RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
XI/Satu
Materi pokok :
Menentukan Perubahan Entalpi (ΔH)
Reaksi
Alokasi Waktu :
10 JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari adanya
keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan
kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia berupa minyak
bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai
anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan
membuat keputusan.
3.5 Menentukan DH reaksi
berdasarkan hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data
energi ikatan.
Indikator:
1.
Mengemukakan perubahan
entalpi molar pembentukan (ΔHof)(C3)
2.
Mengemukakan perubahan
entalpi molar penguraian,(ΔHod)(C3)
3.
Mengemukakan perubahan
entalpi molar pembakaran (ΔHoc)(C3)
4.
Menghitung harga ΔH
berdasarkan data percobaan reaksi penetralan menggunakan kalorimeter sederhana
(C3)
5.
Mengemukakan bunyi
hukum Hess (C3).
6.
Menghitung harga ΔH
berdasarkan diagram siklus dan diagram tingkat energi (C3)
7.
Menghitung harga ΔH
berdasarkan perubahan entalpi pembentukan standar (C3)
8.
Mengemukan teori energi
ikatan(C3)
9.
Menghitung harga ΔH
berdasarkan data energi ikatan (C3)
10. Menghitung
kalor pembakaran bahan bakar (C3)
4.5 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan
serta menyajikan hasil percobaan penentuan DH suatu reaksi.
Indikator:
1.
Merancang percobaan
untuk mengetahui ΔH reaksi dengan kalorimeter sederhana
2.
Melakukan percobaan
untuk mengetahui ΔH reaksi dengan kalorimeter sederhana
3.
Mempresentasikan hasil percobaan
untuk mengetahui ΔH reaksi dengan kalorimeter sederhana
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan
data, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat:
1.
Mensyukuri nikmat tuhan yang maha esa
karena adanya energi yang sangat bermanfaat di dalam kehidupan melalui sikap ketekunan.
2.
Menumbuhkan sifat tanggung jawab dan
kedisiplinan.
3.
Mengemukakan perubahan entalpi molar pembentukan
(ΔHof).
4.
Mengemukakan perubahan entalpi molar
penguraian,( ΔHod).
5.
Mengemukakan perubahan entalpi molar
pembakaran (ΔHoc).
6.
Menghitung harga ΔH berdasarkan data
percobaan reaksi penetralan menggunakan kalorimeter sederhana
7.
Mengemukakan bunyi
hukum hess.
8.
Menghitung harga ΔH
berdasarkan diagram siklus dan diagram tingkat energi.
9.
Menghitung harga ΔH
berdasarkan perubahan entalpi pembentukan standar.
10.
Mengemukan teori energi
ikatan.
11.
Menghitung harga ΔH
berdasarkan data energi ikatan.
12.
Menghitung salah satu
energi ikatan berdasarkan harga ΔH reaksi.
13.
Menghitung kalor
pembakaran bahan bakar.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Fakta : panas
2.
Konsep: a. hukum Hess
b.Data perubahan entalpi pembentukan
standar,
c.
data
energi ikatan.
3. Prinsip : a. perubahan entalpi dalam reaksi
b. penentuan
ΔH energi ikatan
4.
Prosedur :
langkah kerja percobaan perubahan entalpi dengan kalorimeter sederhana
E. Metode Pembelajaran
1.
Model :
Discovery Learning dan NHT
2.
Pendekatan : Saintifik
3.
Metode :
Diskusi, eksperimen, tanya jawab dan ceramah
F.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media.
LKS, Hand Out,
Power point
2.
Sumber Belajar
a.
Ari Harnanto dan Ruminten. 2009. Kimia
1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : pusat perbukuan departemen pendidikan
nasional.
b.
Raymond Chang dan Jason Overby. 2011. General chemistry. sixth edition. New York : Mc Graw Hill.
c.
J.M.C. Johari dan M. Rachmawati. 2009. Kimia 2 Untuk SMA Kelas XI. Jakarta :
Erlangga.
d.
Michael
Purba. 2006. Kimia Untuk SMA kelas XI. Jakarta
: Erlangga
e.
Budi
Utami, Agung Nugroho CS, Lina Mahardiani, Sri Yamtinah,
dan Bakti Mulyani. 2009. Kimia 2 :
Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: pusat perbukuan departemen pendidikan nasional.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (Indikator 1 – 4) 4 JP
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A. Pendahuluan
|
10 Menit
|
|
1.
2
|
Guru
mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
Peserta didik
duduk didalam kelompok yang telah disepakati
|
|
3.
|
Guru
menanyakan kembali reaksi eksoterm dan endoterm
|
|
4.
|
Guru
mengajukan pertanyaan ”ketika listrik
padam kita menyalakan lampu minyak, pernahkah kalian pikirkan berapa kalor
yang dihasilkan lampu tersebut?”
|
|
5.
|
Peserta didik mendengar
materi pokok, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
|
B. Kegiatan Inti
|
195 menit
|
|
Mengamati
|
||
1.
|
Peserta
didik mengkaji literatur tentang perubahan entalpi standar dan penentuan perubahan entalpi
reaksi
|
|
2.
3.
|
Peserta didik merancang
percobaan penentuan perubahan entalpi dengan kalorimeter sederhana.
Peserta
didik melakukan percobaan penentuan perubahan entalpi dengan kalorimeter
sederhana
|
|
Menanya
|
||
4.
5.
|
Guru
menanyakan bagaimana menentukan perubahan entalpi reaksi.
Peserta
didik menanyakan materi yang belum dipahami.
|
|
Mengumpulkan data/
eksperimen
|
||
7.
|
Peserta didik mencatat
hasil percobaan.
|
|
Mengasosiasi
|
||
10.
11.
12.
|
Peserta didik mendiskusikan
macam-macam perubahan entalpi.
Peserta didik menganalisis data untuk
membuat diagram siklus dan diagram tingkat energi.
Peserta didik mengolah data percobaan
untuk menentukan harga perubahan entalpi.
|
|
Mengkomunikasikan
|
||
12.
|
Peserta
didik membuat laporan hasil percobaan
|
|
13.
|
Peserta didik
mempresentasikan
hasil percobaan.
|
|
C. Kegiatan Penutup
|
20 menit
|
|
1.
2.
|
Peserta
didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
Guru memberikan
evaluasi berupa soal essay
|
|
3.
|
Guru
memberikan refleksi
|
|
4.
|
Peserta
didik mendengarkan arahan guru tentang pembelajaran selanjutnya.
|
Pertemuan II (Indikator 5-10) 4 JP
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A. Pendahuluan
|
10 menit
|
|
1.
2.
3.
4.
5
|
Peserta didik
duduk di dalam kelompok yang telah disepakati
Guru
mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
Guru menanyakan kembali
bagaimana proses penentuan perubahan entalpi berdasarkan percobaan.
Guru
memberikan informasi penentuan kalor reaksi melalui percobaan bukanlah hal
mudah, misalnya anda diminta menentukan jumlah kalor pada pembakaran secarik
kertas, bagaimana anda melakukannya?
Peserta didik mendengar
materi pokok, tujuan dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
|
B. Kegiatan Inti
|
195 menit
|
|
Mengamati
|
||
1.
|
Peserta didik mengkaji literatur
tentang Hukum Hess, perubahan entalpi
pembentukan standar, energi ikatan, dan kalor pembakaran bahan bakar
|
|
Menanya
|
||
2.
3.
|
Bagaimana menentukan perubahan entalpi
reaksi berdasarkan hukum Hess, perubahan
entalpi pembentukan standar dan energi ikatan ?
Mengapa pemerintah mengkonversi minyak
tanah menjadi elpiji?
|
|
Mengumpulkan data/
eksperimen
|
||
4.
|
Peserta didik berdiskusi
dalam kelompok untuk membahas LKS.
|
|
Mengasosiasi
|
||
5.
6.
7.
8.
9.
|
Peserta didik menganalisis data untuk
membuat membuat diagram siklus dan diagram tingkat energi
Peserta didik membandingkan perubahan
entalpi pembakaran sempurna dengan pembakaran tidak sempurna melalui
perhitungan.
Peserta didik menghubungkan perubahan
entalpi reaksi dengan energi ikatan
Peserta didik menghitung perubahan
entalpi berdasarkan hukum Hess dan energi ikatan
Peserta
didik menghitung kalor pembakaran bahan bakar.
|
|
Mengkomunikasikan
|
||
10.
|
Guru memanggil salah satu nomor peserta
didik, nomor yang dipanggil mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan
peserta didik lain menanggapi.
|
|
C. Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
|
1.
2.
3.
4.
|
Peserta didik
membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
Guru
memberikan refleksi
Guru membeikan
tugas rumah berupa soal essay
Guru
menginformasikan UH untuk pertemuan selanjutnya.
|
H. Penilaian
No
|
Aspek
|
Jenis/teknik penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Soal
esay
Soal
objektif
|
3
|
Keterampilan
|
Penilaian
kinerja
a.
percobaan
b.
portofolio
kinerja
presentasi
|
Lembar
penilaian rancangan percobaan
Lembar penilaian portofolio
Lembar penilaian presentasi
|
Mengetahui, Banda
Aceh, Juli 2014
Kepala Sekolah
Guru
Bidang Studi
U S
M A N, S.Pd Rita Zahara, S.Si
NIP. 19651231
198903 1 282 NIP.19780329 200701 2 018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar