.
Metode :
Eksperimen, diskusi, tanya jawab, ceramah.
F.
Media,
Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media.
Bahan tayang (animasi), PPT dan LKS
2.
Alat/Bahan
-
Alat-alat dan bahan percobaan
3.
Sumber Belajar
a.
Hermawan Paris
dan Pratomo H.
2009. Aktif Belajar Kimia untuk SMA dan
MA Kelas XI.
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.
Michael Purba.
2006. Kimia Untuk SMA kelas XI. Jakarta
: Erlangga.
c.
Yayan Sunarya dan Agus Setiabudi.
2009. Mudah
dan Aktif Belajar Kimia 2,
Untuk Kelas XI
Sekolah Menengah Atas/ Madrasah. Jakarta : Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (percobaan)
Kegiatan
|
Waktu
|
A.
Pendahuluan
a.
Peserta didik merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan absensi.
b.
Peserta didik di ingatkan kembali tentang “dalam suatu
reaksi kimia, pereaksi akan bereaksi membentuk produk/ hasil reaksi.
Konsentrasi zat pereaksi atau produk reaksi umumnya menggunakan kemolaran
(molaritas). Masih ingatkah anda, apa itu molaritas? Apa satuannya?
c.
Peserta didik diperlihatkan gambar contoh reaksi yang
berjalan cepat (ledakan bom, kembang api) dan reaksi yang berjalan lambat
(fotosintesis, korosi, dll) yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut anda, apakah yang faktor yang menyebabkan itu
semua?
d.
Peserta didik menerima informasi topik, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
peserta didik.
e.
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok (masing-masing kelompok ± 4 orang).
|
5
|
B.
Kegitan inti
Mengamati
a.
Peserta didik menyimak pembagian tugas percobaan kelompoknya
dan melihat-lihat bahan yang ada
dimeja percobaannya
b.
Peserta didik membaca prosedur
kerja pengujian faktor-faktor
yang mempengaruhi laju yang telah dibagikan pada pertemuan
sebelumnya.
c.
Setiap kelompok diminta merancang percobaan
untuk menyelidiki faktor-faktor
yang mempengaruhi laju reaksi.
d.
Peserta didik melakukan percobaan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan LKS masing-masing kelompok yang dibagikan oleh guru
Menanya
a.
Peserta didik mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan percobaan kelompoknya
b.
Guru menanyakan tentang kesulitan masing-masing kelompok
Mengumpulkan Data
a.
Peserta didik mencatat hasil
percobaan
b.
Peserta didik menyajikan data
senyawa hasil
percobaan kelompoknya
Mengasosiasi
a.
Peserta didik menganalisis pengaruh masing-masing
faktor-faktor terhadap laju reaksi
b.
Peserta didik diarahkan untuk
menyelidiki pengaruh kosentrasi, luas permukaan, suhu dan katalis terhadap
cepat lambatnya suatu reaksi.
Mengomunikasikan
a.
Setiap kelompok diminta menyajikan laporan
hasil percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
b.
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil percobaan
c.
Guru memberikan penguatan tentang
hasil diskusi
kelompok percobaandan
memberikan tugas membuat grafik dari data hasil percobaan yang dilakukan.
|
165’
|
C.
Penutup
a.
Peserta didik bersama dengan guru
menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan
b.
Peserta didik diberikan tugas
untuk membuat grafik
dari data hasil percobaan yang dilakukan
c.
Guru merefleksi pembelajaran hari
ini
|
10
|
Pertemuan
kedua (Indikator 1-6)
Kegiatan
|
Waktu
|
A. Pendahuluan
a.
Peserta didik merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan absensi.
b.
Peserta didik di ingatkan kembali
tentang reaksi kimia.
c.
Peserta didik diperlihatkan gambar pelarutan gula di dalam air
dingin dan di dalam dalam air panas atau hangat. Apakah akan ada perbedaan
cepat lambatnya kelarutan gula tersebut?
d.
Peserta didik menerima informasi topik, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan peserta didik.
|
5
|
B.
Kegitan inti
Mengamati
a. Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru
mengenai materi laju reaksi yang ditampilkan melalui animasi.
b. Peserta
didik mengamati
berbagai literatur untuk mengerjakan LKS yang telah diberikan.
Menanya
a.
peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil observasi mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi yang cepat, contoh petasan, perkaratan (korosi) dan lain-lain.
Pengumpulan data
a.
Peserta didik
mendiskusikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Mengasosiasi
a.
Peserta didik menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
berdasarkan hasil percobaan
b.
Peserta didik menganalisis grafik
tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi berdasarkan hasil percobaan
Mengkomunikasikan
a.
Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan
tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
b.
Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok
c.
Peserta didik dari kelompok lain
menanggapi hasil presentasi yang disampaikan
d.
Guru memberikan penguatan tentang
hasil diskusi kelompok.
|
165
|
C.
Penutup
a.
Peserta didik bersama dengan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran tentang laju reaksi
b.
Beberapa peserta didik dipilih
secara acak untuk menjawab pertanyaan dari guru sebagai bentuk pengukuran
daya serap peserta didik.
c.
Guru merefleksi pembelajaran hari
ini
|
10
|
Pertemuan ketiga indikator 7-10
Kegiatan
|
Waktu
|
A. Pendahuluan
a.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi dan absensi.
b.
Sebagai apersepsi peserta didik
di ingatkan kembali tentang persamaan laju reaksi.
c.
Sebagai motivasi peserta didik diilustrasikan dengan sebuah gelas yang
berisi serbuk Mg, lalu dimasukkan larutan HCl. Kira2 manakah diantara kedua
zat tersebut yang bergerak lebih aktif untuk saling bertumbukan sehingga
menghasilkan senyawa baru ?
d.
Peserta didik menerima informasi topik, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan peserta didik.
|
5
|
B.
Kegitan inti
Mengamati
a. Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok (masing-masing
kelompok ±
4 orang).
b. Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru
mengenai persamaan laju, menentukan waktu dan orde suatu
reaksi
Menanya
a.
Mengajukan pertanyaan apakah orde
reaksi dipengaruhi oleh koefesien suatu reaksi.
Pengumpulan data
a.
Peserta didik mengamati berbagai literatur
untuk mengerjakan LKS yang telah diberikan.
b.
Peserta didik
mendiskusikan persamaan laju reaksi dan waktu serta orde suatu reaksi.
Mengasosiasi
c.
Peserta didik menganalisis
berbagai hasil percobaan untuk menentukan persamaan laju reaksi.
d.
Peserta didik menganalisis grafik
tentang hubungan antara konsentrasi dengan laju reaksi pada orde satu, orde
dua, orde nol, dan orde 1/2.
Mengkomunikasikan
a.
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang
persamaan laju reaksi yang disertakan cara menghitung suatu laju reaksi dan
menentukan orde suatu reaksi.
b.
Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok.
c.
Peserta didik dari kelompok lain
menanggapi hasil presentasi yang disampaikan.
d.
Guru memberikan penguatan tentang
hasil diskusi kelompok.
|
160
|
C.
Penutup
a.
Peserta didik bersama dengan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran tentang laju reaksi.
b.
Peserta didik menjawab tes yang
diberikan guru sebagai bentuk pengukuran daya serap peserta didik.
c.
Guru merefleksi pembelajaran hari
ini.
|
15
|
H. Penilaian
(Terlampir)
No
|
Aspek
|
Jenis/teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi (Ramah dengan teman dan Tanggungjawab)
|
-
Lembar Observasi
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Tes Tertulis
|
-
Soal Pilihan Ganda
|
3.
|
Keterampilan
|
-
Penilaian Kinerja
a.
Praktik
b.
Presentasi
c.
Laporan praktik
|
-
Lembar Observasi
|
Mengetahui, Banda Aceh, Juli 2014
Kepala
Sekolah
Guru Bidang Studi
U S
M A N, S.Pd Rita Zahara, S.Si
NIP.
19651231 198903 1 282 NIP.19780329 200701 2 018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar