RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/Satu
Materi pokok : Teori
Tumbukan
Alokasi Waktu : 4 JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari adanya keteraturan dari sifat, laju reaksi,
sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil
pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia berupa minyak
bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai
anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan
fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.6 Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan
reaksi kimia.
Indikator:
1) Menjelaskan
terjadinya reaksi kimia berdasarkan teori tumbukan dan hubungannya dengan
energi aktivasi (C2)
2) Mengemukakan pengaruh konsentrasi,
luas permukaan bidang sentuh, suhu dan katalis terhadap laju reaksi berdasarkan
teori tumbukan (C2)
3) Menjelaskan energi pengaktifan dengan
menggunakan diagram (C2)
4) Membedakan diagram energi
potensial antara reaksi kimia yang menggunakan katalisator dan tidak
menggunakan katalisator (C2)
4.6 Menyajikan hasil pemahaman terhadap teori tumbukan
(tabrakan) untuk menjelaskan
reaksi kimia.
Indikator:
1) Mempresentasikan hasil pemahaman terhadap
teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia
(P2)
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan
data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, Peserta didik mampu:
1.
Menyadari adanya keteraturan dari laju reaksi, sebagai
wujud
kebesaranTuhan YME yang di wujudkan dengan semangat belajar.
2.
Menunjukkan
perilaku dan sikap Ramah
dengan teman dan Tanggungjawab.
3.
Menjelaskan
terjadinya reaksi kimia berdasarkan teori tumbukan dan hubungannya dengan
energi aktivasi
4.
Mengemukakan pengaruh konsentrasi, luas
permukaan bidang sentuh, suhu dan katalis terhadap laju reaksi berdasarkan
teori tumbukan
5.
Menjelaskan energi pengaktifan dengan
menggunakan diagram
6.
Membedakan diagram energi potensial
antara reaksi kimia yang menggunakan katalisator dan tidak menggunakan
katalisator
D. Materi Pembelajaran
1.
Fakta
a.
Reaksi kimia ada yang berlangsung cepat dan ada yang berlangsung lambat
b. MnO2, FeCl3 adalah
contoh katalis
2. Konsep
a. Tumbukan efektif adalah tumbukan
yang menghasilkan reaksi.
b.
Energi
aktivasi (Ea) adalah energi minimum yang diperlukan untuk mencapai kompleks
teraktivasi
3.
Prinsip
a. Syarat terjadinya tumbukan efektif
adalah posisi partikelnya tepat dan memiliki energi yang cukup untuk mencapai
energi aktivasi (Ea)
4.
Prosedur
Sistematika pembelajaran
a. Teori tumbukan
b. hubungan antara
luas permukaan, konsentrasi, suhu dan katalis terhadap teori tumbukan
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Model : Discovery
Learning
2.
Pendekatan :
Saintifik
3.
Metode :
diskusi, tanya jawab, ceramah.
F.
Media,
Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media.
Bahan tayang (animasi), PPT dan LKPD
2.
Alat/Bahan
-
Alat-alat
tulis
3.
Sumber Belajar
a.
Ari, H, dan
Ruminten. 2009. Kimia 1 untuk SMA/MA
Kelas XI.
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.
Hermawan,
Paris,S., dan Pratomo, H. 2009. Aktif Belajar Kimia untuk SMA dan MA
Kelas XI.
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.
Michael Purba,.
2006. Kimia Untuk SMA kelas XI. Jakarta
: Erlangga.
d.
Sunarya, Yayan. Dan
Setiabudi, Agus. 2009. Mudah
dan Aktif Belajar Kimia 1, Untuk Kelas XI
Sekolah Menengah Atas/ Madrasah. Jakarta : Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
e.
Internet
f.
Hand Out
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
A.
Pendahuluan
1. Peserta didik duduk dalam kelompok yang telah disepakati pada pertemuan
sebelumnya
2. Peserta didik merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan absensi.
3. Peserta didik di ingatkan kembali tentang
syarat-syarat terjadinya reaksi kimia
4. ”Apa yang terjadi jika kita berada dalam sebuah ruangan tiba-tiba terjadi gempa“?.
5. Peserta didik
menerima informasi topik, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan Peserta didik.
|
15’
|
B.
Kegitan inti
Mengamati
1. Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai materi
teori tumbukan yang ditampilkan melalui animasi
2. Peserta didik mencari dari berbagai literatur mengenai teori
tumbukan
Menanya
1. Guru menanyakan kepada
Peserta didik tentang hubungan
teori tumbukan dengan laju reaksi
2. Peserta didik mengajukan pertanyaan
berkaitan dengan teori
tumbukan efektif dan tidak efektif
Pengumpulan data
1. Peserta didik mengerjakan LKPD 1 (berisi soal-soal) dalam
kelompok untuk menambah penguasaan materi setiap
anggota kelompok
Mengasosiasi
1. Peserta didik menghubungkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi terhadap teori tumbukan
Mengkomunikasikan
1. Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok
2. Peserta didik menanggapi hasil
kerja kelompok lain
3. Guru memberikan penguatan tentang
hasil diskusi kelompok.
|
155’
|
C.
Penutup
1. Peserta didik bersama
dengan guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang teori tumbukan
2. Guru melakukan refleksi
2. Guru memberikan tugas berupa soal-soal latihan
|
10
|
|
|
H. Penilaian
(Terlampir)
No
|
Aspek
|
Jenis/teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi (Ramah dengan teman dan Tanggungjawab)
|
-
Lembar
Observasi
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Tes Tertulis
|
-
Soal Essay
|
3.
|
Keterampilan
|
-
Penilaian
Kinerja
a.
Kinerja Presentasi
|
-
Lembar
Observasi
|
Mengetahui, Banda
Aceh, Juli 2014
Kepala
Sekolah
Guru
Bidang Studi
U S
M A N, S.Pd Rita Zahara, S.Si
NIP.
19651231 198903 1 282 NIP.19780329 200701 2 018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar