Minggu, 06 Desember 2015

Rpp kimia Menentukan Perubahan Entalpi (ΔH) Reaksi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       :    SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran       :    Kimia
Kelas/Semester      :    XI/Satu           
Materi pokok         :    Menentukan Perubahan Entalpi (ΔH) Reaksi
Alokasi Waktu      :    10 JP

A.           Kompetensi Inti
KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :                Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  :   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1                     Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2          Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1                    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari. 
2.2                    Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3          Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.5          Menentukan DH reaksi berdasarkan hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.

Indikator:
1.      Mengemukakan perubahan entalpi molar pembentukan (ΔHof)(C3)
2.      Mengemukakan perubahan entalpi molar penguraian,(ΔHod)(C3)
3.      Mengemukakan perubahan entalpi molar pembakaran (ΔHoc)(C3)
4.      Menghitung harga ΔH berdasarkan data percobaan reaksi penetralan menggunakan kalorimeter sederhana (C3)
5.      Mengemukakan bunyi hukum Hess (C3).
6.      Menghitung harga ΔH berdasarkan diagram siklus dan diagram tingkat energi (C3)
7.      Menghitung harga ΔH berdasarkan perubahan entalpi pembentukan standar (C3)
8.      Mengemukan teori energi ikatan(C3)
9.      Menghitung harga ΔH berdasarkan data energi ikatan (C3)
10.  Menghitung kalor pembakaran bahan bakar (C3)

4.5          Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan penentuan DH suatu reaksi.

Indikator:
1.        Merancang percobaan untuk mengetahui ΔH reaksi dengan kalorimeter sederhana
2.        Melakukan percobaan untuk mengetahui ΔH reaksi dengan kalorimeter sederhana
3.        Mempresentasikan hasil percobaan untuk mengetahui ΔH reaksi dengan kalorimeter sederhana

C.    Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat:

1.         Mensyukuri nikmat tuhan yang maha esa karena adanya energi yang sangat bermanfaat di dalam kehidupan melalui sikap ketekunan.
2.         Menumbuhkan sifat tanggung jawab dan kedisiplinan.
3.         Mengemukakan perubahan entalpi molar pembentukan (ΔHof).
4.         Mengemukakan perubahan entalpi molar penguraian,( ΔHod).
5.         Mengemukakan perubahan entalpi molar pembakaran (ΔHoc).
6.         Menghitung harga ΔH berdasarkan data percobaan reaksi penetralan menggunakan kalorimeter sederhana
7.         Mengemukakan bunyi hukum hess.
8.         Menghitung harga ΔH berdasarkan diagram siklus dan diagram tingkat energi.
9.         Menghitung harga ΔH berdasarkan perubahan entalpi pembentukan standar.
10.     Mengemukan teori energi ikatan.
11.     Menghitung harga ΔH berdasarkan data energi ikatan.
12.     Menghitung salah satu energi ikatan berdasarkan harga ΔH reaksi.
13.     Menghitung kalor pembakaran bahan bakar.
D.   Materi Pembelajaran
1.      Fakta   : panas
2.      Konsep: a. hukum Hess
b.Data perubahan entalpi pembentukan standar,
c. data energi ikatan.
3.      Prinsip :  a. perubahan entalpi dalam reaksi
   b. penentuan  ΔH energi ikatan
4.      Prosedur : langkah kerja percobaan perubahan entalpi dengan kalorimeter sederhana

E.   Metode Pembelajaran
1.         Model              : Discovery Learning dan NHT
2.         Pendekatan      : Saintifik
3.         Metode            : Diskusi, eksperimen, tanya jawab dan  ceramah

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.             Media.
LKS, Hand Out, Power point

2.             Sumber Belajar
a.    Ari Harnanto dan Ruminten. 2009. Kimia 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : pusat perbukuan departemen pendidikan nasional.

b.   Raymond Chang dan Jason Overby. 2011. General chemistry. sixth edition. New York : Mc Graw Hill.

c.    J.M.C. Johari dan M. Rachmawati. 2009. Kimia 2 Untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga.

d.     Michael Purba. 2006. Kimia Untuk SMA kelas XI. Jakarta : Erlangga

e.    Budi Utami, Agung Nugroho CS, Lina Mahardiani, Sri Yamtinah, dan Bakti Mulyani. 2009. Kimia 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: pusat perbukuan departemen pendidikan nasional.


G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (Indikator 1 – 4) 4 JP
Kegiatan
Waktu
A. Pendahuluan
10 Menit
1.
2
Guru mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
Peserta didik duduk didalam kelompok yang telah disepakati
3.
Guru menanyakan kembali reaksi eksoterm dan endoterm
4.
Guru mengajukan pertanyaan ”ketika listrik padam kita menyalakan lampu minyak, pernahkah kalian pikirkan berapa kalor yang dihasilkan lampu tersebut?”
5.
Peserta didik mendengar materi pokok, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B. Kegiatan Inti
195 menit
Mengamati
1.

Peserta didik mengkaji literatur tentang perubahan entalpi standar dan penentuan perubahan entalpi reaksi
2.

3.
Peserta didik merancang percobaan penentuan perubahan entalpi dengan kalorimeter sederhana.
Peserta didik melakukan percobaan penentuan perubahan entalpi dengan kalorimeter sederhana
Menanya
4.
5.
Guru menanyakan bagaimana menentukan perubahan entalpi reaksi.
Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami.
Mengumpulkan data/ eksperimen
7.
Peserta didik mencatat hasil percobaan.
 Mengasosiasi
10.
11.

12.
Peserta didik mendiskusikan macam-macam perubahan entalpi.
Peserta didik menganalisis data untuk membuat diagram siklus dan diagram tingkat energi.
Peserta didik mengolah data percobaan untuk menentukan harga perubahan entalpi.
Mengkomunikasikan
12.
Peserta didik membuat laporan hasil percobaan
13.
Peserta didik mempresentasikan hasil percobaan.
C. Kegiatan Penutup
20 menit
1.

2.
Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
Guru memberikan evaluasi berupa soal essay
3.
Guru memberikan refleksi
4.
Peserta didik mendengarkan arahan guru tentang pembelajaran selanjutnya.

Pertemuan II (Indikator 5-10) 4 JP
Kegiatan
Waktu
A. Pendahuluan
10 menit
1.
2.
3.

4.


5

Peserta didik duduk di dalam kelompok yang telah disepakati
Guru mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
Guru menanyakan kembali bagaimana proses penentuan perubahan entalpi berdasarkan percobaan.
Guru memberikan informasi penentuan kalor reaksi melalui percobaan bukanlah hal mudah, misalnya anda diminta menentukan jumlah kalor pada pembakaran secarik kertas, bagaimana anda melakukannya?
Peserta didik mendengar materi pokok, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

B. Kegiatan Inti
195 menit
Mengamati
1.

Peserta didik mengkaji literatur tentang Hukum Hess, perubahan entalpi pembentukan standar, energi ikatan, dan kalor pembakaran bahan bakar
Menanya
2.

3.
Bagaimana menentukan perubahan entalpi reaksi berdasarkan hukum Hess, perubahan entalpi pembentukan standar dan energi ikatan ?
Mengapa pemerintah mengkonversi minyak tanah menjadi elpiji?
Mengumpulkan data/ eksperimen
4.
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok  untuk membahas LKS.
 Mengasosiasi
5.

6.

7.

8.

9.
Peserta didik menganalisis data untuk membuat membuat diagram siklus dan diagram tingkat energi
Peserta didik membandingkan perubahan entalpi pembakaran sempurna dengan pembakaran tidak sempurna melalui perhitungan.
Peserta didik menghubungkan perubahan entalpi reaksi dengan energi ikatan
Peserta didik menghitung perubahan entalpi berdasarkan hukum Hess dan energi ikatan
Peserta didik menghitung kalor pembakaran bahan bakar.
Mengkomunikasikan
10.

Guru memanggil salah satu nomor peserta didik, nomor yang dipanggil mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan peserta didik lain menanggapi.
C. Kegiatan Penutup
10 menit
1.
2.
3.
4.
Peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
Guru memberikan refleksi
Guru membeikan tugas rumah berupa soal essay
Guru menginformasikan UH untuk pertemuan selanjutnya.


H. Penilaian

No
Aspek
Jenis/teknik penilaian
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Observasi
Lembar observasi
2
Pengetahuan
Tes tertulis
Soal esay
Soal objektif
3
Keterampilan
Penilaian kinerja
a. percobaan
b. portofolio

kinerja presentasi

Lembar penilaian rancangan percobaan
Lembar penilaian portofolio

Lembar penilaian presentasi




Mengetahui,                                                                             Banda Aceh,      Juli 2014
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Bidang Studi


U  S  M  A  N, S.Pd                                                                               Rita Zahara, S.Si
NIP. 19651231 198903 1 282                                                 NIP.19780329 200701 2 018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar